Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung jawab yang diemban pun pastilah setara. Jika Anda saat berniat untuk menduduki posisi tersebut, Pastikan untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

GM atau General Manager merupakan jabatan penting dalam sebuah perusahaan. General manager juga bisa disebut sebagai direktur utama. Salah satu tugasnya adalah memimpin jalannya operasional perusahaan, termasuk juga koordinasi dengan pegawai.

Jabatan seorang general manager secara struktural lebih rendah posisinya dari seorang CEO ataupun President Director. General manager biasanya melakukan analisa evaluasi kinerja pegawai. Evaluasi tersebut nantinya akan didiskusikan kembali dengan para petinggi perusahaan guna menemukan solusi yang tepat.

Seorang general manager harus memiliki kepribadian yang cerdas inovatif, berkharisma, dan kemampuan mumpuni untuk mengkoordinir seluruh tim. Lebih lengkapnya berikut adalah pengertian, tugas, job deskripsi, gaji dan syarat general manager.

1. Pengertian General Manager

General manager merupakan pejabat tertinggi dari sebuah perusahaan. Posisi general manager masih lebih rendah daripada CEO (Chief Executive Officer). Ia juga memiliki tanggungjawab untuk seluruh bagian atau fungsional perusahaan maupun organisasi.

General manager menaungi beberapa manajemen. Diantaranya adalah manager marketing, manager keuangan, dan yang lainnya di sebuah perusahaan. Kinerja dari manager-manager tersebut nantinya akan di review dan dievaluasi oleh general manager.

General manager bisa dikatakan sebagai atasan dari manager-manager setiap divisi di perusahaan. Sehingga tugas dari general manager ini sangatlah berat dan memang banyak.

Posisi general manager berada di bawah presiden direktur perusahaan. Ia harus bisa menjebatani antara divisi dan atasannya. Sehingga banyak skill yang harus dimiliki oleh general manager.

2. Tugas dan Job Description General Manager

Menjadi seorang general manager bertanggungjawab penuh atas semua atau sebagian operasional departemen perusahaan. Termasuk pendapatan dan mengendalikan biaya. Tanggung jawab seorang general manager di antara perusahaan kerapkali berbeda, tergantung pada struktur organisasinya.

Peran general manager sangat urgen, untuk lebih lengkapnya berikut adalah job desc dari general manager.

  • Pertama, general manager memiliki wewenang untuk mengatur dan memimpin jalannya operasional di kantor. Ia juga harus bekerja sejalan dengan visi dan misi perusahaan tempat ia bekerja.
  • Selain HRD, general manager juga memiliki tugas untuk merekrut, melatih, dan membina manager tingkat yang lebih rendah.
  • General manager juga harus memberikan arahan khusus kepada setiap kepala departemen. Pengaruh positif juga harus diberikan oleh seorang general manager kepada para karyawan di kantor.
  • Sebagai general manager, Anda harus hadir pada setiap pertemuan dan seminar perusahaan. Termasuk juga menghadiri berbagai kegiatan konferensi.
  • Job description general manager juga adalah membuat SOP (Standar Operasional Perusahaan) yang merupakan elemen penting bagi perusahaan dan karyawan.
  • General manager berutgas membuat kebijakan perusahaan demi menigkatkan reputasi dan kemajuan perusahaan.
  • Pengelolaan staf, pengawasan anggaran, penetapan strategi pemasaran, dan banyak aspek bisnis lainnya juga merupakan job desc dari general manager.
  • General manager juga harus mampu membangun citra perusahaan, baik dari segi internal maupun eksternal.
  • Manager umum juga harus melaporkan segala pekerjaan kepada atasannya dan mengawasi manager tingkat di bawahnya.
  • Job desc selanjutnya adalah bisa meningkatkan efisiensi dan meningkatkan laba perusahaan.
  • Memberikan intensif bagi pekerja dan menilai efesiensi departemen sambil menawarkan rencana untuk bisnis, juga merupakan job desc dari seorang general manager.
  • Memastikan setiap departemen melakukan strategi perusahaan dengan efektif dan optimal.
  • Memutuskan dan membuat kebijakan untuk kemajuan perusahaan.
  • Membuat keputusan penting dalam hal investasi, integrasi, aliansi dan investasi.
  • Merencanakan dan mengeksekusi rencana strategis perusahaan jangka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan perusahaan.

3. Gaji General Manager

Jika Anda memiliki kualifikasi yang mumpuni untuk menjadi general manager, Anda berhak mendapatkan gaji yang lumayan besar. Gaji rata-rata seorang general manager adalah 5 juta perbulannya. Tetapi, gaji general manager juga tergantung dari tempat ia bekerja.

Namun, semakin lama gaji general manager bisa lebih tinggi lagi. Bahkan, jika di perusahaan-perusahaan yang besar, gaji seorang general manager bisa mencapai Rp. 75 juta hingga Rp. 100 juta.

Gaji general manager memang sangat menggiurkan, namun hal itu seimbang dengan beban tugas yang diberikan oleh perusahaan kepada Anda. Syarat yang harus ditempuh untuk menjadi seorang general manager juga tidak mudah. Berikut adalah syarat-syarat menjadi seorang general manager.

4. Syarat untuk Menjadi General Manager

Jika Anda memiliki target untuk menjadi seorang general manager di perusahan, setidaknya ada beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mencapainya.

Posisi general manager dan gajinya memang menggiurkan, tetapi kualifikasi dan syaratnya juga tidak mudah. Anda harus menjadi seorang yang berfikiran visioner, lebih cerdas dan bisa memberikan solusi bagi bawahan. Serta memiliki perencanaan yang strategis. Dan berikut adalah syarat dan kriteria yang harus dimiliki seorang general manager.

General manager setidaknya harus menempuh minimal pendidikan lulusan S1 atau S2 sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan.
Pendidikan menjadi syarat yang sangat penting, karena memiliki jabatan tinggi harus dibarengi dengan pendidikan yang juga mumpuni.

General manager juga harus memiliki banyak pengalaman dalam bidang managemen bisnis. Karena sebuah perusahaan adalah dunia yang berkecimpung dalam bidang bisnis. Selain itu, ia juga harus pandai dalam perencanaan, dan pengawasan bidang keuangan.

Karena general manager akan menaungi bawahan-bawahannya di perusahaan, ia harus terampil dalam hal presentasi.
Guna memberikan pengaruh yang signifikan kepada audiens. Selain itu, general manager juga harus memiliki analisis yang baik agar bisa memberikan solusi dan memecahkan masalah dengan memuaskan.

Karena general manager akan menjadi panutan bagi karyawan-karyawan bawahannya, ia harus mampu menjadi panutan, bisa memotivasi, menjadi problem solver bagi karyawannya. Sebab segala permasalahan yang ada di kantor menjadi tanggung jawab dari general manager.

Selanjutnya syarat untuk menjadi general manager adalah mampu memantau bawahannya secara langsung maupun tidak langsung. Ia harus tahu apa yang dilakukan oleh karyawannya terkait segala pekerjaan.

Hal yang paling utama harus dimiliki seorang general manager adalah mamiliki sikap kempimpinan yang baik, bijaksana dan adil.
Hal tersebut harus diterapkan, agar setiap karyawan bisa menghormati dan mendapatkan hak mereka. Sehingga, Anda bisa menjadi panutan bagi karyawan di perusahaan.

Kemmapuan untuk mengambil keputusan dengan tepat dan mempertimbangkan sebuah keputusan juga harus dimiliki oleh seorang general manager.

Seorang general menager akan dituntut untuk mengerjakan sebuah pekerjaan dengan tepat dan cepat. Sehingga general manager harus memiliki keahlian dalam berfikir cepat dan mengambil keputusan dengan baik.

Ketika ada permasalahan yang ditanyakan oleh karyawan, atau problem lain yang dialami perusahaan, seorang general manager harus memberikan solusi yang terbaik. Seorang yang solutif adalah syarat yang harus dimiliki seorang general manager.

Syarat-syarat tersebutlah yang bisa membuat Anda menjadi seorang general manager. Dari syarat-syarat di atas, ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh general manager. Skill tersebut antara lain :

1. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang general manager akan banyak berpartisipasi dalam seminar dan pertemuan. Selain itu, ia adalah jembatan antara pemimpin dan karyawan, sehingga skill komunikasi harus benar-benar dimiliki. Agar pesan bisa diterima dengan baik, baik oleh karyawan maupun atasan.

Komunikasi yang berjalan dengan baik akan membuat jalannya perusahaan menjadi lancar. Selain itu, komunikasi yang baik juga bisa meminimalisir terjadinya kesalah fahaman dalam komunikasi.

Komunikasi adalah dasar dari kemampuan seorang pemimpin. Sehingga untuk menjadi general manager kemampuan ini harus benar-benar dilatih sejak saat Anda menjadi karyawan. Agar ketika Anda ditunjuk menjadi general manager, Anda sudah siap menerapkannya.

Baca yuk, Mau Sukses Berkarier? Sadari Dan Perbaiki 7 Hambatan Ini

2. Kemampuan Presentasi

Selanjutnya skill yang harus dimiliki oleh seorang general manager adalah skill presentasi. Skill ini sangat penting, karena general manager akan banyak melakukan presentasi untuk setiap evaluasi masalah yang terjadi di perusahaan. Sehingga skill presentasi harus benar-benar dikuasai.

Penyampaian presentasi seorang general manager haruslah jelas dan detail. Yang terpenting haruslah runut dan bisa diterima dengan jelas oleh audiens. Skill ini berjalan beriringan dengan kemampuan komunikasi yang harus dimiliki general manager.

Kemampuan presentasi juga harus diimbangi dengan kemampuan dalam bidang teknologi. Seperti misalnya perangkat yang digunakan saat presentasi, yang akan membuat audiens lebih memahami dan takjub dengan haris presentasi Anda.

3. Mahir Mengoperasikan Komputer

Akrab dengan teknologi memang merupakan skill yang tidak boleh kelewatan di zaman sekarang. Apalagi seorang general manager yang memiliki bawahan, dimana mereka akan mencontoh seorang general manager. Sehingga kemampuan ini adalah kemapuan inti yang harus dikuasai.

Menjadi seorang general manager haruslah mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman. Untuk itulah general manager harus mahir teknologi terkini dan up-to-date. Karena dengan kemampuan ini Anda tidak akan ketinggalan zaman.

Kemampuan untuk mengoperasikan komputer seorang general manager harus melebihi karyawannya. Agar saat karyawan memiliki kemampuan dalam satu teknologi, general manager harus bisa memahami lebih jauh lagi tentang teknologi tersebut.

4. Memiliki Pengalaman

Pengalaman adalah hal yang paling dibutuhkan saat akan menjadi general manager. Karena seorang karyawan biasa tidak bisa tiba-tiba menduduki jabatan menjadi general manager. Menjadi general manager butuh jam terbang yang sudah tinggi.

Pengalaman yang harus dikuasai diantaranya adalah pengalaman menjadi bawahan, dan menjadi manager dari divisi. Sehingga tahu betul apa yang dibutuhkan oleh kepala divisi kepada bawahannya dan kepada atasannya.

5. Monitoring dan Skill Managemen

General manager memiliki hak untuk memonitoring perusahaan. Kegiatan ini sangat berdampak pada jalannya perusahaan. Memang dalam sebuah perusahaan ada divisi yang bertugas menjalankan monitorin, tetapi general manager juga harus mengamati kondisi lapangan secara langsung.

Sehingga skill managemen adalah hal wajib yang harus dimiliki general manager. Sebab tanggung jawab atas pengelolaan perusahaan sangat besar. Maka dibutukhan kemampuan managermen yang mumpuni.

6. Optimis

General manager memiliki tugas dan kewajiban untuk memotivasi karyawannya. Sehingga ia harus memiliki sikap optimis dalam kesehariannya. Hal ini akan mempengaruhinya saat bekerja dan berinteraksi dengan karyawan.

Sikap optimis dapat membuat karyawan lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga produktifitas karyawan saat bekerja bisa lebih tinggi, hal ini akan membuat perusahaan semakin maju.

Menjadi seorang general manager memiliki peran penting dalam perusahaan. Tanggung jawab atas segala keputusan sangat mempengaruhi jalannya perusahaan.

Baca yuk, Begini Cara Memperlakukan Atasan Agar Disukai di Tempat Kerja

Pastikan, sebelum Anda memutuskan menerima jabatan menjadi seorang general manager,harus tahu terlebih dahulu tugas, job description, gaji, dan syarat general manager. Semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat.

Published by
Tohir

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

5 bulan ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

5 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

5 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

5 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal…

8 bulan ago