Inilah 7 Benda yang Wajib Ada di Meja Kerjamu !

Selain laptop atau komputer, ada benda-benda lain yang wajib ada di atas meja kerjamu.Pastinya memiliki banyak manfaat. Apa sajakah itu? Simak disini ya!

Bagi seorang karyawan, meja kerja adalah segalanya. Sebab, setiap harinya karyawan akan menghabiskan waktunya disana. Karena itulah, selain benda utama yang digunakan untuk bekerja, ada lagi benda-benda wajib lain yang bisa disimpan di atas meja kerjamu.

Biasanya benda wajib yang ada di atas meja kerja itu adalah benda-benda kesayangan atau benda urgent bagi setiap individu. Berikut inilah 7 benda yang wajib ada di meja kerjamu.

Baca juga, 15 Cara Jitu Menata Ruang Kerja Agar Nyaman

1. Botol Air Minum

Pertama, benda yang wajib ada di meja kerjamu adalah botol air minum. Benda ini wajib ada di meja kerja agar kamu tidak lupa untuk minum air putih karena sibuk bekerja seharian. Tidak menyimpan botol minum di meja kerja, bisa menyebabkan produktivitasmu menurun.

Manusia bisa bertahan lama hidup tanpa asupan makanan, tetapi tidak bisa bertahan lama ketika kekurangan cairan. Kekurangan air putih bisa menyebabkan dehidrasi, sakit, dan stres. Awalnya mungkin kamu akan merasa haus berlebihan hingga badan terasa lemas.

Selain itu, kekurangan air putih juga bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Jika seseorang merasa kantuk karena kurang tidur atau belum mendapatkan kafein memang wajar, tetapi berbeda dengan orang yang kekurangan air putih.

Orang yang kekurangan cairan akan merasa sangat mengantuk, tetapi kantuknya tidak bisa hilang dengan tidur sejenak. Sehingga tubuh akan terasa kurang bertenaga dan pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan baik.

Hal lain yang bisa diakibatkan jika tidak menyimpan botol minum di meja kerja dan lupa minum saat sibuk bekerja adalah sulit berkonsentrasi. Sehingga bisa sering lupa apa yang akan dilakukan, atau antara yang diucapkan dan yang difikirkan kurang sinkron.

Menurut penelitian, orang yang mengalami dehidrasi akan lebih sulit berkonsentrasi bahkan pada tugas-tugas yang sederhana. Selain itu, mereka juga akan kesulitan menjaga rentang fokus pada jangka waktu yang singkat sekalipun.

Baca artikel lainya, Hari Senin Datang, 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Maka, mulai sekarang jangan lupa untuk membawa botol air minum dari rumah. Sehingga tidak lupa untuk mengisi cairan tubuh dan produktifitas kerjamu bisa terjaga.

2. Kalender Meja

Benda berikutnya yang wajib ada di meja kerja adalah kalender meja. Benda tersebut sangat penting dan memiliki banyak manfaat untuk karyawan di sebuah perusahaan.

Pastikan, Kalender di meja kerja juga ukurannya lebih ringkas sehingga bisa disimpan dan dipajang agar bisa disimpan dengan rapi. Bahkan, kamu bisa menyimpan kalender meja dengan gambar custom yang bisa membuat kerjamu menjadi lebih bersemangat lagi. Seperti misalnya membuat kalender meja sendiri dengan gambar keluargamu, atau orang yang kamu sayangi.

Kalender meja memiliki banyak manfaat, itulah kenapa benda ini wajib ada di meja kerjamu. Seperti misalnya pengingat rapat kerja atau kontrol lapangan. Dengan kalender meja kamu juga bisa dengan mudah melihat tanggal libur kantor dan cuti.

Apalagi jika tanggal libur sudah dekat, tentu saja seluruh kerjaan yang harus segera dikerjakan karena deadline akan lebih bersemangat untuk diselesaikan. Agar waktu liburan tidak diganggu oleh pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan.

Benda yang wajib ada di meja kerjamu ini juga akan membantumu untuk tidak telat mengerjakan pekerjaan kantor. Apalagi jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang menyangkut kelangsungan perusahaan, tentu saja jabatanmu menjadi taruhannya jika tidak mengerjakan tepat waktu.

Banyak sekali manfaat kalender meja yang bisa kamu gunakan. Terutama jika posisimu adalah sekertaris manager, kalender meja sangat penting untuk menentukan tanggal berapa bosmu ada waktu kosong untuk pertemuan dengan perusahaan lain.

Jika belum ada kalender meja di meja kerjamu, sebaiknya segera beli. Agar tidak ada lagi waktu yang terlewatkan, janji rapat yang terlewatkan, atau janji ketemu klien penting yang harus kamu hadiri.

3. Penghangat Mug Kopi atau Teh

Selanjutnya benda yang wajib ada di meja kerjamu tidak lain adalah penghangat mug kopi atau teh. Saat bekerja tentu saja secangkir kopi yang diseduh akan menjadi dingin karena kita lupa untuk menyeruputnya. Bagi sebagian orang, kopi dingin membuat perut menjadi lebih perih.

Sehingga, beberapa orang ingin kopinya selalu panas sehingga lebih sehat di lambung dan tentunya kopi terasa selalu segar saat diminum. Sehingga konsentrasi untuk bekerja bisa terus menyala.

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang, utamanya bagi para pekerja. Kopi hangat sebelum bekerja dan selama bekerja membuat badan lebih terjaga dan bertenaga. Kopi juga memiliki banyak manfaat saat bekerja, salah satunya meningkatkan konsentrasi.

Konsentrasi tentunya sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Saat bekerja memang terkadang kejenuhan membuat konsentrasi menurun, sehingga secangkir kopi benar-benar bisa menghapus kejenuhan. Apalagi dengan menyeruput kopi hangat.

Selain itu, kopi juga sangat ampuh untuk menjaga kantuk. Deadline pekerjaan di kantor tentu saja membuatmu harus selalu terjaga dan stamina harus tetap on. Salah salah satu penambah stamina dan bisa tetap terjaga adalah dengan meminum kopi atau teh panas.

Untuk itu agar konsentrasimu tetap terjaga dan bisa lebih produktif dalam bekerja, mulai sekarang pastikan untuk membeli penghangat mug kopi dan teh agar kopimu tetap hangat meskipun dibiarkan lama di meja.

4. Makanan Ringan

Sedang asyik bekerja tetapi tiba-tiba lapar diantara jam makan? Pastinya kamu akan mencari camilan untuk ngemil di tengah jam kerja. Untuk itu camilan jadi benda yang wajib ada di meja kerjamu saat di kantor.

Perasaan lapar memang bisa datang tanpa diduga, dan bisa membuat konsentrasi buyar karena perut sudah keroncongan dan tidak bisa ditahan. Apalagi jika waktu istirahat makan masih cukup lama, tentu hal ini bisa sangat menggagumu.

Sehingga camilan adalah makanan yang tepat untuk mengganjal perut yang sudah keroncongan. Tetapi, pastikan untuk menkonsumsi camilan sehat agar camilan tersebut tidak menjadi penyakit bagi tubuhmu.

Ngemil yang tidak sehat, akan memicu lemahnya sistem kerja imun dalam tubuh. Sistem kekebelan tubuh yang turun, bisa menyebabkan tubuhmu rentan kena penyakit lain. Apalagi di masa pandemi ini, dimana kamu harus menjaga sistem imun dengan baik agar tidak terjangkit virus corona.

Ngemil yang tidak sehat juga berpotensi meningkatkan berat badan dengan cepat. Sehingga memilih camilan sehat adalah hal wajib. Camilan sehat adalah camilan yang tidak menyebabkan berat badan naik dengan cepat. Sehingga mengkonsumsi camilan jangan hanya enak, tetapi harus sehat.

Kamu bisa menyiapkan beberapa camilan sehat seperti yoghurt dan buah yang dibawa dari rumah. Yogurt dan buah adalah kombinasi makanan sehat dan mengenyangkan. Jadi bisa menjadi penunda lapar di saat sedang bekerja dan belum waktunya istirahat makan.

Camilan sehat lainnya yang bisa menjadi pengganjal lapar yang sehat adalah kacang segar. Misalnya seperti biji almond yang kandungan kalorinya kurang dari 200. Dan di dalamnya terdapat mineral yang tinggi, serat dan lemak sehat. Tentu ini baik sekali untuk kamu yang sedang belajar hidup sehat.

5. Tisu

Tisu juga merupakan benda yang wajib ada di meja kerjamu. Bagi sebagian orang mungkin benda yang satu ini dianggap tidak terlalu penting, tetapi sebenarnya ini adalah benda yang selalu dibutuhkan.

Kamu tidak pernah tahu kapan kopi yang ada di meja tumpah atau ada sisa bekas kopi di bawah mug yang menempel di meja. Tentu saja hal tersebut bisa mengganggu, apalagi di kantor biasanya kita bekerja dengan tumpukan kertas penting yang tidak boleh kotor.

Meminta tisu kepada rekan kerja memang lebih mudah, tetapi mereka juga akan merasa tidak nyaman jika kamu terus-terusan meminta tisu milik mereka. Jadi mulai sekarang lebih baik sediakan tisu di meja kerjamu agar mejamu tetap bersih dan nyaman.

Kamu bisa membawa tisu yang kecil untuk mengelap keringat atau mengelap camilan yang berceceran di meja. cara ini bisa membuat hidupmu lebih nyaman dan lebih bersih. Tetapi pastikan untuk membuang tisu bekas ke tempat sampah ya.

6. Charger Handphone

Saat mengejar deadline yang harus dikomunikasikan dengan menggunakan ponsel, dan ponsel mendadak mati karena kehabisan baterai tentu saja sangat menyebalkan. Sehingga charger harus menjadi benda yang wajib ada di meja kerjamu agar bisa mengerjakan pekerjaan dengan mudah.

Handpone di zaman sekarang memang menjadi alat komunikasi wajib yang harus selalu dibawa kemanapun. Apalagi untuk pekerja kantoran, yang terkadang tiba-tiba mendapatkan telepon dari atasan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang penting.

Sehingga, handphone harus selalu full baterai. Jangan sampai karena baterai handphone mati kamu dimarahi atasan bahkan diturunkan dari jabatan yang super penting. Maka dari itu, persiapkan meja kerjamu dengan benar, salah satunya dengan selalu menyediakan charger handphone.

7. Buku Catatan

Memulai kerjaan dengan mengecek buku catatan yang berisi deadline yang harus dikerjakan akan membuat hidupmu lebih teratur. Buku catatan sangatlah penting agar kinerjamu di perusahaan bisa menjadi lebih baik dan tidak ada hal yang terlewatkan untuk dikerjakan.

Dengan buku catatan kamu bisa mengingat hal-hal penting yang disampaikan atasan, sehingga tidak ada lagi kesalahan yang terulangi saat mengerjakan pekerjaan kantor. Dengan adanya buku catatan, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Yuk baca juga, 30 Tips Agar Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap

Di dalam buku catatan sebaiknya menuliskan hal-hal penting, seperti deadline, kesalahan yang pernah dilakukan, pesan penting dari atasan, target bekerja dan lain sebagainya. Ini bisa membuatmu lebih produktif. Untuk itu, pastikan untuk selalu menyediakan buku catatan di atas meja kerjamu.

Penutup

Sudah terbayang bukan, 7 benda yang wajib ada di meja kerjamu ? Pastinya, Semua benda ini memiliki manfaat untuk menigkatkan produktivitas kerjamu di kantor.

Sehingga, jika kamu aktif dan produktif bekerja di kantor, kemungkinan besar bos bisa melirikmu untuk menaikan jabatan di kantor.
Karyawan yang produktif dan selalu tepat waktu saat mengerjakan pekerjaan tidak akan disia-siakan oleh perusahaan. Sehingga benda wajib di meja ini adalah salah satu penunjang menjadi karyawan yang sukses di tempat kerja. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Exit mobile version