Program Kuliah Online, Berikut 5 Universitas Berkonsep E-Learning

Tidak hanya pekerjaan atau bisnis saja yang bisa dilakukan secara online. Dalam sistem pendidikan di dunia pun mengalami perubahan dimana membuat sebuah program kuliah online. Universitas yang mendukung aktivitas tersebut juga berasal dari kalangan ternama sehingga masalah jarak bahkan biaya di zaman ini pun bisa diatasi.

Program ini tercetus selain karena teknologi juga banyaknya masyarakat yang memiliki kuliah sambil bekerja. Sehingga ditengah kesibukan mereka dalam bekerja masih bisa mengatur untuk belajar.

Program kuliah online ini merupakan sebuah inovasi pendidikan, dimana mereka bisa belajar dari jarak jauh menggunakan internet. Sesuai dengan namanya, aktivitas pembelajaran dan mengurus administrasi pun akan dilaksanakan secara online.

Nah, Jika Anda tertarik untuk mengikuti program kuliah online dan masih bingung dengan universitas mana sajakah yang menyediakan program tersebut, berikut akan kami paparkan penuturannya di bawah ini!

Baca juga : 5 Kampus terbaik khusus kelas karyawan

Mengenal Program Kuliah Online

Sebelum membahas mengenai daftar nama universitas yang mengadakan program kuliah online, alangkah lebih baik untuk mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu program kuliah online? dan bagaimana cara melakukannya? Ini Dia ulasannya!

Ada sebuah penilitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat, bahwasannya Mahasiswa yang kuliah secara online dapat menunjukkan kinerja yang baik dari mahasiswa yang kuliah di kampus.

Hal ini dikarenakan selain pengetahuan yang dimilikinya, mereka juga selangkah lebih maju dalam hal teknologi sehingga bisa menerima segala macam perubahan yang dihadapinya.

Wajar bila mereka dipenuhi dengan pengetahuan teknologi yang memadai, karena untuk bisa mengakses mata kuliah harus menggunakan software atau aplikasi agar bisa berinteraksi dengan para dosen dan juga pihak kampus lain yang terkait.

Karena mengikuti program kuliah online maka para mahasiswa harus terbiasa dengan menggunakan blog, email, Wiki, Twitter, ePortofolio, discussion board, instant messaging software, dan lain sebagainya.

Untuk Aktivitas perkuliahan yang bisa bertatap muka dengan dosen, mereka harus terbiasa menggunakan teknologi seperto webinar, podcast, social networking, virtual world, seminar virtual, dan lain sebagainya.

Aplikasi atau software di atas bersifat pilihan, sehingga digunakan atau diinstal sesuai dengan keperluan masing-masing.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mengikuti Program Kuliah Online

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu program kuliah online, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan mengikuti program kuliah online yang tercantum dalam pemaparan di bawah ini.

Kelebihan Program Kuliah Online

  • Para Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan kapan pun dan dimana pun sesuai keinginan dan memiliki koneksi internet dengan baik.
  • Mengehat biaya tranpsortasi ataupun tempat tinggal bila universitas yang dipilih berada di luar pulau atau luar negeri.
  • Materi Perkuliahan bisa dipilih sesuai tingkat kemampuan dan juga keinginannya
  • Tanya Jawab dalam perkuliah bersifat fleksibel karena bisa ditanyakan lewat chatinggan baik itu kepada dosen atau teman sekelas.
  • Waktu masa perkuliahan lebih singkat dibandingkan perkuliahan yang bersifat konvensional.
  • Mahasiswa bisa melihat kembali materi yang diajarkan karena materi biasnaya berupa modul yang dapat didownload dan tersimpan dalam PC atau komputer.
  • Melatih mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab, kreatif, dan juga mandiri. Sehingga membentuk pribadi yang lebih percaya diri.

Kekurangan Program Kuliah Online

Selain memiliki kelebihan, program kuliah online pun memiliki kekurangan diantaranya adalah :

  • Sangat tergantung pada internet, bila jaringan lambat atau susah sinyal maka proses pembelajaran akan tertinggal terlebih jika sudah mencakup ujian kuliah.
  • Sangat tergantung pada sikap displin para mahasiswa, jika kurang disiplin maka akan tertinggal pula dalam pembelajaran.
  • Dalam hal interaksi sosial menjadi sulit karena terbiasa sendiri.
  • Ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa diajarkan secara online.
  • Perangka komputer atau gadget yang memiliki harga cukup mahal, sehingga program kuliah ini baru bisa diakses oleh kalangan tertentu.

Daftar Nama Universitas yang menyediakan Program Kuliah Online

1. Program Kuliah Online Universitas Mercu Buana

e-learning universitas mercu buana

Universitas Mercu Buana merupakan universitas swasta yang memiliki predikat terbaik di Indonesia. Mengingat teknologi saat ini sudah semakin canggih, maka universitas tersebut membuat sebuah program inovasi yang bernama eLearning.

Tujuannya agar para mahasiswa di seluruh Indonesia bisa belajar tanpa ada batasan tempat dan waktu. Serta program kuliah online ini juga untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar.

Adapun sistem pembelajaran eLearning adalah sebagai berikut :

• Pertemuan Tatap Muka

Selain online, sistem pembelajaran pun sesekali diadakan dengan tatap muka ketika memang ada kegiatan di laboratrium, dosen tamu dan lain sebagainya. Intensitas pertemuan tatap muka ini pun tidak sering disesuaikan dengan ketentuan dari universitas.

• Pertemuan Online

Pembelajaran dilakukan melalui website resmi e-Learning UMB dengan membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses segala macam keperluan perkuliahan.

Di website ini diharapkan para mahasiswa dan dosen turut aktif dalam mengakses materi kuliah, menggunakan fasilitas chating untuk diskusi

Di UMB sendiri biasanya aktivitas pembelajaran online ini meliputi:

  • Forum, dimana dosen dan mahasiswa ada dalam “ruangan” ini untuk berdiskusi atau membahasa sebuah teori yang diajarkan.
  • Kuis, dalam ‘ruang” ini dikhususkan bagi dosen mata kuliah untuk membuat materi kuis yang akan diujikan pada mahasiswanya.

Para dosen pun bisa melihat sejauh mana pemahaman mahasiswanya dalam menangkap materi pembalajaran yang diberikan. Biasanya waktu untuk mengerjakan kuis ini dilakukan seminggu sekali.

• Form Perhitungan Kehadiran Mahasiswa

Walaupun kuliah online, tetap saja untuk perhitungan kehadiran atau absensi ini berlaku. Agar maahsiswa termotivasi untuk belajar dan komitmen terhadap apa yang ditempuhnya.

2. Program kuliah Online The Ohio State University

The Ohio State University

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang ingin mencoba kuliah di luar negeri. Namun, untuk kuliah di sana memerlukan biaya yang cukup banyak ataupun restu dari orang tua agar mau melepas anaknya untuk ditinggal jauh.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, mimpi untuk kuliah di luar negeri pun bisa terwujud lewat sebuah program kuliah online. Dimana The Ohio State University Amerika telah membuka program tersebut.

Seperti yang diketahui bersama, The Ohio State University atau yang disingkat dengan OSU ini merupakan universitas yang telah menginjak usia 150 tahun. OSU juga termasuk salah satu universitas terbesar di Amerika dengan memiliki yang sudah memiliki fasilitas cukup lengkap.

Program kuliah onlinenya pun telah diakui oleh US News and World Report dimana OSU memiliki Program Online Sarjana Terbaik yang memang layak untuk diikuti.

Para dosen yang bertugas tidak hanya sekedar menyiapkan dan memberikan materi. Melainkan membantu mereka untuk sukses dalam karir jangka panjang, menyelesaikan masalah yang terjadi di dunia, dan membantu mahasiswa untuk menemukan potensi dan juga minatnya guna memperoleh jenjang karir yang cemerlang.

3. Program Kuliah Online Universitas Indonesia

Seperti yang diketahui bersama, Universitas Indonesia merupakan universitas terbaik yang ada di Indonesia. Dari universitas tersebut telah banyak lahir para pemimpin-pemimpin bangsa yang mampu membangun bangsa dengan ilmu yang dimilikinya.

Karena itu, UI pun ingin memberikan kesempatan kuliah online kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa menimba ilmu.

Sadar akan kapasitas yang terbatas, maka dengan memanfaatkan teknologi yang ada UI pun membuka sebuah program Pendidikan JaraK Jauh (PJJ) yang sudah dimulai pada tahun 2002.

Pendidikan Jarak Jauh ini tentu saja menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajarannya. Para mahasiswa yang ikut Pendidikan jarak jauh tersebut dapat mengambil satu atau beberapa mata kuliah secara online.

Jika sudah selesai menempuh pendidikan, maka para mahasiswa sendiri berhak mendapatkan transkip nilai sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Dan transkip tersebut juga bisa dinyatakan sebagai bukti bahwa mahasiswa tersebut telah lulus dalam mata kuliah online yang diikutinya.

Adapun penjelasan secara lengkap mengenai Program Pendidikan Jarak Jauh Ui adalah sebagai berikut:

• Kuliah Bersama

Kuliah bersama ini tetap dilaksanakan secara online namun digabung dengan universitas lain. Porgram ini dilakukan mengingat UI memiliki Prinsip dalam hal berbagi sumber daya. Namun untuk penilain hasil belajar tetap didapatkan dari universitas masing-masing.

• Program Bergelar

Sama halnya dengan pendidikan konvensional, para mahasiswa yang mengikuti program jarak jauh bisa mengkuti program perkuliahan dengan menyeluruh. Dan mereka nantinya akan mendapatkan ijazah resmi yang dikeluarkan dari Universitas Indonesia.

4. Program Kuliah Online Universitas New Mexico

Selain OSU, universitas yang ada di Paman Sam lainnya yang bisa Anda ikuti program kuliah online adalah universitas New Mexico. Universitas ini cukup terkenal di negaranya bahkan para lulusannya sangat disukai oleh perusahaan yang ada di mexico juga beberapa negara lainnya.

Di universitas ini, para mahasiswa akan dibimbing oleh dosen-dosen ternama sehingga mampu melahirkan mahasiwa yang kreatif dan penuh dengan inovatif.

Karena hal itulah, Pihak universitas pun membuka sebuah program kuliah online yang bisa diakses lewat media pembelajaran UNM Learn.

Adanya program kuliah online sangat disambut baik oleh para mahasiswa dalam dan luar negeri. Walaupun bersifat fleksibel, UNM pun berkomitmen agar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online bisa lulus dan menghasilkan kualitas yang sama dengan mahasiswa yang mengikuti program kuliah konvensional.

Program kuliah online yang diselenggarakannya bersifat fleksibel yaitu 8 minggu ddengan ujian lima kali pertahun.

Gaya dosen yang menyampaikannya dengan unik membuat program kuliah online ini diminati banyak mahasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

5. Program Kuliah Online Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung kuliah online

Selain Universitas Indonesia, Universitas lain yang sudah mulai menerapkan program kuliah online ini adalah Institut Teknologi Bandung atau dikenal dengan ITB.

Sesuai dengan namanya yang lebih menyajikan pembelajaran berbasis teknologi ini, ITB pun akhirnya membuka program kuliah online agar anak-anak muda di seluruh Indonesia bahkan dunia bisa mendapatkan pengajaran di universitas yang bergengsi tersebut.

Lulusan dari ITB sendiri sudah banyak melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang mampu membangun bangsanya.

Bagi Anda yang akan mengikuti kuliah online bisa dengan mengakses website tersebut dan nantinya akan mendapatkan ruang online yang terdiri dari kegiatan pembelajaran, kuis online, wadah repositori, dan interaksi belajar sinkronus dan asinkronus.

Selain itu ITB pun menyajikan sebuha studio E-Learning sebagai sarana untuk bisa mengembangkan multimedia yang bermanfaat untuk perkuliahan online jangka panjang.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai program kuliah online yang ada di beberapa universitas ternama di dunia maupun Indonesia. Semoga dengan adanya program tersebut anak-anak bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan bermanfaat untuk masa depan. Semoga bermanfaat!