Karier

Profesi untuk Lulusan SMA/SMK yang Bikin Kamu Sukses

Bagi kamu lulusan SMA/SMK dan ingin langsung bekerja setelah sekolah, kamu tidak perlu minder dengan orang-orang yang sudah lulus S1. Sebab kamu juga bisa sukses meskipun baru lulusan SMA/SMK. Yang penting kamu disiplin dan bisa menyesuaikan diri saat kerja.

Tidak sedikit lulusan SMA/SMK yang mampu bersaing dengan lulusan S1. Dengan keuletan yang kamu miliki, kamu bisa membantu perekonomian orang tuamu. Bahkan jika kamu bercita-cita untuk berkuliah, kamu juga tidak perlu minta sama orang tuamu untuk biayanya.

Tidak usah khawatir dan takut kalau tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMA/SMK. Karena masih banyak pekerjaan yang kualifikasinya untuk lulusan SMA/SMK. Dan berikut ini 8 profesi untuk lulusan SMA/SMK yang bikin kamu sukses di dunia kerja.

1. Bisnis Online

Tidak ada kualifikasi khusus untuk orang yang ingin berbisnis online. Kamu hanya butuh ponsel dan kuota. Serta membagikan daganganmu di market place atau sosial media. Jika serius dengan pekerjaan ini, bisnis online juga bisa memberikan keuntungan yang besar.

Bisnis online

Dengan bisnis online kamu bisa belajar segala hal. Seperti menganalisa pasar, menentukan harga jual, dan mendapatkan banyak jaringan tentunya. Bahkan, jika bisnismu sudah besar kamu bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain.

Misalnya sebagai admin, packing barang, ataupun asisten pribadi untuk membalas pesan-pesan pertanyaan dari customer yang masuk. Sehingga pekerjaan kamu bisa lebih mudah dan pelanggan tidak kecewa dengan pelayanan tokomu.

Saat bisnis online di media sosial sudah mulai besar. Jangan merasa cukup hanya dengan promosi di media sosial. Cobalah membuat website khusus sehingga orang yang ingin belanja bisa lebih mudah.

Ingat, jangan terpaku bisnis online pada jualan saja. Bisnis online juga memiliki banyak jenisnya. Selain jualan barang, kamu juga bisa bisnis online berupa jasa. Misalnya kamu punya keahlian mengetik cepat. Maka kamu bisa menyediakan jasa pengetikan.

Contoh lain bisnis online untuk lulusan SMA/SMK juga bisa menjadi content creator di Youtube. Dengan membuat video Youtube yang bermanfaat dan menarik. Jika videomu banyak yang menonton, Youtube akan memberikan bayaran fantastis tiap bulannya.

Bahkan kamu bisa menjadi selebgram yang nantinya bisa di endorse dan dibayar oleh pemilik usaha untuk promosi produk mereka. Yang penting followers Instagram kamu banyak.

2. Mengajar Bimbel

Profesi untuk lulusan SMA/SMK yang bikin kamu sukses selanjutnya adalah mengajar bimbel. Mengajar bimbel tentunya butuh keahlian dalam satu mata pelajaran. Kalau kamu percaya diri dengan hal itu, maka kamu bisa mengajar bimbel adik-adik kelas kamu.

Membuka jasa bimbel

Kamu bisa mengajar anak SD, SMP, dan SMA di rumah dengan tarif yang terjangkau. Mengajar bimbel merupakan pekerjaan fleksibel. Sambil mengajar, kamu bisa memiliki banyak waktu luang untuk mengembangkan diri.

Dengan mengajar bimbel, secara tidak langsung wawasan kamu juga bisa menjadi lebih luas. Dan perlu diingat, pekerjaan ini mengharuskan kamu bersikap sabar, tegas dan bisa memberikan solusi mudah agar murid-muridmu bisa paham materi yang kamu berikan.

Apalagi jika kamu salah satu anak yang berprestasi di sekolah, teman-teman dan adik kelas pasti akan percaya dan mau belajar bersama kamu. Jika pekerjaan ini kamu tekuni, siapa tahu nantinya kamu bisa mendirikan bimbel yang lebih besar dan merekrut pekerja dari luar.

3. Operator Produksi

Operator produksi dalam sebuah perusahaan juga biasanya membuka lowongan pekerjaan dengan kualifikasi lulusan SMA/SMK. Lowongan ini banyak sekali dibutuhkan di setiap perusahaan.

Operator Produksi

Mengingat industri tengah berkembang di Indonesia membutuhkan tenaga kerja untuk proses produksi.

Tugas operator produksi adalah mengoperasikan mesin atau alat yang digunakan untuk proses produksi, membuat laporan, menjaga lingkungan kerja, dan bekerja sesuai target yang ditentukan.

Memang pekerjaan seperti ini sangat melelahkan, tetapi biasanya gaji yang diberikan juga setimpal dengan pekerjaannya. Dan bisa bikin tabungan kamu lebih cepat terkumpul.

Untuk bekerja menjadi operator produksi kamu harus punya fisik yang kuat. Karena terkadang kamu harus berdiri berjam-jam, selama jam kerja berlangsung. Ketelitian juga sangat dibutuhkan untuk pekerjaan ini agar tidak terjdi kecelakaan selama kerja.

4. Anak Buah Kapal (ABK)

Untuk kamu yang suka bertualang dan bisa jauh dari orang tua, kamu harus mencoba menjadi ABK. Profesi ini juga untuk lulusan SMA/SMK dan memberikan gaji yang cukup tinggi.

Anak Buah Kapal (ABK)

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk bepergian ke luar kota, bahkan luar negeri. Tentu sangat cocok untuk jiwa petualang. Banyak pengalaman menarik yang bisa kamu dapatkan selama bepergian.Yang harus dipersiapkan untuk menjadi ABK salah satunya mental yang kuat.

Jika mengambil pekerjaan ini bisa dipastikan kamu akan jarang pulang. Tetapi gajinya memang cukup besar, sehingga jika kamu berniat menabung untuk membeli sesuatu, uangmu bisa cepat terkumpul. Kamu juga bisa membantu ekonomi orang tuamu di kampung.

5. Input Data

Profesi untuk lulusan SMA/SMK yang bikin kamu sukses selanjutnya adalah input data. Menjadi penginput data pekerjaannya sangat sederhana, karena kamu hanya harus menginput data ke dalam sistem perusahaan.

Input Data

Pekerjaan ini meskipun terlihat mudah tetapi butuh ketelitian dan kesabaran. Karena kesalahan kecil yang kamu buat bisa berdampak besar pada data lain.

Input data ini merupakan pekerjaan yang bersifat administratif. Dan biasanya ada di berbagai bidang pekerjaan. Tetapi umumnya dibutuhkan untuk layanan keuangan, ritel, transportasi dan kesehatan.

Penginput data biasanya memang bisa dikerjakan di kantor, tetapi ada juga yang membolehkan kerja remote atau freelance.

Kemampuan yang harus kamu miliki untuk menjadi penginput data diantaranya adalah Teknik Komputer Informatika (TIK). Untuk kamu yang sekolah di SMK dengan jurusan tersebut, dipastikan kamu bisa bekerja di bidang ini.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengetik dengan cepat dan mengetahui dasar perangkat lunak. Jika kamu menekuni pekerjaan ini, bukan tidak mungkin nantinya kamu bisa mudah mengerjakan pekerjaan administrasi lain.

6. Customer Service

Lowongan customer service biasanya membutuhkan kualitifkasi pekerja mulai dari SMA/SMK. Ini bisa jadi peluang buat kamu untuk bekerja setelah lulus sekolah. Dan customer service ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati.

Customer Service

Customer service ini memiliki tugas untuk menangani berbagai keluhan dari konsumen perusahaan yang bersangkutan. Pekerjaan ini membutuhkan kesabaran yang ekstra, dan harus fokus serta berpengetahuan luas.

Tugas customer service tidak hanya mengangkat telepon, di perusahaan yang bergerak dalam bidang online, kamu juga diharuskan menjawab chat dari website. Bahkan, di beberapa perusahaan customer service diharuskan menerima tamu dan berada di posisi frontliner.

Sehingga saat ada tamu yang datang, harus bertemu dengan Customer service. Sehingga customer service dituntut untuk ramah, sopan, rapi, dan faham tentang perusahaannya tempatnya bekerja. Baik produk, layanan, serta fasilitas yang ada.

Yuk baca artikel lainya, 7 Tips Tetap Produktif Setelah Terkena PHK.

Untuk menjadi customer service, skill yang harus kamu miliki adalah respon yang cepat, komunikasi yang baik, menguasai produk, mampu meyakinkan pelanggan, tidak mengumbar janji, sabar dan tidak mudah marah, serta mau menerima komplain.

7. Sektor Tambang dan Perminyakan

Pekerjaan selanjutnya yang membutuhkan kualifikasi SMA/SMK aalah bekerja di sektor pertambangan dan perminyakan. Di sektor ini banyak sekali posisi yang dibutuhkan untuk tamatan SMA/SMK.

Sektor Tambang dan Perminyakan

Sebelum bekerja di lapangan, biasanya kamu harus melalui proses training. Skill khusus akan diberikan saat training.

Meskipun training, kamu tetap akan mendapatkan gaji yang cukup besar.Tetapi kamu jangan heran, karena gaji besar ini juga memiliki resiko yang tinggi. Sehingga kamu harus teliti dan patuh terhadap segala prosuder yang diberikan.

Baca juga; Tips Menabung untuk Karyawan dengan Gaji di Bawah 5 Juta.

Banyak pekerja kasar tambang memperoleh gaji lebih besar dari 7 juta rupiah per bulannya. Sehingga meskipun lulusan SMA/SMK, kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dari lulusan S1 jika bekerja di sektor ini.

8. Driver Taksi atau Ojek Online

Keberadaan taksi online ataupun ojek online semakin meningkat di zaman ini. Sehingga para pekerja ojek pangkalan pun harus tersingkir dengan adanya pekerja ojek online, dan mereka pun pada akhirnya mau tidak mau beralih menjadi ojek online.

Driver Taksi atau Ojek Online

Di Indonesia taksi online ataupun ojek online dikuasai oleh dua perusahaan besar, yaitu Grab dan Gojek. Kamu bisa pilih salah satu dari dua perusahaan tersebut.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi supir atau ojek online hanya smartphone dan motor atau mobil. Meskipun sudah ada aplikasi map, setidaknya kamu juga harus tahu jalan. Atau kamu akan sering nyasar dan membuat pelanggan kecewa.

Pendapatan yang bisa didapatkan oleh ojek online atau taksi online cukup besar. Jika rajin, perharinya kamu bisa mendapatkan uang Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000. Jika tidak pernah absen, sebulan penghasilan yang bisa kamu dapatkan bisa mencapat Rp. 6 juta.

Apalagi jika kamu tinggal di kawasan wisata seperti Bali. Keuntungan yang bisa kamu raup dalam sehari bisa lebih dari itu. Bahkan ketika hari libur, di tempat wisata bisa menghasilkan keuntungak Rp. 1 juta dalam sehari.

Tentu saja harus siap fisik, karena mendapatkan keuntungan sebesar itu, artinya kamu harus bekerja ekstra. Selain itu, kamu juga harus bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Agar pelanggan memberikan bintang lima saat mereka menggunakan jasa ojek onlinemu, kamu harus memberikan pelayanan yang baik. Mulai dari hal sepele seperti aroma tubuh kamu. Pelanggan akan merasa risih jika tubuh kamu beraroma tidak sedap.

Sehingga, lebih baik kamu selalu mengecek aroma tubuhmu dan menggunakan minyak wangi ketika mengantar pelanggan.

Selain itu, kamu juga harus ramah kepada pelanggan. Dengan mengajak mereka ngobrol saat di jalan, mereka tidak akan merasa bosan saat menggunakan jasamu.

Tetapi, pastikan kamu juga tahu kondisi, jika mereka tidak terlalu merespon setiap perkataanmu, barangkali mereka sedang tidak ingin banyak bicara. Dan waktunya kamu berhenti berbicara dan membiarkan pelangganmu untuk menikmati waktunya.

Baca artikel lainya, Mau Sukses Berkarier? Sadari Dan Perbaiki 7 Hambatan Ini.

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi taksi dan ojek online. Kamu hanya harus punya surat-surat kendaraan yang masih aktif, KTP, dan yang lainnya. Jika ditekuni dengan baik, profesi ini juga bisa bikin kamu sukses.

Penutup

Itulah 8 profesi untuk lulusan SMA/SMK yang bikin kamu sukses. Jika kamu sudah lulus dan tidak ada rencana untuk kuliah, cobalah melamar pada bidang-bidang yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat, dan kamu bisa segera bekerja.

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

4 bulan ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

5 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

5 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

5 bulan ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

7 bulan ago