8 Tips Tetap Produktif Meski Bekerja Jarak Jauh (WFH )

Bekerja jarak jauh memang sudah menjadi tren yang sudah berkembang sebelum terjadinya pandemi. Dan sekarang mau tidak mau kita harus bekerja jarak jauh karena pandemi yang tidak kunjung berakhir.

Bekerja jarak jauh menjadi new normal yang harus dijalankan oleh setiap orang. Dan yang harus bekerja dari rumah, mau tidak mau harus siap dengan keadaan ini. Keadaan ini juga harus disikapi tidak hanya oleh karyawannya saja, tetapi juga oleh perusahaan.

Perusahaan harus bisa berperan aktif untuk bisa membuat kerja jarak jauh lebih produktif dan efisien. Oleh karena itu, kali ini akan kami bagikan kiat agar tetap produktif meski bekerja jarak jauh.

1. Meningkatkan Intensitas Komunikasi

Kunci untuk bekerja, dimanapun itu adalah komunikasi. Komunikasi yang dibangun haruslah jelas, apalagi dengan atasan. Anda harus tahu dengan jelas apa yang pimpinan tuntut perihal pekerjaan.

komunikasi di tempat kerja
Komunikasi

Saat bekerja di kantor, komunikasi sudah biasa dilakukan. Tetapi bagaimana cara berkomunikasi yang efektif saat bekerja jarak jauh dari rumah?

Tentu saja harus ada keterlibatan kedua belah pihak, yakni perusahaan dan karyawan. Perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk menjembatani komunikasi antara pimpinan dan karyawan, serta karyawan dengan karyawan.

Salah satunya bisa dengan memanfaatkan alat komunikasi yang tepat untuk bisa terus terhubung dengan rekan kerja. Alat komunikasi yang digunakan haruslah efisien dan bisa digunakan oleh seluruh karyawan.

Medium atau alat komunikasi yang bisa digunakan tentu saja berbasis teknologi seperti misalnya Skype dan Zoom. Komunikasi menggunakan aplikasi bisa lebih memudahkan karyawan untuk bekerjasama dengan tim.

Cara komunikasi seperti ini bisa menghilangkan rasa jenuh saat bekerja di rumah. Bagi yang tidak terbiasa bekerja dari rumah, mereka akan merasa terisolasi dan pekerjaan menjadi tidak terstruktur dan kesepian.

Rasa kesepian adalah salah satu hambatan utama untuk produktif saat bekerja. Sehingga alat komunikasi yang bisa membantu untuk bisa terus berinteraksi dengan karyawan lain akan membuat efektifitas kerja menjadi lebih baik.

Sebenarnya, bekerja jarak jauh cukup menguntungkan bagi perusahaan. Karyawan yang terlibat untuk pekerja jarak jauh produktivitasnya dapat meningkat, selain itu bisa juga mengurangi biaya operasional. Hal ini juga memungkinkan keluarnya bakat-bakat karyawan.

Untuk meningkatkan semangat karyawan yang bekerja jarak jauh, perusahaan juga harus memiliki info terkait pencapaian para karyawan. Sehingga kontribusi setiap individu bisa terlihat, yang nantinya akan terdampak pada tujuan tim dan perusahaan.

2. Anggap Sedang Bekerja di Kantor

Bekerja jarak jauh dari rumah memang berpotensi membuat kita jadi malas-malasan. Karena waktu yang lebih fleksible dan suasana rumah yang selalu menjadi tempat untuk beristirahat dan merebahkan badan.

Cara-bekerja-efektif-dari-rumah-tanpa-harus-bekerja-di-kantor
Anggap Sedang Bekerja di Kantor

Hal ini harus disiasati, sehingga ‘rasa’ bekerja di rumah sama seperti bekerja di kantor. Meskipun bekerja dari rumah, tidak boleh bermalas-malasan. Awalnya mungkin tidak biasa, tetapi mau tidak mau harus segera menyesuaikan diri dengan cara kerja yang baru.

Agar bekerja jarak jauh bisa tetap produktif, aplikasikan jam kerja kantor ke rumah dan juga aktivitas sebelum bekerja. Contohnya anda harus bekerja dengan baju yang rapi dan mandi serta menggunakan pakaian yang pantas.

Selanjutnya buat juga tempat kerja yang nyaman di rumah. Ubah satu tempat kosong di rumah menjadi tempat kerja seperti kantor. Gunakan kursi kerja yang nyaman dan tidak membuat punggung sakit saat bekerja.

Pastikan untuk menghindari mengetik pekerjaan kantor di tempat tidur. Cara ini bisa membuat konsentrasi cepat hilang dan lebih banyak malas-malasan. Sehingga pekerjaan terhambat dan banyak yang tertunda.

Beberapa orang mengakui mereka bisa bekerja lebih produktif dari rumah ketimbang di kantor. Alasannya karena saat di kantor banyak gangguan seperti rekan kerja yang mengajak ngobrol di kantor dan bisa menghindari stress di jalan saat perjalanan di kantor.

Ketika bekerja jarak jauh dari rumah, hal itu bisa dihindari. Dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa banyak hambatan berarti.
Untuk membuat aktifitas kantor yang di kerjakan di rumah lebih semangat untuk dikerjakan, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan terlebih dahulu sebelum memulai bekerja. Atau meminum kopi dengan santai sambil bermain dengan kucing kesayangan di beranda rumah.

Hal ini tentu bisa membuat fikiran menjadi segar dan siap untuk bekerja. Pekerjaan yang dikerjakan dengan fikiran yang segar bisa membuat pekerjaan yang dikerjakan lebih produktif meski bekerja jarak jauh.

3. Jangan Merasa Terisolasi

Bagi sebagian orang, rumah bukanlah tempat yang cocok untuk bekerja, sebagian dari mereka tidak terbiasa mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Sehingga cara bekerja baru yang harus dihadapi dimasa pandemi ini cukup menyulitkan bagi sebagian orang.

Jangan Merasa Terisolasi
Jangan Merasa Terisolasi

Karantina yang berkepanjangan saat pandemi ini sangat mempengaruhi psikologis dan produktivitas para pekerja. Sehingga, baik perusahaan ataupun karyawan harus mengatur strategi agar karyawan tidak merasa stres saat bekerja jarak jauh.

Munculkan rasa kebersamaan menanggung kesulitan. Sehingga satu karyawan dengan karyawan lainnya bisa saling menguatkan. Dan memberikan dukungan, bahwa kita tidak sendirian menghadapi kesulitan yang diakibatkan pandemi.

Contohnya, jika biasanya makan bersama di kantor adalah waktu yang sangat menyenangkan, cobalah untuk melakukan hal yang sama saat bekerja jarak jauh. Anda bisa makan bersama secara virtual bersama rekan kerja. Dan itu bisa menghilangkan stres saat bekerja.

Atau bisa juga perusahaan mengadakan ulang tahun secara virtual kepada karyawannya. Sehingga rasa kekeluargaan masih bisa dirasakan meskipun harus bekerja masing-masing dari rumah.

Hal ini bisa mengembalikan produktifitas kerja meski bekerja jarak jauh. Dan mempererat solidaritas antar karyawan dalam sebuah perusahaan. Jika karwayan solid, maka kinerja mereka juga akan menjadi sangat kompak.

4. Terus Jaga Semangat

Sulit menjaga semangat adalah hal yang paling sering terjadi saat bekerja sendiri. Karena tidak ada teman yang bisa diajak untuk berdiskusi ketika ada kesulitan, atau kesempatan untuk berbagi pekerjaan semakin tidak mudah.

Terus Jaga Semangat
Terus Jaga Semangat

Sehingga, semangat menjadi semakin kendor karena banyak kesulitan yang dihadapi. Dan banyak masalah yang tidak bisa diselesaikan sendirian. Maka, cara yang tepat untuk menjaga semangat dalam keadaan tersebut adalah dengan berkomunikasi.

Berkomunikasi dengan rekan kerja saat bekerja bisa membuat semangat tetap terjaga. Tetapi pastikan untuk menghubungi rekan kerja yang bisa mendukung, bukan malah menambah beban fikiran Anda.

Sekarang teknologi semakin canggih, Anda bisa bertatap muka secara langsung dengan rekan kerja. Bahkan bisa ngopi bareng secara virtual bersama mereka. Sehingga, waktu istirahat tidak membosankan.

5. Membuat Jadwal Bekerja

Bagi yang sudah berumah tangga dan memiliki anak, mungkin ada kesulitan yang cukup serius selagi harus bekerja jarak jauh. Seperti misalnya, pembagian kerja bersama istri saat di rumah.

Membuat Jadwal Bekerja
Membuat Jadwal Bekerja

Jika hal tersebut terjadi, pastikan membuat jadwal bekerja dengan tepat. Misalnya terbiasa berangkat ke kantor jam 7 pagi dengan waktu mulai bekerja jam 8. Maka, saat di rumah Anda bisa mengalokasikan waktu satu jam di rumah untuk berbagi peran dengan istri.

Pastikan untuk menentukan waktu mengawali dan mengakhiri kerja serta jam istirahat. Pastikan tidak ada keluarga yang mengganggu Anda saat jam kerja. Beri mereka pemahaman agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Dengan mengatur waktu bekerja seperti itu, Anda bisa lebih fokus bekerja dan pekerjaan yang dikerjakan bisa lebih efisien. Tidak ada waktu yang terbuang percuma karena banyak gangguan dari luar.

Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu istirahat untuk bermain bersama anak-anak. Jangan sampai pekerjaan membuat Anda lupa untuk berinteraksi dengan istri dan anak Sehingga fikiran bisa lebih sehat dan bisa kembali bekerja lebih produktif setelah istirahat.

6. Batasi Penggunaan Sosial Media

Selanjutnya kiat agar tetap produktif meski bekerja jarak jauh adalah dengan membatasi penggunaan sosial media. Terlalu sering melihat sosial media bisa mengurangi produktifitas Anda saat bekerja dan bisa membuat fokus teralihkan.

Batasi Penggunaan Sosial Media
Batasi Penggunaan Sosial Media

Bekerja dari rumah memang sangat bebas untuk melakukan apapun, kita tidak diperhatikan oleh atasan saat bekerja. Dan tidak akan ada yang memarahi meskipun bermain game saat bekerja. Oleh karena itu, yang harus bisa membatasi adalah diri sendiri.

Agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan makismal, serta bisa bekerja lebih produktif, tahanlah diri dan batasi waktu untuk menggunakan sosial media. Anda boleh menggunakan sosial media pada waktu istirahat, tetapi jangan gunakan saat bekerja.

Baca juga yuk artikel berjudul, Tips Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Masa Pandemi.

Melihat sosial media bisa membuat terlena dan waktu terbuang dengan percuma. Akibat negatif terlalu fokus pada sosial media, pekerjaan yang seharusnya selesai dalam waktu satu jam bisa saja menghabiskan waktu seharian untuk selesai.

7. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Koneksi internet yang lancar juga merupakan salah satu kiat agar tetap produktif meski bekerja jarak jauh. Karena dengan koneksi internet yang lancar, pekerjaan yang harus dikirim dengan segera melalui email bisa diselesaikan dengan cepat.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Selain itu, komunikasi dengan atasan dan karyawan lain juga bisa lebih efisien jika koneksi internet lancar. Saat harus rapat online, internet lancar juga akan sangat menolong untuk melakukan tugas lainnya dengan lebih efisien.

Koneksi internet yang tidak lancar juga akan membuat fikiran semrawut. Apalagi jika ditambah dengan pekerjaan yang sedang menumpuk. Tentu koneksi internet yang lelet akan membuat fikiran semakin runyam.

Yuk baca artikel kami yang lain berjudul, Tips Menjadi Karyawan yang Oke di Bulan Pertama Masuk Kerja.

Sehingga, pastikan untuk memperbaiki koneksi internet di rumah terlebih dahulu sebelum mengerjakan pekerjaan kantor.

8. Tetap Bertanggung Jawab dan Disiplin

Untuk mendorong produktifitas saat bekerja jarak jauh, setiap orang harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Harus ingat, bahwa bekerja jarak jauh bisa terlaksana dengan baik jika setiap individunya mampu menjalankan kedisiplinan dan tetap profesional saat bekerja.

Tips Tetap Produktif Meski Bekerja Jarak Jauh
Tetap Bertanggung Jawab dan Disiplin

Profesionalisme dan kedisiplinan harus dibangun dalam diri setiap individu. Karena produktifitas tidak akan berjalan jika tidak ada kemauan untuk berdisiplin dan bertanggung jawab.

Karena bagi orang yang memiliki tanggung jawab dan disiplin yang tinggi di dalam dirinya, tidak ada bedanya mau bekerja di kantor ataupun di rumah.

Anda juga bisa membaca artikel kami yang lain berjudul, 7 Tips Tetap Produktif Setelah Terkena PHK.

Itulah kiat agar tetap ptoduktif meski bekerja jarak jauh yang bisa kami bagikan. Semoga artikel yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk Anda yang harus tetap bekerja dari rumah. Selamat mencoba tips dari kami.