Finansial

Tips Menabung untuk Karyawan dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Berapapun gaji yang didapatkan sangat penting yang namanya menyimpan dana untuk tabungan. Dengan menabung, keuangan bisa tetap aman dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, menabung juga melindungi dari berbagai situasi darurat.

Seseorang yang mendapatkan gaji dibawah 5 juta kerap kali dibuat bingung, berapa dana yang harus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan berapa untuk menabung. Apalagi jika bayaran bulanan cukup banyak, seperti bayar kosan, bayar listrik, makan, dan yang lainnya.

Untuk yang tinggal di kota besar, gaji di bawah 5 juta memang tidak cukup besar. Tetapi, dengan gaji sebesar itu Anda harus tetap menabung. Berikut ini kami akan berikan tips menabung untuk karyawan dengan gaji di bawah 5 juta.

1. Buat Pos-Pos Pengeluaran

Sangatlah penting untuk mengatur pos pengeluaran agar karyawan dengan gaji di bawah 5 juta bisa menabung. Pos-pos pengeluaran seperti biaya transportasi, biaya makan sehari-hari, tagihan bulanan, dan bayar kontrakan.

Buat Pos-Pos Pengeluaran

Saat menerima gaji, hal yang harus pertama dilakukan adalah memisahkan biaya transportasi. Memperhitungkan biaya transportasi dengan tepat bisa menyelamatkan biaya transportasi tidak terduga Anda saat tanggal tua.

Selain itu, agar biaya transportasi lebih hemat, gunakanlah kendaraan umum seperti Trans Jakarta atau MRT. Rencanakanlah biaya transportasi Anda selama satu bulan. Dan pastikan untuk tidak keluar dari rencana tersebut, atau pengeluaran transportasi akan minus.

Selain biaya transportasi, yang terpenting untuk rencana pengeluaran bulanan Anda adalah makan. Bersyukur jika kantor menyediakan makanan siang untuk karyawan. Jikapun tidak, harus direncanakan untuk pengeluaran makan sesuai dengan kebiasaan makan sehari-hari.

Pastikan untuk tidak boros untuk pengeluaran makan. Saat di rumah, memasak sendiri dan menyetok bahan masakan akan lebih hemat. Yang terpenting asupan gizi tetap bagus dan makanan yang dikonsumsi sehat.

Selain itu, pastikan untuk memisahkan biaya kos dan tagihan bulanan. Bagi yang masih tinggal dengan orang tua, tentu tidak harus memikirkan hal tersebut. Tetapi bagi Anda yang terpaksa harus ngontrak, jangan lupa untuk memisahkan bayaran bulanan untuk kosan.

Pastikan untuk tidak menunggak pembayaran bulanan, sehingga rencana keuangan tidak akan kacau. Dan tidak harus juga pinjam kesana kemari untuk menutupi kekurangan tersebut.

2. Memulai dari Jumlah Kecil

Menabung sebaiknya dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Tetapi harus dilakukan secara rutin. Karena memang tidak banyak orang yang mampu menabung dengan jumlah yang besar secara langsung.

Memulai dari Jumlah Kecil

Sehingga melakukannya dari jumlah yang kecil tetapi disiplin, bisa sangat membantu untuk membiasakan diri menabung.Jika belum mampu atau terbiasa mengalokasikan 20% dari gaji, bisa dimulai dengan 2% dari gaji.

Tetapi pastikan untuk menaikan presentasenya setiap bulan. Sehingga bisa mencapai minimal 20% dari gaji. Alangkah baiknya untuk karyawan yang baru bekerja bisa menyimpan setengah dari gajinya untuk ditabung, karena belum memiliki banyak tanggungan.

Menabung juga bisa dimulai dengan mengumpulkan uang kembalian dalam bentuk receh. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk uang belanja dalam jumlah besar. Misalnya, uang kembalian belanja yang dikumpulkan bisa digunakan untuk membeli kopi atau makan siang.

Dengan mengumpulkan uang receh pengeluaran bisa lebih hemat. Uang receh ini juga secara tidak langsung akan membantu mengurangi penggunaan kartu debit ataupun kredit untuk pembayaran.

Selain itu, Anda juga wajib untuk membuat tujuan menabung terlebih dahulu. Jangan hanya menyisihkan uang tanpa ada tujuan. Mulai menabung untuk hal-hal yang disukai, sehingga aktifitas menabung bisa lebih bersemangat.

Seperti misalnya untuk traveling, ibadah haji, atau membeli sesuatu yang dibutuhkan. Saat kebiasaan menabung terbentuk, akan lebih mudah untuk menetapkan tujuan.

Dengan membuat tujuan menabung, strategi menabung menjadi lebih jelas dan terarah. Tabungan bisa dibuat untuk jangka panjang dan jangka pendek. Sehingga ketika tujuan sudah ada, tinggal sesuaikan jenis tabungan yang diambil.

Sangat penting juga untuk membuat tabungan terpisah untuk rekening simpanan dan harian. Dengan memisahkan rekening tabungan dan harian, bisa menyelamatkan uang untuk digunakan dalam keadaan darurat di kemudian hari.

3. Aktifkan Rekening Tabungan Autodebet

Autodebet atau pemotongan uang secara otomatis dalam jumlah tertentu, di tanggal tertentu pada rekening sudah banyak disediakan oleh bank. Hal ini sangat efisien agar bisa mengontrol jumlah pengeluaran Anda.

Aktifkan Rekening Tabungan Autodebet

Dengan autodebet, juga bisa menguatkan komitmen menabung. Cara ini juga bisa menghindarkan Anda dari menggunakan jatah menabung untuk hal lain. Cara menabung seperti ini sangat bermanfaat bagi karyawan yang mendapatkan penghasilan setiap bulan.

Untuk menggunakan autodebet, Anda harus terdaftar terlebiih dahulu melalui internet banking atau bank penerbit. Memang ada juga instansi yang menyediakan sistem autodebet secara langsung kepada karyawan yang ingin mengaktifkannya. Biaya administrasi untuk autodebet hanya Rp. 3000 per bulan.

Sistem autodebet memang terbukti menghindarkan Anda jauh dari yang namanya konsumtif. Karena secara otomatis jauh dari jangkauan uang, karena semua pengeluaran sudah di handle oleh autodebet.

4. Belanjakan Gaji dengan Aset

Meskipun gaji di bawah 5 juta, Anda bisa investasi kecil-kecilan untuk jaminan hidup di masa mendatang. Aset yang dibelanjakan bisa berupa emas ataupun properti. Sehingga nilainya dari tahun ke tahun sudah pastik akan naik.

Belanjakan Gaji dengan Aset

Karena penghasilan yang hanya didiamkan di buku tabungan tidak akan efektif. Anda harus bisa menempatkan gaji Anda di pos lain yang bisa menghasilkan keuntungkan.

Cobalah reksa dana, deposito atau saham yang bisa dalam jumlah kecil. Instrumen tersebut terbukti bisa menambah pundi-pundi setiap bulannya. Sehingga uang tabungan bisa bertambah juga.

Jika belum memahami investasi, sebaiknya pelajari lebih jauh tentang investasi yang akan digunakan. Untuk membeli reksa dana sendiri, bisa dimulai dari hanya Rp. 100.000. sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menabung atau berinvestas.

Bentuk investasi ada jangka panjang ataupun jangka pendek. Untuk jangka panjang resikonya tentu lebih kecil daripada jangka pendek. Itu juga harus direncanakan sebelum berinvestasi. Untuk investasi jangka panjang, bisa dengan investasi emas dalam waktu 5-10 tahun.

Karena emas harganya cenderung naik setiap tahunnya dan jarang turun secara signifikan. Semakin terbatas sumber daya alamnya, semakin tinggi harga emas di pasaran. Emas bisa dibeli dalam bentuk batangan yang diproduksi PT Antam.

Untuk investasi jangka pendek, bisa mencoba saham. Keuntungan dari saham cukup besar, tetapi resikonya juga besar. Karena harga saham sendiri naik turun secara acak dalam jangka waktu yang singkat. Sehingga untuk bermain saham perlu berlatih dengan benar.

Investasi bisa menjadi tips menabung untuk karyawan dengan gaji di bawah 5 juta. Karena uang yang didapatkan justru akan berlipat daripada menyimpan uang di bank biasa.

5. Menghindari Penggunaan Kartu Kredit

Saat karyawan dengan gaji di bawah 5 juta berniat untuk menabung, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit. Kartu kredit memang sudah menjadi sebuah gaya hidup, tetapi jika merasa gaji masih sedikit sebaiknya tidak menggunakannya.

Menghindari Penggunaan Kartu Kredit

Tidak dapat dipungkiri bahwa kartu kredit masih menjadi salah satu pilihan masyarakat. Karena banyak orang beranggapan kartu kredit adalah solusi paling mudah untuk membayar sesuatu secara langsung ketika tidak ada dana tunai.

Tetapi harus diingat, ketika menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan kepada perusahaan. Yang jumlahnya lebih besar daripada menggunakan sarana peminjaman lain.

Di dalamnya ada presentasi bunga tahunan, biaya layanan, dan penalti yang harus dibayar ketika terlambat membayar. Dan jika tidak mampu membayarnya, utang akan terus bertambah dan menjadi beban di kemudian hari.

Selain itu, skor kredit juga bisa menjadi penentu apakah nantinya bisa mengajukan peminjaman atau tidak. Jika skor kredit baik, kesempatan membuka kartu kredit lain atau melakukan peminjaman bisa dilakukan.

Sementara skor kredit yang rendah bisa menjadi masalah. Jika suatu hari nanti membutuhkan pinjaman dari bank. Sehingga karyawan dengan gaji di bawah 5 juta sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit.

Artikel menarik lainya, 8 Tips Mengelola Keuangan Bagi Karyawan Saat Krisis Karena Pandemi.

Kemudahan membayar juga bisa membuat terlalu nyaman untuk berutang. Sehingg bisa sulit mengontrol diri untuk membeli sesuatu. Itulah kenapa banyak pengguna kartu kredit terjebak dalam masalah ini.

6. Mengubah Gaya Hidup Konsumtif Menjadi Sederhana

Tips menabung untuk karyawan dengan gaji di bawah 5 juta selanjutnya adalah dengan mengubah gaya hidup konsumtif. Besar atau kecil gaji yang diterima, jika gaya hidup Anda konsumtif, maka uang tabungan tidak akan pernah bertambah.

Mengubah Gaya Hidup Konsumtif Menjadi Sederhana

Keinginan untuk terus berbelanja akan membahayakan kondisi keuangan. Sehingga nantinya akan mengalami kesulitan ekonomi, bahkan bisa saja terlilih hutang. Dan uang tabungan hari tua Anda tidak akan pernah ada.

Bagi yang terbiasa hidup konsumtif, tentu tidak mudah mengubahnya. Tetapi bisa dilakukan sedikit demi sedikit. Hal itu bisa dimulai dengan menahan membeli barang yang diinginkan tetapi sebenarnya tidak dibutuhkan. Ini merupakan langkah awal menghindari konsumtif.

Karena membeli barang karena hasrat tanpa tahu kebutuhan yang sebenarnya, hanya akan menghabiskan uang saja. Sehingga, mulai sekarang jika ingin membeli barang sebaiknya fikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan.

Selain itu, untuk menghindari perilaku konsumtif Anda harus menetapkan prioritas. Misalnya ada penawaran ponsel terbaru, tetapi ternyata Anda belum menyelesaikan cicilan laptop di bulan sebelumnya. Sebaiknya prioritaskan untuk membayar cicilan laptop terlebih dahulu.

Jangan pernah membeli barang karena gengsi. Ubah pola fikir Anda, status sosial yang didapatkan merupakan tingkah laku dan pemikiran Anda. Jika bicara soal kepuasan, fikirkanlah mana yang menjadi prioritas.

Jangan pernah terburu-buru untuk memutuskan membeli suatu barang. Fikirkan terlebih dahulu kegunaan dari barang tersebut. Jangan sampai setelah membeli barang tersebut, malah menyesal, padahal bisa saja uang tersebut ditabung sehingga uang tabungan lebih besar.

Hidup sederhana sangatlah penting agar bisa menjaga ekonomi pribadi tetap stabil. Tetapi tidak juga harus pelit pada diri sendiri. Anda tetap harus menyediakan tabungan untuk memanjakan diri, seperti traveling, atau makan di luar dengan keluarga.

Baca artikel kami lainya, 6 Tips Sukses Jadi Karyawan Baru Di Masa Pandemi.

Mengubah kebiasaan memang tidak mudah, tetapi bisa dimulai dari hal kecil. Asalkan konsisten dan bisa mendisiplinkan diri, maka semakin lama kebiasaan konsumtif bisa Anda bisa berubah dan bisa hidup lebih sederhana dan bahagia.

Penutup

Bagaimana, mudah bukan. Itulah tips menabung untuk karyawan dengan gaji di bawah 5 juta yang bisa kami bagikan. Semoga tips yang kami bagikan bermanfaat untuk Anda. Dan bisa diaplikasikan dengan mudah untuk tujuan menabung. Sehingga kegiatan menabung sukses dilakukan.

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

15 jam ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

3 hari ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

1 minggu ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

3 minggu ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

3 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

3 bulan ago