Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena itu, hilangkan kebiasaan buruk di bawah ini agar Anda tetap sehat saat bekerja.

Pekerjaan di kantor memang menuntut Anda untuk tetap duduk seharian menghadap komputer. Ternyata, duduk dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan loh. Masalah kesehatan tersebut sangat beragam, sehingga Anda perlu mencegahnya sejak dini sebelum kesehatan semakin buruk.

Masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan bagi Anda yang terbiasa duduk lama adalah stres di punggung, bahu, lengan dan kaki. Hal ini terjadi karena postur statis yang Anda lakukan. Itulah kenapa, sebaiknya menghindari kebiasaan duduk tertentu yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut para ahli, ada beberapa kebiasaan duduk yang dapat menurunkan kesehatan Anda. Nah, berikut akan kami ulas 8 kebiasaan buruk saat duduk yang dapat bahayakan kesehatan pekerja kantoran.

1. Layar Komputer / Monitor Tidak Sejajar Dengan Mata

Posisi mata yang tidak sejajar dengan monitor saat di kantor adalah kesalahan fatal yang bisa menyebabkan kesehatan Anda menurun.
Setidaknya Anda harus mensejajarkan mata dengan titik layar sekitar 5-7 cm di bawah bagian atas monitor. Dengan begitu mata bisa melihat dengan lebih nyaman, leher dan punggung Anda juga tidak akan sakit.

Jarak monitor ke mata juga tidak boleh terlalu dekat, karena mata akan cepat lelah. Aturlah jarak monitor dengan mata dengan jarak aman 50-100 cm.

Selain itu, kecerahan layar monitor juga harus dipertimbangkan. Buatlah layar monitor dengan kecerahan yang tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu gelap.

Sebaiknya gunakan screen protector untuk mengurangi pancaran sinar radiasi dari komputer ke mata Anda. Hal ini bertujuan agar mata Anda tidak cepat lelah saat melihat layar komputer.

Istirahatkanlah mata Anda setiap 1 jam setelah menatap komputer, lakukan selama 5 menit setiap 1 jam tanpa melihat komputer. Tujuannya agar mata Anda tidak mudah iritasi dan lelah. Olahraga mata juga sebaiknya dilakukan saat Anda terlalu banyak menatap layar.

2. Bahu Tidak Bersandar Rata di Kursi

Posisi duduk yang mana bahu tidak disejajarkan dengan kuris adalah kebiasaan berbahaya bagi pekerja kantoran. Anda harus mengindari posisi duduk condong ke depan.

Pekerja kantoran bisa menghindari kebiasaan buruk saat duduk dengan menempelkan paha di dudukan dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi.

Tulang punggung juga dibiarkan sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang, untuk menyangga lekukan tersebut Anda bisa sediakan bantal.

Agar posisi tersebut bisa bertahan dengan lama, Anda bisa memilih kursi khusus yang sudah dirancang khusus dalam bentuk dan posisi anatomi tulang punggung manusia. Sehingga Anda bisa duduk dengan tepat dan nayaman.

Usahakan untuk tidak duduk sampai membungkuk, jika perlu kursi bisa ditarik mendekat meja kerja agar posisi duduk Anda tidak membungkuk. Karena jika posisi duduk terlalu tinggi Anda harus sedikit membungkuk dan bisa menyebabkan mudah pegal dan lelah.
Resiko mudah lelah dan pegal juga bisa dihindari dengan memilih kursi dan cara duduk yang benar.

3. Kaki Tidak Diistirahatkan di Lantai

Meletakan kaki di lantai adalah kebiasaan yang sehat. Apalagi jika Anda menggunakan sepatu hak tinggi, melepas sepatu sambil bekerja tidaklah salah. Anda bisa mengistirahatkan kaki yang pegal di lantai dan bisa menggunakan sandaran kaki agar posisi kaki bisa lebih nyaman.

Sebisa mungkin kaki harus mendatar di lantai atau di footrest. Posisi duduk yang ideal juga tidak terlalu rapat atau memberi jarak antara bagian belakang lutut dengan kursi.

Jangan biarkan posisi kaki Anda menggantung atau menjinjit saat duduk. Hal ini bisa menyebabkan struktur tulang dan persendian kaki terganggu. Akibatnya kaki cenderung terasa sakit pada otot maupun sendi.

Sesekali, lakukan peregangan pada kaki dengan cara menaikan kaki dari lantai hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. Ulangi dan lakukan beberapa kali. Dengan cara ini paha pun akan mengencang dan pegal-pegal akan hilang.

4. Kaki Disilangkan Saat Duduk

Saat bekerja posisi yang paling nyaman sambil duduk adalah menyilangkan kaki. Tapi ternyata, menyilangkan kaki saat bekerja adalah kebiasaan berbahaya.

Duduk dengan menyilangkan kaki memang membuat terlihat anggun dan elegan. Tetapi kebiasaan ini dapat bahayakan kesehatan pekerja kantoran. Beberapa gejala kesehatan akan dialami jika terbiasa duduk dengan posisi ini.

Seperti misalnya tekanan darah tinggi. Posisi kaki yang menyilang terutama di daerah lutut bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebanyak 7 persen dan diastolik sebanyak 2 persen.

Hal ini disebabkan karena kaki yang melintang mendorong lebih banyak darah ke jantung. Meskipun menyilangkan kaki bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, tetapi bukan berarti membahayakan kesehatan jantung. Resiko yang ditimbulkan lebih pada penggumpalan darah.

Menyilangkan kaki saat duduk juga bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung. Karena akan menekan lutut bagian bawah, sementara punggung berada dalam posisi bengkok yang mengakibatkan salah satu tulang panggul memutar dan memberikan tekanan pada punggung bawah, tengah, hingga leher.

Jika terus menerus dilakukan, akan terjadi nyeri pada leher dan punggung. Selain itu, bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat duduk menyilang adalah gangguan kestabilan tulang belakang.

Selain itu, duduk menyilang juga bisa menyebabkan beban panggung tidak seimbang karena panggung menahan sebelah beban tubuh. Posisi ini bisa menyebabkan tulang punggung jadi bengkok.

Karena sendi punggung yang tertekan bisa menyebabkan penggumpalan darah di kaki. Sehingga rentan akan pembengkakan pembuluh darah bawah kaki hingga pembekuan darah.

Jika memang sudah terbiasa menyilangkan kaki saat duduk, lebih baik ganti dengan beberapa peregangan setiap kali ada rasa ingin menyilangkan kaki.

5. Tidak Menggunakan Bantal Duduk

Posisi duduk yang baik memang sulit dipertahankan saat bekerja. Tetapi, Anda bisa menggunakan bantal duduk khusus agar bisa membuat posisi duduk lebih seimbang.

Meski terlihat sepele, penggunaan bantal duduk bisa meminimalisir resiko munculnya gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk. Ada beberapa manfaat dari bantal duduk seperti menjaga postur tubuh agar menyokong area panggul saat duduk.

Mempertahankan postur tubuh yang baik tidaklah mudah, dan postur tubuh yang tetap terjaga memiliki manfaat bagi kesehatan. Diantaranya mengurangi resiko nyeri kronis sekaligus meningkatkan fokus dan energi tubuh.

Dan yang tidak kalah penting, postur tubuh bisa membuat Anda lebih menarik dan percaya diri.

Bantal duduk juga bisa mengurangi tekanan pada tulang pinggul, tulang belakang dan tulang ekor. Sehingga aliran darah di panggul, kaki dan punggung bisa mendapatkan cukup oksigen sebagaimana seharusnya.

Jika aliran darah di panggul, kaki, dan punggung serta otot jaringan tidak mendapatkan cukup oksigen, kaki akan mudah kesemutan. Selain itu, posisi duduk yang tidak nyaman juga bisa sebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Penggunaan bantal duduk ini bisa membuat tekanan lebih merata dan membuat sirkulasi darah lebih lancar, sehingga kesehatan jantung bisa terlindungi.

6. Tempat Duduk Tidak Disesuaikan Dengan Kebutuhan Tubuh

Penyesuaian desain kursi kerja memang diharuskan, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh saat menggunakannya. Anda harus bisa menyesuaikan tinggi tempat duduk sesering mungkin.

Pastikan Anda menemukan posisi kursi yang paling nyaman untuk duduk saat bekerja. Peran kantor juga sangat penting dalam memilih kursi kerja untuk pekerja kantornya. Hal ini tidak lain agar pekerja kantor bisa lebih produktif dan nyaman saat bekerja.

Kantor bisa menyediakan tempat duduk yang tinggi rendahnya bisa disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Hal ini bertujuan agar postur tubuh bisa sesuai dan kaki bisa menapak lantai dengan nyaman. Sudut yang paling bagus antara tungkai kaki dan paha dibuat mendekat atau hampir 90 derajat.

Pastikan juga kursi yang disediakan memiliki bantalan empuk sehingga bisa nyaman digunakan untuk duduk berjam-jam sepanjang hari. Bantalan kursi empuk akan mencegah timbulnya sakit pinggang dan tentunya rasa nyaman saat bekerja bisa didapatkan.

Baca juga, 6 Hal yang Bisa Membuatmu Kena Blacklist Perusahaan

Pemilihan kursi berkaki roda juga sangat penting untuk pekerja kantoran. Karena Anda bisa bekerja dengan lebih fleksibel tanpa harus menggeser kursi ke arah tertentu. Mobilitas Anda bisa lebih mudah saat bekerja untuk bergeser dan berpindah tanpa harus sering berdiri dan berjalan.

Pastikan juga untuk menyesuaikan kursi kantor dengan meja kerja, apalagi dalam masalah tingginya. Sehingga pekerja kantor bisa duduk dan berhadapan secara lurus dengan komputer di meja kerja. Hal ini bertujuan agar leher tidak tegang selama bekerja.

7. Tidak Beristirahat Setiap 30 Menit

Kelelahan otot bisa terjadi jika Anda duduk terlalu lama. Duduk dengan posisi yang benar memang agak melelahkan, tetapi posisi tersebut menyehatkan. Adakalanya setelah lama duduk dengan posisi yang benar, Anda akan kembali duduk dalam posisi membungkuk.

Itulah kenapa Anda butuh istirahat tiap 30 menit tiap beberapa jam. Istirahat bisa dilakukan dengan cara jalan-jalan sebentar, kemudian duduk kembali dalam posisi yang benar.

Sering-seringlah istirahat dan melakukan peregangan meskipun hanya sebentar. Hal ini baik bagi kesehatan punggung dan mengurangi ketegangan nyeri otot.

Terlalu lama duduk, terlebih dalam posisi yang salah bisa meningkatkan resiko kaki menjadi kaku dan lemah, sakit punggung dan pinggul, bahu dan leher menjadi kaku, saraf terjepit, obesitas, varises, penyakit jantung, diabetes, hingga depresi.

Selain itu, beberapa penelitian mengungkapkan jika duduk terlalu lama dan jarang berolahraga juga bisa menyebabkan resiko kematian akibat penyakit jantung.

8. Sandaran Tangan Tidak Diatur Ketinggiannya

Saat duduk di kursi, hendaklah meletakan lengang setinggi 75-90 derajat di siku. Posisi seperti ini akan membuat rasa sakit pada punggung dan bahu yang naik bisa dihindari.

Posisikan tangan senyaman mungkin di atas meja. Jangan lupa juga untuk istirahatkan siku dan lengan saat bekerja. Jika perlu, gunakan sandaran lengan untuk membantu mengurangi beban pada bahu dan leher agar tidak mudah pegal dan lelah.

Baca juga, Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Jika Anda ingin mengambil sesuai di samping atau di belakang, daripada memutir punggung sebaiknya putar seluruh tubuh Anda sebagai satu kesatuan.

Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan buruk saat duduk yang dapat bahayakan kesehatan pekerja kantoran. Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan melakukan peregangan setiap kali duduk di kantor untuk bekerja. Agar terhindar dari berbagai cedera dan penyakit yang tidak diingingkan.

Published by
Tohir

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

5 bulan ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

5 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

5 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

5 bulan ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal…

8 bulan ago