Karier

Inilah 4 Pekerjaan Bidang Keuangan yang Paling Diminati Milenial

Bukan hanya bidang kreatif atau wirausaha saja yang diminati para milenial. Bidang keuangan pun cukup banyak diminati oleh mereka. Apa sajakah itu? Inilah dia ulasan pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial. Semoga menginspirasi!

Semua perusahaan butuh pengelola keuangan. Baik perusahaan rintisan ataupun perusahaan profesional, pasti membutuh pekerja yang mampu menekuni bidang ini. Karena Itulah kenapa bidang keuangan menjadi salah satu bidang yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Bagi para milenial yang memiliki bakat atau ketertarikan di bidang ini pun bisa merintis karir dengan gemilang. Bidang keuangan pun tidak terbatas pada profesi sebagai bendahara atau profesi umumnya. Ada sub bidang lain yang ternyata banyak pula diminati oleh para milenial.

Apa sajakah itu? Berikut inilah dia 4 pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial saat ini.

1. Perencana Keuangan

Perencana keuangan adalah mereka yang bekerja sama dengan konsultan keuangan. Perencana keuangan biasanya bekerja secara independen atau mandiri tanpa ada ikatan dengan perusahaan.

Sebenarnya popularitas profesi ini berasal dari tren penguatan kelas menengah di Indonesia. Kelompok ini ingin menikmati produktivitas ekonomi untuk menghadapi berbagai tantangan finansial agar mampu memiliki keuangan sejahtera.

Karena, dengan pendapatan yang besar dibutuhkan pula pengelolaan yang tepat agar keuangan bisa bermanfaat secara optimal.

Jasa bidang keuangan yang satu ini juga banyak digunakan kalangan profesional muda yang ingin mengatur keuangan pribadinya. Karena dengan memiliki perencanaan keuangan, kesejahteraan hidup di masa mendatang bisa lebih teratur.

Perencana keuangan biasanya memberikan edukasi dan saran, saran yang diberikan juga berdasarkan profil risiko para kliennya. Perencana keuangan sebenarnya dibutuhkan oleh setiap orang supaya mampu mewujudkan kondisi finansial yang diharapkan.

Di awal masa pernikahan, perencana keuangan juga dibutuhkan. Karena tidak setiap orang tahu cara mengelola keuangan di masa pernikahan. Pemasukan yang didapatkan harus diatur sedemikian rupa, baik kecil ataupun besar. Sehingga kesejahteraan keuangan bisa segera didapatkan.

Kehadiran perencana keuangan sangat membantu, agar bisa menetapkan tujuan-tujuan finansial yang hendak dicapai. Pengelola keuangan juga bisa membebaskan Anda dari hutang, dengan arus pendapatan dari investasi yang dilakukan.

Kredit rumah bisa lunas dan juga finansial yang selalu terproteksi hingga masa pensiun jika menggunakan jasa pengelola keuangan. Itulah kenapa bidang ini merupakan pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial.

Perencana keuangan tidak hanya membantu membenahi arus kas seseorang, tetapi juga perencananaan proteksi asuransi ataupun tujuan keuangan jangka pendek.

Bidang keuangan yang menjadi ranah perencana keuangan diantaranya adalah perencanaan hari tua, perencanaan investasi, perencanaan pajak hingga distribusi kekayaan.

Yuk cek ulasan lainya, 7 Tips Tetap Produktif Setelah Terkena PHK

Jika Anda ingin menjadi seorang perencana keuangan, Anda harus memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB).

Ada tiga standar baku yang ditetapkan untuk menjadi perencana keuangan bersertifikasi, yaitu : Standar Kompetensi melalui pendidikan dan ujian, Standar Etika, dan Standar Praktik.

Saat menjalankan jasanya, seorang perencana keuangan umumnya melakukan enam tahap perencanaan keuangan, yaitu :

  1. Menetapkan tujuan keuangan agar perencanaan keuangan bisa sukses dijalankan. Perencana keuangan membantu mengidentifikasi apa saja tujuan keuangan yang ingin dicapai klien.
  2. Mengumpulkan data yang relevan dan memadai dari nasabah. Seperti informasi arus kas bulanan dan tahunan, kepemilikan aset dan kewajiban, profil risiko nasabah, dan data lain yang relevan.
  3. Menganalisis data nasabah yang sudah terkumpul sehingga bisa menentukan kaitan antara kondisi nasabah dengan target yang hendak dicapai.
  4. Mengembangkan suatu rencana untuk mencapai target dengan membuatkan rencana keuangan realistis berdasarkan kondisi keuangan obyektif nasabah dengan tujuan keuangan yang hendak dicapai.
  5. Perencana keuangan bertanggung jawab untuk melihat penerapan rencana keuangan oleh nasabah secara benar.
  6. Terakhir, seorang perencana keuangan juga memiliki tugas untuk memonitor rencana, dengan evaluasi rutin tiap enam bulan atau setahun sekali.

2. Akuntan Publik

Pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial selanjutnya adalah akuntan publik. Akuntan publik merupakan profesi yang memberikan jasa sebagai profesional yang telah memiliki izin negara untuk praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen.

Tugas akuntan publik meliputi analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan lain sebagainya. Secara lebih rinci, berikut adalah tugas-tugas yang dimiliki oleh akuntan publik :

1. Akuntan publik biasanya melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh akuntan perusahaan. Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan sistem akuntansi biaya perusahaan.

Auditor atau akuntan publik diperlukan oleh perusahaan agar bisa memastikan tidak ada penyelewengan atau kesalahan dalam catatan atas laporang keuangan di suatu perusahaan. Itulah kenapa perusahaan biasanya memberikan jenis bukti audit kepada perusahaan jasa akuntan publik.

2. Akuntan publik juga memiliki tugas memberikan jasa perpajakan yang berhubungan dengan pemerintah. Semua perusahaan atau badan usaha resmi harus membayar pajak tahunan agar bisa terus beroperasi dan mendapatkan keuntungan.

Setiap perusahaan haruslah memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku. Dan akuntan publiklah yang bisa membantu perusahaan untuk menekan pajak hingga membayar menjadi seminimum mungkin.

3. Akuntan publik juga memberikan jasa konsultasi manjemen agar pihak tersebut bisa mengambil keputusan terkait penggunaan sumber daya yang terbatas, termasuk identifikasi masalah yang rumit, penetapan tujuan, dan sasaran organisasi.

Pihak manajemen perusahaan bisa mengarahkan dan mengendalikan sumber daya ekonomi dan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi secara efektif dan efisien.

4. Selanjutnya, tugas akuntan publik juga untuk mengoreksi laporan kepemilikan atas sumber daya sesuai dengan sikluas akuntasi organisasi. Hal ini bertujuan agar tidak ada aset illegal atau aset yang tidak diketahui oleh pemerintah.

5. Akuntan publik juga menghadikan informasi kejadian ekonomi penting dan mendasar. Selain itu, ia juga biasanya menyajikan informasi tentang cara perusahaan mengalokasikan sumber-sumber yang serba terbatas seperti modal, tenaga kerja, tana, dan bahan baku untuk mencapai tujuan yang diinginkan pemerintah.

Itulah beberapa diantaranya tugas akuntan publik yang harus Anda tahu. Bidang pekerjaan ini banyak dicari karena memang dibutuhkan oleh setiap orang maupun perusahaan. Sehingga secara finansial dan profesi bisa terjamin.

3. Konsultan Keuangan

Menjadi konsultan keuangan juga merupakan pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial saat ini. Karena menjadi konsultan keuanganbisa bekerja secara pribadi, asalkan Anda memiliki kemampuan konsultasi keuangan yang mumpuni dan tentunya latar belakang pendidikan keuangan yang juga mumpuni.

Selain latar belakang pendidikan di bidang adminsitrasi dan keuangan, sertifikasi pelatihan juga akan menambah nilai jual jika memang serius berkecimpung sebagai konsultan keuangan.

Pengalaman juga merupakan pekerjaan yang butuh banyak pengalaman, sehingga Anda bisa semakin andal saat memberikan solusi kepada klien atas masalah keuangan yang dihadapi.

Selain latar belakang pendidikan, sertifikasi pelatihan, dan pengalaman, seorang konsultan keuangan juga harus mempelajari bisnis. Hal ini adalah poin penting bagi seorang konsultan keuangan. Karena biasanya Anda akan berada di sekitar perusahaan besar yang berhubungan dengan usaha atau bisnis.

Kemampuan untuk menganalisis juga menjadi modal yang harus dimiliki seorang konsultan keuangan. Anda harus memiliki tingkat analisis yang tajam, diimbangi dengan kemampuan bidang akuntansi.

Anda juga harus mumpuni dalam hal komunikasi untuk menjadi seorang konsultan keuangan andal. Karena Anda harus berhadapan dengan klien, jika penyampaian Anda jelek mereka tentu tidak faham dan sulit kembali dipercaya oleh klien.

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik tidak bisa didapatkan secara instan, tetapi jika Anda rajin berlatih dan praktek tentu saja kemampuan komunikasi Anda bisa lebih meningkat.

Saat menyampaikan suatu hal berkenaan materi kepada klien, Anda harus menunjukan sikap yang baik, ramah dan sopan. Cara berkomunikasi dan sikap yang baik selalu beriringan dan mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk klien.

Konsultan keuangan merupakan pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial karena bagi sebagian orang perencanaan keuangan adalah suatu yang menyulitkan. Itulah kenapa peran seorang konsultan keuangan sangat dibutuhkan.

Apalagi sebuah perusahaan yang baru berdiri, atau yang akan dibuat. Biasanya membutuhkan konsultan keuangan untuk mengatur agar posisi keuangan perusahaan dapat dibaca dan dimengerti meskipun mereka tidak begitu mengerti tentang kondisi lapangan.

Pengeluaran sekecil apapun dalam sebuah perusahaan harus ada laporan keuangannya setiap bulan. Hal ini merupakan syarat dari bisnis yang profesional. Dan administrasi yang teratur merupakan modal penting yang akan membuat roda bisnis berjalan dengan lancar.

Yuk baca review lain, Mau Sukses Berkarier? Sadari Dan Perbaiki 7 Hambatan Ini

Jasa konsultan keuangan banyak dibutuhkan hari ini, terutama di masa pandemi dimana pekerja nasibnya tidak menentu akibat banyaknya pemutusan hak kerja yang mendadak dari perusahaan. Sehingga saat masih mendapatkan pemasukan, keuangan harus benar-benar dikelola dengan baik.

Tidak hanya bagi sebuah perusahaan, bagi setiap orang pengelolaan keuangan adalah hal yang sangatlah penting. Karena banyak yang sering terjebak dalam kondisi keuangan yang bermasalah. Seperti misalnya salah berinvestasi, terjerat hutang, gaya hidup konsumtif, dan lain sebagainya.

Jika menggunakan konsultan keuangan, hal tersebut tidak akan terjadi. Sehingga seseorang yang taraf hidupnya masih rendah harus mulai mengelola keuangan dengan baik sedini mungkin. Agar bisa mendapatkan perencanaan keuangan yang lebih baik maka mereka harus menggunakan jasa konsultan keuangan.

4. Spesialis di Fintech

Fintech adalah singkatan dari financial technology. Bidang ini adalah inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial. Fintech juga bisa diartkan sebagai startup yang membantu memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mempertajam, mengubah, dan mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan.

Dengan fintech, semua metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, hingga pengelolaan aset bisa dilakukan secara cepat dan singkat karena teknologi tersebut.

Startup yang bergerak di bidang keuangan sekarang semakin marak. Suasana kerja dinamis, birokrasi yang tidak bertele-tele, ruang kerja artistik, nyaman dan gaji yang lumayan bersar membuatnya disukai banyak milenial. Itulah kenapa pekerjaan di bidang keuangan ini banyak diminati milenial.

Perusahaan rintisan atau startup membutuhkan banyak tenaga ahli yang menguasai bidang keuangan. Sehingga, Anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang keuangan tidak ada salahnya untuk melamar di startup sebagai akuntan, auditor, atau posisi lain yang berhubungan dengan keuangan.

Baca juga, 6 Hal yang Bisa Membuatmu Kena Blacklist Perusahaan

Startup merupakan sebuah perusahaan rintisan, yang mana di dalamnya harus ada perhitungan serta pengelolaan finansial yang tepat. Sehingga startup tidak akan mengalami kebangkrutan.

Penutup

Itu dia 4 bidang pekerjaan bidang keuangan yang paling diminati milenial. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat sehingga bisa menentukan jenis pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan Anda di bidang keuangan.

Published by
Tohir

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

5 bulan ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

5 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

5 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

5 bulan ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

7 bulan ago