Ini Dia, Daftar 10 Profesi Freelancer Gaji Jutaan Rupiah Perbulan

Menekuni Profesi freelancer di zaman ini bukanlah sesuatu yang aneh. Bahkan profesi tersebut sudah menjadi trend dikalangan generasi milenial.

Pada awalanya, profesi tersebut banyak ‘’diremehkan’’ mengingat penghasilan yang didapat pun tidak lebih besar dari pekerjaan tetap.

Seiring dengan berjalannya waktu, profesi freelancer pun semakin berkembang dengan baik. Kini, Anda tidak perlu bekerja keras dengan waktu yang cukup lama.

Cukup dengan kerja cerdas untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang sama bahkan melebihi pekerjaan tetap.

Profesi tersebut juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memang tidak menyukai kerja 8 jam di balik meja atau ruangan tertutup.

Penasaran bukan, pekerjaan profesi freelancer mana saja yang bisa dilakoni dengan gaji jutaan rupiah perbulannya ? Ini Dia Ulasannya !

Daftar Profesi Freelancer  dengan Gaji Jutaan Rupiah Perbulan

1. Copywriter                                                                                                

Copywriter

Apakah Anda memiliki hobi menulis? Jika iya, bukan zamannya lagi seseorang yang hobi menulis hanya mengandalkan karya menjadi buku fiksi dan non fiksi yang dijual di toko buku.

Sejatinya, ketika seseorang hobi menulis, pada zaman ini ada banyak peluang untuk bisa mengembangkan hobi tersebut.

Salah satunya, Anda bisa mengeluti ranah lain dengan menjadi seorang copywriter yang saat ini sedang populer.

Copywriter sendiri adalah sebuah profesi menulis teks yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki klien atau perusahaan.

Intinya, seorang copywriter harus bisa menuliskan iklan dengan cara yang soft dan sesuai ‘’kaidah-kaidah’’ copy writer itu sendiri.

Kabar baiknya, profesi tersebut bisa dilakoni dengan lepas alias freelancer. Walaupun terkesan mudah, seorang penulis copywriter ini harus bisa menuliskan promosi produknya sesuai keinginan perusahaan dan tentu saja tertarget.

Karena itulah, seorang copy writer bisa digaji sebesar 3 juta per bulan untuk seseorang yang baru memulai profesi tersebut. serta 6 juta rupiah untuk seorang copy writer yang sudah senior.

Bagaimana, Anda siap untuk menjadi seorang copywriter? Segeralah untuk mempromosikan keahlian tersebut lewat sosial media atau melalui jaringan pertemanan yang dimiliki.

2. Dubber atau Pengisi Suara

Profesi freelancer berikutnya yang bisa Anda pilih adalah menjadi dubber atau   pengisi suara.

Bagi Anda yang memiliki suara unik berbeda dari yang lain jangan berkecil terlebih dahulu.

Justru, dengan apa yang dimiliki, Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang berharga, bermanfaat, dan juga bernilai.

Suara unik tersebut bisa dilakoni untuk mengisi suara berbagai karakter dalam film, iklan, game, produk perusahaan, film animasi, dan lain sebagainya.

Tanpa pengisi suara, semua produk-produk di atas tidak akan laku dipasaran karena terkadang pengisi suara tersebut memiliki andil dalam kesuksesan produk-produk yang ditampilkan.

Karena itu, tidak heran bila profesi freelancer sebagai pengisi suara tersebut dihargai dengan cukup fantastis kepada orang yang melakoninya.

Walaupun begitu, perusahaan yang menggunakan jasa pengisi suara tersebut tidaklah sembarang orang.

Suara mereka dipilih berdasarkan karakter dan kebutuhan dari perusahaan yang menginginkannya.

Semakin menarik suaranya serta semakin tinggi jam terbangnya tentu bisa digaji lebih tinggi pula.

Para pengisi suara atau dubber ini digaji minimal Rp 734.000 per jam. Jika ada banyak job yang dilakukan tentunya bisa mencapai angka yang cukup fantastis, bukan?

Jika Anda memiliki suara dengan kriteria yang cukup unik, dan tidak ingin bekerja format di kantoran, boleh untuk mencoba menjadi pengisi suara.

3. Pakar Layanan Hukum

Pakar Layanan Hukum

Profesi freelancer selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjadi pakar layanan hukum.

Sesuai dengan pekerjaannya, orang yang bisa bergelut dalam profesi ini adalah seseorang yang memang mengerti dalam hukum dan memiliki ijazah resmi dalam bidang hukum.

Seperti yang diketahui bersama, hukum bukanlah perkara yang mudah di atasi, perlu orang-orang ahli yang sudah expert melakoninya.

Oleh karena itu, seseorang yang menggeluti ini pekerjaan paruh waktu atau freelancer tersebut dibayar sebesar Rp 1,6 juta per jam.

Biasanya profesi tersebut diperlukan dalam perusahaan, karena mereka memerlukan jasa para pakar layanan hukum untuk keamanan perusahaan, legalitas, dan juga tentang hak cipta produk yang dikeluarkan perusahaan tersebut.

Tentunya, agar semakin ahli menekuni profesi tersebut, Anda harus mengikuti trend masa kini agar bisa menyesuaikan dengan yang terjadi hari ini terutama kebijakan yang dilakukan pemerintah.

Dengan begitu, keahlian Anda semakin menanjak dan bisa membantu orang lain dengan kemampuan yang dimiliki terutama dalam bidang hukum.

4. Cyber Security

Seperti yang diketahui bersama, teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat. Sehingga beberapa sektor industry membutuhkan bidang tersebut untuk keamanan perusahaan atau sektor itu sendiri.

Teknologi informasi pun mulai digalakan di tingkat universitas karena memang peluang pekerjaan dalam bidang tersebut cukup menjanjikan.

Karena itulah, profesi cyber security mulai dilirik oleh berbagai perusahaan dan juga instansi.

Tugas utama seorang cyber security adalah mengamankan platform yang dimiliki perusahaan atau instansi tersebut.

Selain belum ada persaingan yang cukup tinggi, ada beberapa bidang yang bisa Anda pilih yang masih terkat dengan teknologi informasi tersebut, meliputi:

  • Security architect
  • Analyst
  • Auditor
  • Konsultan security
  • Chief information security officer
  • Security Engineer, dll.

 Adapun gaji yang diberikan untuk para pelaku teknologi informasi adalah Rp 750,000/ per jam.

Tunggu apalagi, bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut bisa segera mencari klien atau perusahaan yang memerlukan jasa tersebut.

5. Rekrutmen HRD

Rekrutmen HRD

Perusahaan atau instansi yang akan merekrut ribuan karyawan, tentunya membutuhkan tenaga eksternal yang banyak untuk membantu proses seleksi tersebut.

Biasanya perusahaan tersebut memerlukan seseorang yang expert dalam menangani perekrutan karyawan.

Dengan kata lain seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi atau manajemen yang biasanya mengerti tentang seluk beluk perekrutan karyawan tersebut.

Nah, jika Anda memiliki latar belakang psikologi atau manajemen bisa menawarkan diri pada perusahaan yang tengah melakukan perekrutan karyawan dengan cukup banyak.

Jika tidak, Anda bisa bergabung dengan biro psikologi yang biasanya memiliki banyak jaringan tersebut. Kemudian mendaftarkan diri menjadi freelancer rekrutmen HRD.

Kabar baiknya, profesi lepas tersebut bisa Anda tekuni saat sedang kuliah atau sedang berada di semester terakhir.

Tentunya, gaji yang akan Anda terima pun cukup fantastis, yaitu dibanderol dengan Rp 650.000/ per jam.

Jika Anda sudah expert dan memiliki pengalaman yang lebih bukan tidak mungkin untuk bisa digaji lebih dari angka tersebut.

6. Desain Visual

Profesi freelancer berikutnya yang bisa Anda lakoni adalah desain visual. Profesi tersebut terdapat banyak macam jenis-jenisnya seperti ;

  • Web designer untuk membuat tampilan website menarik dan enak dilihat
  • Illustrator bagi Anda yang senang menggambar baik komik atau lainnya
  • Visual designer di penerbitan dan percetakkan
  • Designer untuk Anda yang senang merancang busana
  • Art Director Pengarah seni dalam pembuatan iklan, film, desain, dan lain sebagainya.
  • Creative director seorang tim kreatif di sebuah perusahaan yang bisa juga meliputi copywriter, videographer, dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda memiliki keahlian dalam salah satu jenis desain visual di atas, bisa mencoba menawarkan diri pada perusahaan untuk menjadi tim tersebut.

Tentunya, bidang pekerjaan tersebut tidak sama dengan bidang lainnya yang harus menetap di kantor selama 8 jam.

Anda bisa melakoni profesi tersebut dengan bayaran Rp 500.000- Rp 700.000/ jamnya.

7. Spesialis SEO

Spesialis SEO

Seiring dengan bertambah banyak pengguna internet yang tidak hanya digunakan untuk hiburan saja melainkan untuk berbisnis.

Sehingga berdampak pada mesin pencari seperti google untuk bisa melakukan promosi dan informasi.

Tidak heran, para pebisnis rela mengeluarkan modal yang cukup banyak agar produk mereka bisa muncul teratas atau trending di mesin pencarian tersebut.

Ternyata, rahasia muncul atau trending di mesin pencarian tersebut diperlukan sebuah teknik yang benar, yaitu menggunkan Teknik SEO.

Nah, tidak semua orang bisa menggunakan tersebut sehingga diperlukan jasa seseorang untuk bisa ‘’memainkan’’ Teknik tersebut.

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam SEO tersebut tidak ada salahnya untuk membuka jasa freelancer SEO dan menawarkannya pada perusahaan, instansi, atau seseorang yang memerlukan hal tersebut.

Dengan bantuan SEO tersebut, akan memiliki dampak yang luar biasa pada perusahaan dan Anda sendiri. Karena telah turut memberikan peluang bisnis yang cukup besar.

Karena itulah, para freelancer SEO digaji dengan Rp 700.000/ jam. Jika sudah mahir, bisa jadi Anda akan digaji melebihi nominal tersebut.

8. Konsultan Bisnis

Profesi freelancer berikutnya yang cukup banyak diperlukan perusahaan atau instansi adalah konsultan bisnis.

Tentunya, profesi ini tidak sembarang orang yang melakukannya. Karena konsultan bisnis ini akan benar-benar dijadikan rujukkan oleh perusahaan untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

Tugas seorang konsultan bisnis adalah mengidentifikasi terlebih dahulu masalah yang dihadapi perusahaan, kemudian perusahaan melakukan Langkah perbaikan sesuai dengan arahn konsultan bisnis tersebut.

Tentu saja profesi freelancer ini ini beresiko tinggi dan bisa memberikan efek stress cukup tinggi bagi yang melakoninya walaupun bisa bekerja dengan fleksibel.

Karena itulah, bayaran untuk mereka pun cukup tinggi bisa dibanderol Rp 1- 2 juta/ per jamnya.

9. Editor Photo

Profesi freelancer berikutnya yang bisa dilakoni dan mendapatkan gaji jutaan rupiah adalah editor photo.

Seorang editor photo ini diperlukan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya agar tampilannya menarik dan bisa diterima oleh masyarakat.

Para freelancer editor photo ini memiliki andil yang besar bagi kesuksesan perusahaan yang mengeluarkan produk-produknya.

Jika Anda ahli dalam mengedit photo dengan menggunakan photoshop, adobe, dan lain sebagainya, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa editor photo kemudian mencari klien yang akan menggunakan jasa Anda.

Para edito photo ini mendapatkan gaji dengan rentang Rp 500 ribu- Rp 700 ribu untuk setiap pengeditannya dan disesuaikan dengan jumlah editan yang mereka terima.

Tidak perlu pakaian dan jam formal untuk mengedit photo, karena saat ini bisa dilakukan dengan jamnya yang fleksibel.

10. Perencanaan Keuangan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang finansial, tidak harus selalu bekerja menjadi akuntan atau keuangan di perusahaan.

Justru, Anda bisa bekerja dengan waktu fleksibel dan membuja jasa sebagai perencana keuangan.

Tugas seorang freelancer keuangan ini adalah melihat dan mengidentifikasi pembukuan, arus kas masuk keluar, dan perhitungan pajak.

Setelah itu, Anda bisa memberikan arah kepada mereka terkait apa saja yang perlu dilengkapi, guna keuangan perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Tentu saja, ada bayaran besar yang diterima oleh freelancer keuangan yang cukup menggiutkan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Penutup

Semoga, informasi di atas bermanfaat untuk Anda selamat melakoni pekerjaan baru dengan waktu yang fleksibel.

Baca juga: 49 Ide Usaha Sampingan Terbaik untuk Karyawan Bermodal Kecil