Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

Beruntungnya Anda jika memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Dengan dukungan perusahaan yang mendukung dan mengedepankan budaya kolaborasi sesama teman kerja.

Tetapi sayangnya tidak semua orang seberuntung itu, mereka harus menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman setiap harinya.

Jika Anda berada di posisi tersebut, tentu saja akan merasa tidak nyaman berada di lingkungan seperti itu. Bahkan, pekerjaan yang tadinya adalah passion Anda, akan menjadi terasa menyebalkan hingga membenci pekerjaan tersebut.

Rasa semangat untuk berangkat setiap hari ke kantor pun tidak akan ada lagi. Bahkan, hari libur akan menjadi hari terindah untuk Anda yang merasa tidak nyaman di lingkungan kerja.

Tetapi, hal tersebut sebenarnya bisa diatasi. Jangan sampai Anda bertahandengan kondisi seperti itu, Karena hanya akan merugikan diri sendiri.

Maka, berikutakan dibagikan tips menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman. Yang harus Anda terapkan agar tidak terdampak negatif lingkungan kerja Anda.BerikutUlasannya?

• Bicarakan Langsung Pada Atasan

atasan

Jika Anda sudah merasa kesulitan menghadapi lingkungan kerja yang tidak kondusif cobalah untuk berbicara dengan atasan.

Memang hal ini agak sulit dilakukan, apalagi ketika Anda hanyalah karyawan biasa. Tetapi membicarakan permasalahan kantor dengan atasan adalah solusi terbaik.

Bicaralah pada waktu yang tepat, sehingga Anda bisa menyampaikan keluh kesah Anda dengan lebih nyaman.

Dan agar pembicaraan tidak terlalu serius, Anda juga bisa mengajak ngobrol atasan sambil ngopi di kantin. Dengan begitu suasana bisa lebih cair.

Anda bisa mengatakan kepada atasan, bahwa Anda ingin membawa perusahaan menjadi lebih baik. Sehingga sangat dibutuhkan kerjasama yang baik dan lingkungan kerja yang baik juga.

Fokus Kerja dan Lakukan yang Terbaik

Menghadapi tempat kerja yang tidak nyaman tidak harus dengan cara mengabaikan pekerjaan. Malah justru sebaliknya, Anda harus tetap fokus kerja dan lakukan yang terbaik. Karena dengan begitu, Anda bisa berterimakasih setidaknya kepada diri sendiri karena sudah melakukan yang terbaik.

Jika ternyata selalu ada saja rekan kerja yang tidak menyukai pekerjaan Anda, tanyakan kepadanya letak kesalahan Anda dimana.

Sehingga, Anda bisa dengan senang hati memperbaiki kesalahan tersebut. Jika orang tersebut tetap ngeyel, Anda bisa berkonsultasi dengan atasan untuk hal tersebut.

Bersikap Profesional

Jika ternyata tempat kerja Anda punya kebiasaan buruk seperi rapat selalu ngaret, pekerja yang selalu datang terlambat, tidak jujur pada atasan dan lain sebagainya. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah bersikap profesional.

Anda tidak harus terpengaruhi lingkungan kerja yang seperti itu. Anda harus tetap datang tepat waktu saat rapat, berangkat kerja harus tepat waktu, dan tetap jujur pada atasan.

Jangan sampai lingkungan kerja yang negatif juga mempengaruhi Anda menjadi orang yang negatif.

Karena kebiasaan tersebut bisa mengakar dalam diri Anda. Bisa jadi, jika nanti Anda sudah keluar dari perusahaan tempat sebelumnya bekerja, dan mengikuti ritem kerja demikian.

Anda akan kebiasaan di tempat kerja baru. Dan itu akan sangat merugikan Anda.

Jangan Gampang Menyerah

Anda harus tekankan pada diri sendiri adalah jangan gampang menyerah. Berjuanglah sebisa mungkin untuk bertahan di tempat kerja, ingatlah tujuan utama Anda bekerja.

Meskipun suasana kerja tidak berpihak pada Anda, jangan lekas menyerah dan memutuskan untuk keluar.

Anda bisa bertahan setidaknya setelah mendapatkan pekerjaan lain. Karena jika Anda memutuskan resign dari tempat kerja Anda lebih awal, keadaan finansial Anda akan memburuk.

Sehingga, bertahan dan tidak menyerah adalah jawaban yang sesuai untuk Anda yang sudah tidak nyaman dengan lingkungan kerja.

Baca: Tipe-tipe Karyawan Milennial yang Perlu Kita Pahami

Lakukan Sesuatu yang Bisa Menjaga Semangat

Lingkungan kerja yang tidak nyaman akan membuat semangat Anda pun turun. Untuk tetap termotivasi, dan semangat tidak kendur, lakukan hal-hal yang bisa menjaga semangat. Jika semangat Anda bisa kembali hanya dengan minum kopi di luar kantor, lakukanlah. Atau Anda butuh ibu Anda untuk memberikan semangat, segeralah telepon beliau.

Selain itu, olahraga juga bisa menjadi penyuntik semangat yang sangat baik. Guna meningkatkan motivasi kerja, lakukanlah hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Jangan mengabaikan hiburan, sekecil apapun hiburan itu jika bisa meningkatkan motivasi kerja, lakukanlah.

• Jangan Pernah Berhenti Belajar Apapun

belajar

Lingkungan kerja yang tidak nyaman mungkin membuat Anda malas melakukan segala hal. Bahkan motivasi untuk bekerja pun surut dan kering. Tetapi, jangan sampai hal tersebut menganggu mental Anda, dan tetaplah terus belajar. Tetap eksplore diri Anda, pekerjaan Anda, dan apapun yang bisa meningkatkan kemampuan bekerja.

Jadikan permasalahan yang muncul di lingkungan kerja, sebagai media belajar. Anggap saja kondisi tersebut ujian yang harus Anda lewati. Dan jika bisa lulus dari ujian itu, maka Anda akan menapaki tangga yang lebih tinggi lagi di dunia kerja.

Dengan belajar terus menerus dan memperbaiki diri tanpa henti, akan membuat Anda bisa lebih banyak ilmu. Serta tahu cara menghadapi rekan kerja yang membuat tidak nyaman di tempat kerja. Cara ini akan sangat berguna untuk diri anda sendiri, ataupun di dunia kerja yang lain.

Terus Berfikir Positif

Cara untuk menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman yang penuh dengan negatifitas harus dihadapi dengan fikiran yang positif. Meskipun mungkin pada awalnya sulit untuk membuat fikiran terus positif, tetapi setelah dibiasakan Anda akan merasakan manfaatnya.

Misalnya ketika ada teman kantor yang terus menerus mengkritik situasi kerja, setiap hari tanpa berhenti. Tentu Anda akan merasa terganggu dan bahkan akan sedikit terpicu untuk juga melakukan hal yang sama seperti mereka. Tetapi, pastikan Anda tidak melakukan hal itu. Berfikirlah positif, jangan sampai terbawa oleh orang lain yang berfikiran negatif.

Buat Suasana Kantor Lebih Santai

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja, cobalah untuk menjadi orang yang mencairkan suasana. Buat guyonan dengan teman dekat Anda di kantor, sehingga segala hal yang berbau negatif bisa hilang dengan bercanda.

Suasana tidak menyenangkan di tempat kerja biasanya datang karena orang-orang yang terlalu serius dan tidak ada celah untuk bercanda. Anda harus menjadi penghilang sisi negatif tersebut, karena dengan tempat kerja yang kondusif tentu kualitas kerja karyawan akan semakin bagus.

Daripada harus banyak tertekan dan mengeluh terus menerus, untuk menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman adalah dengan mencairkan suasana. Karena terkadang akan selalu ada hal yang bisa ditertawakan dari hal-hal sesulit apapun dalam kehidupan. Bahkan dalam keadaan sesulit apapun, Anda harus bisa tertawa meskipun hanya menertawakan kesulitan itu.

Susun Pekerjaan Dengan Rapi dan Terstruktur

Lingkungan kerja yang tidak nyaman bisa disebabkan karena atasan atau kolega kerja yang terlalu menuntut. Agar hal tersebut bisa diatasi dengan baik, tunjukan performa kerja yang maksimal. Pastikan Anda selalu siap dengan segala hal yang mereka minta.

Salah satunya adalah dengan menyusun pekerjaan kantor dengan rapi dan terstruktur. Buat folder-folder dalam komputer Anda rapi, sehingga ketika mencari pekerjaan yang diminta atasan atau kolega kerja bisa dengan mudah ditemukan.

Anda bisa membuat jurnal harian juga tentang apa yang harus dilakukan di kantor. Atau mengumpulkan segala macam email yang berhubungan dengan pekerjaan. Catat juga pembicaraan penting dalam notes Anda, serta evaluasi apa yang belum dan sudah dilakukan.

Dengan begitu, Anda bisa mengihadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman. Karena ketidaknyamanan di lingkungan kerja bukan hanya disebabkan oleh hal-hal di luar diri Anda, bisa jadi ketidaknyamanan tersebut berasal dari diri Anda sendiri.

• Jangan Terlibat Gosip di Kantor

gosip

Setiap karyawan pasti pernah bergosip di kantor, biasanya kebanyakan menggosipkan atasan atau teman kantor lainnya. Hal tersebut jangan pernah Anda lakukan, karena akan menjadi kebiasaan dan akan berdampak negatif terhadap cara pandang Anda.

Membiasakan bergosip hanya akan membuat Anda terjebak dalam lingkungan kerja yang negatif. Jika memang ada kesalahan yang dibuat oleh atasan, Anda bisa memberikan kritik langsung kepada mereka tanpa harus membicarakannya di belakang.

Atau jika teman kerja Anda ada yang kurang dalam pekerjaannya, Anda juga bisa menyampaikannya secara langsung, tanpa harus menjadi toxic dengan membicarakannya di belakang.

Jadilah pemberani untuk tidak membicarakan kesalahan orang di belakang mereka. Karena, hal itu tidak hanya akan menjadi benalu buat Anda, tetapi akan menjadi kebiasaan buruk yang tidak mudah dihilangkan.

Jangan Lupa Bersenang-senang

Bersenang-senang adalah cara yang paling ampuh untuk menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman. Bersenang-senang itu sangat penting, karena akan membuat fikiran kembali rileks dan jernih. Meskipun Anda sedang dihadapi pekerjaan yang super sibuk, dan berbagai tuntutan kerjaan yang menumpuk. Dengan bersenang-senang akan membuat Anda lupa keadaan lingkungan kerjayang tidak nyaman.

Banyak cara untuk bersenang-senang, dan semua orang punya cara tersendiri untuk bersenang-senang. Bisa dengan liburan bersama keluarga, jalan bareng pacar, nongkrong bersama sahabat sambil karokean, dan masih banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Jangan sampai keadaan kantor yang tidak nyaman dihadapi dengan sikap dan perilaku Anda terhadap diri sendiri. Berikan diri sendiri ruang untuk menghirup udara segar kehidupan lain selain pekerjaan. Karena bersenang-senang pun tidak harus mahal.

Mencari Tempat Kerja Lain

Sebelum melakukan tips ini Anda harus benar-benar matang menganalisis masalah yang sedang Anda hadapi. Jika ternyata ketidaknyamanan yang Anda rasakan di tempat kerja bukan karena Anda terlalu sensitif, dan benar-benar lingkungan kerja yang toxic, Anda bisa memilih opsi ini.

Carilah tempat kerja lain, jika Anda sudah tidak bisa bertahan di tempat kerja Anda sekarang. Karena lingkungan yang toxic secara tidak langsung akan menghambat produktifitas juga profesionalitas Anda dalam bekerja. Anda harus selalu berkembang, dan mencari lingkungan kerja yang lebih nyaman.

Profesi hanyalah pekerjaan yang Anda lakukan untuk bertahan hidup. Jangan jadikan ia beban yang akan mengganggu mental. Sehingga, pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melepas pekerjaan tersebut dan mencari yang baru.

Nah, Itulah tips menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman yang kami sarankan. Anda yang sudah tidak nyaman di tempat kerja, bisa mengikuti tips tersebut agar tidak buru-buru memutuskan untuk keluar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Baca juga: Tips Menghadapi Toxic Atasan di Tempat Kerja