6 Tips Sukses Jadi Karyawan Baru Di Masa Pandemi

Banyak perusahaan yang melakukan Pemutusah Hak Kerja (PHK) di tengah pandemi ini. Tidak sedikit karyawan yang merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Bahkan sebagian dari mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri karena sulitnya mencari pekerjaan.

Sebagian orang mungkin ada yang beruntung bisa mendapatkan pekerjaan baru di tengah pandemi. Sehingga kesempatan ini haruslah dipertahankan sebisa mungkin. Profesionalisme kerja haruslah diutamakan saat menjadi karyawan baru di masa pandemi.

Karena, kita harus ingat bahwa di luar sana banyak orang yang kelimpungan mencari pekerjaan. Anda harus mampu menjadi karyawan baru yang sukses. Maka dari itu, kali ini kami akan bagikan 6 kita sukses jadi karyawan baru di masa pandemi.

1. Mencari Pekerjaan yang Sesuai

Haruslah bersyukur jika menemukan pekerjaan baru di saat pandemi ini. Karena sebagian orang masih kesulitan mencari pekerjaan, baik dia seorang fresh graduates ataupun yang baru mendapatkan PHK dari perusahaannya.

Mencari Pekerjaan yang Sesuai

Jika resolusi 2021 ini adalah menjadi karyawan baru, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi karyawan baru yang sukses di masa pandemi ini. Pertama, tentu saja harus mencari pekerjaan baru sampai diterima kembali di perusahaan.

Jika memang belum ada perusahaan yang menerima pekerja baru, Anda bisa mencoba berbagai pekerjaan freelance untuk melatih tanggung jawab, disiplin, profesionalisme, kedewasaan dan skill kerja lainnya.

Sambil menunggu panggilan kerja, asahlah skill yang dimiliki. Terutama skill yang dibutuhkan pada posisi yang dilamar. Melatih skill bisa dilakukan dengan mengikuti webinar atau kursus untuk meningkatkan level kemampuan.

Melatih kemampuan juga bisa dilakukan melalui berbagai sumber seperti internet, dan mulai berlatih dengan proyek pribadi. Cara ini bisa membangun portofolio, sehingga nantinya minat, bakat dan keterampilan unik yang dimiliki bisa ditunjukan kepada calon atasan.

Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan baru, tetapi jika memiliki jaringan seperti hubungan pribadi dan profesional bisa membantu menemukan pekerjaan baru. Beritahu mereka bahwa Anda sedang membutuhkan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang dicari.

Cobalah ingat-ingat kembali kenalan Anda yang pernah ditemui di tempat seminar, workshop, teman sehobi, atau forum online di sosial media. Keberadaan mereka bisa menjadi penolong bagi Anda untuk bisa menemukan pekerjaan baru.

Dan pastikan Anda tidak pernah menyerah untuk terus mencoba mencari pekerjaan. Karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.

2. Disiplin dan Mentaati Aturan Perusahaan

Jika ternyata sudah mendapatkan pekerjaan dan diterima menjadi karyawan baru disebuah perusahaan, maka sebagai karyawan baru di masa pandemi haruslah disiplin dan mentaati aturan perusahaan dengan sebaik mungkin.

Tips Tetap Produktif Meski Bekerja Jarak Jauh

Karena baru pertama kali kerja di perusahaan tersebut, sebaiknya tidak usah neko-neko. Agar tidak kena masalah di perusahaan yang baru dimasuki, menjadi orang yang lurus-lurus saja justru menjadi kiat sukses jadi karyawan baru di tengah pandemi.

Tunjukanlah kepada atasan dan rekan kerja lain kedisiplinan, tanggung jawab dan yang terpenting adalah menaati aturan perusahaan dengan baik.

Misalnya dengan datang ke kantor tepat waktu, mengerjakan pekerjaan yang diperintah atasan dengan sebaik mungkin, menggunakan waktu istirahat dengan benar, dan lain sebagainya. Dengan begitu, atasan akan mempertimbangkan karir Anda ke depannya.

Poin plus dari bekerja di perusahaan, atau dimanapun adalah kedisiplinan. Jika bisa menunjukan kedisiplinan, tidak mustahil jika nanti setelah beberapa bulan bisa langsung dipromosikan untuk naik jabatan. Meskipun Anda masih berstatus sebagai karyawan baru.

3. Memiliki Keinginan untuk Terus Belajar

Kiat sukses jadi karyawan baru di masa pandemi selanjutnya adalah punya keinginan untuk terus berlajar. Orang yang selalu ingin belajar akan selalu dipertimbangkan oleh perusahaan. Karena perusahaan biasanya cenderung menerima karyawan yang memiliki keinginan kuat untuk belajar.

Memiliki Keinginan untuk Terus Belajar

Belajar hal-hal baru adalah hal yang wajib bagi karyawan baru. Karyawan baru yang sukses adalah ia yang mau untuk belajar hal-hal baru. Ia berani untuk menerima tantangan baru. Bukan orang yang mudah puas dengan pencapaian tertentu.

Perusahaan yang memiliki karyawan yang terus ingin belajar hal baru, akan membuat perusahaan bergerak dinamis dan tidak monoton. Sehingga perusahaan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Seperti misalnya teknologi, gaya hidup, perubahan pola konsumsi dan yang lainnya. Hal-hal tersebut membutuhkan ilmu baru yang bisa digali dari karyawan yang mau belajar. Karyawan baru yang mau belajar akan mudah berkembang dan akan mampu berinovasi dengan baik.

Jangan malu untuk bertanya hal-hal yang membuat Anda penasaran. Banyak riset di luar perusahaan juga bisa membantu Anda mendapatkan hal baru yang sebelumnya tidak terfikirkan. Menjadi karyawan baru tentunya harus mampu menantang diri untuk terus maju.

Orang-orang yang mau belajar akan memiliki fikiran yang positif dan bisa menghadapi masa depan dengan percaya diri. Sehingga kesuksesan baginya adalah sebuah kepastian.

4. Kreatif dan Mampu Berinovasi

Perusahaan yang mampu bertahan di tengah pandemi adalah perusahaan yang mampu berinovasi dan kratif. Seperti misalnya, sejumlah restoran yang masih buka hingga sekarang adalah restoran yang menyediakan layanan pesan online.

Kreatif dan Mampu Berinovasi

Begitu juga dengan bisnis fashion, cafe, dan lain sebagainya.Sehingga jika karyawannya inovatif dan kreatif, sebuah perusahaan atau usaha tidak akan mudah goyah oleh keadaan. Karena ia mampu berdiri dalam keadaan apapun.

Di masa pandemi ini kreativitas dan kemampuan berinovasi semakin penting. Orang yang mampu menciptakan hal-hal baru agar bisnis bisa terus berjalan dalam berbagai perubahan sangat dibutuhkan.

Baca juga : 7 Tips Tetap Produktif Setelah Terkena PHK

Sehingga, perusahaan atau bisnis bisa meraup banyak keuntungan. Untuk itu, penting bagi karyawan baru untuk tetap mengeluarkan ide dan gagasan yang sifatnya kreatif dan inovatif.

Mencari inspirasi untuk kreatifitas baru di kantor bisa didapatkan dari luar kantor. Anda bisa jalan-jalan ke luar kantong pada jam istirahat dan merefresh otak untuk menemukan ide-ide baru.

Mencari jalan yang berbeda saat berangkat ke kantor juga bisa menjadi pemicu datangnya ide baru. Atau jika Anda bekerja dalam bidang makanan, bisa juga dengan banyak menonton vlog tentang traveling yang menyajikan review-review makanan lezat dari seluruh dunia.

Hal-hal seperti itu bisa menjadi pemicu ide baru muncul di perusahaan. Meskipun Anda karyawan baru di perusahaan, pastikan untuk bisa terus mengeluarkan ide-ide baru yang briliant , sehingga pimpinan kagum dan bangga sudah merekrut Anda menjadi karyawannya.

5. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi sangat penting bagi karyawan baru di masa pandemi. Hal ini merupakan soft skill yang harus dikuasai oleh seorang karyawan agar bisa bertahan dalam pekerjaan.

Kemampuan Beradaptasi

Menjadi orang baru di kantor, memang membuat rentan akan antusias yang berlebihan. Meskipun memang wajar untuk ingin dikenal orang di sekeliling, tetapi pastikan jangan terlalu berlebihan. Sebaiknya tidak terlalu banyak bicara hal yang tidak perlu.

Ketika menjadi karyawan baru, terlalu proaktif justru akan membuat sulit berbaur. Selama bulan pertama, lebih baik jadi pengamat daripada menunjukan antusiasme. Kerjakanlah pekerjaan sebaik mungkin, berkualitas, dan tepat waktu daripada terus berbicara.

Dan jangan takut untuk bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti dalam pekerjaan. Sikap ini akan membantu keluar dari masalah, begitupun jika instruksi dari atasan kurang begitu jelas.

Sebagai karyawan baru, Anda juga harus sopan kepada semua orang yang ada di kantor. Jangan terlalu merasa mindar saat berpapasan dengan bos atau manager. Sapalan dengan sopan sambil berbasa-basi.

Beradaptasi dengan perusahaan juga berarti harus tahu detail-detail perusahaan. Bacalah website perusahaan, dan perdalam visi misinya. Dan hubungkan dengan visi misi pribadi. Sehingga motivasi kerja bisa muncul. Anda juga bisa bertanya kepada senior yang dikenal tentang kultur kerja di kantor tersebut.

Dan yang paling penting adalah hindari komplain selama minggu-minggu pertama kerja. Meskipun ada hal yang kurang nyaman, sebaiknya tidak mengajukan komplain atau Anda akan terjebak dalam suasana tidak nyaman.

6. Bersikap Profesional

Bersikap profesional juga merupakan kiat sukses jadi karyawan baru di msa pandemi ini. Sikap profesional ini bisa dilatih agar Anda bisa lebih dewasa dalam menghadapi segala situasi dan kondisi di tempat kerja.

Tips Sukses Jadi Karyawan Baru

Misalnya memisahkan antara masalah pekerjaan dan masalah pribadi. Jadi, ketika ada masalah di rumah, dan harus berangkat ke kantor, tidak harus mengganggu pekerjaan di kantor. Sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik tanpa hambatan.

Sikap profesional tidak hanya mampu memisahkan urusan kantor dan pribadi. Sikap profesional di kantor juga bisa ditunjukan dengan datang cara tepat waktu ke kantor, kompeten, menghargai deadline, mengembangkan integritas, bersikap sopan, dan lainnya.

Selain itu, sikap profesional karyawan baru bisa ditunjukan dengan tidak membedakan orang dalam melakukan kebaikan. Maksudnya, jangan hanya berbuat baik kepada atasan. Sehingga akan terkesan pamer.

Berbuat baiklah karena memang Anda ingin melakukannya bukan karena ingin mendapatkan pujian dari atasan. Citra unggul memang penting di tempat kerja, tetapi dengan bersikap baik kepada orang-orang tertentu akan membuat Anda dipandang sebagai penjilat.

Dengan menunjukan performa terbaik di kantor, juga menunjukan bahwa Anda seorang profesional. Membiasakan diri untuk tidak mengerjakan pekerjaan berdekatan dengan deadline, sehingga membuktikan bahwa Anda bukan orang yang suka menunda pekerjaan.

Bukan hanya tepat waktu, pekerjaan yang dikerjakan juga harus rapi, tepat, dan sesuai. Sehingga pekerjaan tidak harus dikerjakan secara berulang-ulang.

Terakhir, sikap profesional bisa juga ditunjukan dengan penampilan dan gestur tubuh. Di dunia kantor, berpakain harus sesuai dengan peraturan yang diterapkan di kantor. Jangan berlebihan atau bahkan tidak memperhatikan.

Baca juga :

  1. 8 Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Masa Pandemi
  2. 8 Tips Tetap Produktif Meski Bekerja Jarak Jauh (WFH )

Gestur juga sangat penting, jangan pernah menjadi orang yang sulit senyum. Tersenyumlah kepada rekan kerja, karena bisa memecahkan suasana. Murah senyum juga bisa menunjukan pribadi yang terbuka dan menerima ide baru dari orang lain.

Profesionalitas ditentukan oleh diri sendiri, baik itu melalui sifat ataupun cara kerja yang biasa dilakukan. Kuncinya, Anda harus menjadi pribadi yang positif, tidak menunda-nunda untuk menolong, menyelesaikan pekerjaan dan tidak sulit untuk tersenyum.

Menjadi karyawan baru haruslah menunjukan sisi positif dan mempertahankannya. Sehingga Anda bisa dipercaya dan disenangi oleh atasan dan rekan kerja. Dengan begitu, tidak akan banyak masalah berarti yang ditemui di tempat kerja.

Penutup

Demikianlah Tip sukses jadi karyawan baru di masa pandemi. Semoga dengan artikel yang kami bagikan, bisa membantu Anda menjadi karyawan baru yang berprestasi. Selamat mencoba tipsnya dari kami.

Exit mobile version