Ciri Introvert dan 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Mereka

Tipe kepribadian manusia pada dasarnya ada 2 jenis, yaitu Introvert dan Ekstrovert. Seseorang yang ekstrovert biasanya cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya dibandingkan dengan seseorang yang memiliki kepribadian introvert.

Walaupun begitu, kedua tipe kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun yang pasti, baik ekstrovert maupun introvert sama-sama memiliki peluang untuk bisa berkarir lebih baik lagi terutama dalam dunia pekerjaan.

Sepetinya halnya introvert, walaupun memiliki kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, nyatanya ada beberpa pekerajaan yang sesuai untuk mereka.

Lalu, pekerjaan apa saja yang dimaksud? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini !

Seperti Apa itu Introvert?

Sebelum mengetahui jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan orang yang introvert, ada baiknya untuk mengetahui pengertian dari introvert itu sendiri.

Dilansir dari beberapa sumber, introrvert ini merupakan salah satu jensi kepribadian yang ditemukan oleh pakar psikologi bernama Carl Jung. Kepribadian yang dimiliki oleh seseorang yang introvert, antara lain seperti selalu bergairah ketikan ia menyendiri, sifatnya pendiam, senang merenung, dan lebih peduli serta tertarik pada dunia mereka sendiri.

Baca juga : 13 pekerjaan terbaik untuk orang pendiam

Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Kepribadian Introvert

Agar mengetahui seseorang memiliki kepribadian introvert atau ekstrovert, bisa dilakukan tes melalui situs-situs website tentang kepribadian atau melakukan tes STIFIN yang dilaukan oleh seorang psikolog atau seseorang yang ahli dalam hal ini.

Ketika Anda melakukan tes tersebut, biasanya hasil yang keluar adalah seperti ini, Introvert- Sensing-Thinking-Judging atau disingkat dengan ISTJ. Adapula yang memiliki hasil INFJ dan INTJ.

Adapun tanda-tanda seseorang yang introvert adalah sebagai berikut;

1. Energinya Merasa Terkuras Ketika Berada di Sekitar Orang Banyak

Seseorang yang introvert tidak suak dengan suasana yang ramai, seperti pesta, kumpul dengan teman-teman, dan lain sebagainya.

Mereka biasanya lebih memilih untuk berdiam diri di sudut ruangan ataupun mereka akan cepat-cepat pulang dari keramaian tersebut.

Karena ketika mereka berada dalam situasi tersebut, energi merasa terkuras dengan banyak dan memilih untuk menyendiri.

Situasi ini sangat berbeda dengan prang ekstrovert, energinya akan semakin terpenuhi ketika berada di sekitar orang banyak.

2. Sangat Menikmati Kesendirian

Seseorang yang introvert akan sangat menikmati kesendiriannya. Aktivitas sehari-hari yang dilakukannya seperti memilih untuk diam di rumah membaca buku atau menonton film kesukaan dibandingkan harus jalan-jalan ke mall atau tempat lainnya.

3. Tidak Memiliki Banyak Teman

Seseorang yang introvert memang akan sulit untuk bersosialisasi. Tetapi, bukan berarti ia tidak memiliki teman. Biasanya temannya cenderung sedikit namun kedekatannya sangat kuat dan bisa awet.

Mereka pada dasarnya cenderung berhati-hati untuk memilih teman, sampai akhirnya menemukan teman yang begitu dekat dan klop yang biasanya memiliki kepribadian yang sama pula.

4. Memiliki Pembawaan yang Tenang dan Tidak Banyak Bicara

Seseorang yang introvert akan memilih untuk bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu serta dalam berbicara.

Hal tersebut dikarenakan mereka lebih memilih kata-kata yang tepat sebelumnya berbicara dengan siapapun.

Maka tidak heran, bila ketika Ia berbicara terkadang penuh makna dan berarti walaupun tidak banyak yang dia ucapkan.

Mengetahui Pekerjaan yang Sesuai untuk Introvert

1. Pengelola Perpustakaan

Salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah menjadi pengelola perpustakaan.

Seperti yang diektahui bersama, suasana di perpustakaan begitu tenang. Orang-orang yang datang ke perpustakaan pun tidak boleh berisik dan melakukan kebingaran lainnya di tempat tersebut.

Seseorang yang menjadi pengelola perpustakaan pun tidak akan banyak berinteraksi dengan orang-orang, melainkan akan sibuk mengelola buku-buku diperpustakaan.

Sekilas, pekerjaan ini terlihat mudah karena hanya tinggal merapikan buku saja sesuai abjad atau rak.

Namun bila dijalani, pengelola perpusatkaan harus menyusun buku sesuai kategorinya. Terkadang perlu dibaca dan dianalisa. Belum lagi ketika buku tersebut dipinjam atau hilang perlu managemen yang baik dalam pengelolaannya.

Nah, urusan untuk menata dan juga menganalisa biasanya orang yang memiliki kepribadian introvert yang bisa melakukan hal tersebut.

2. Pekerja Laboratrium

Pekerjaan berikutnya yang cocok atau sesuai untuk seseorang yang introvert adalah sebagai pekerja laboratrium.

Seseorang yang bekerja di laboratirum perlu suasana yang tenang agar bisa berkonsentrasi untuk meracik obat atau bahan kimia.

Ketika meracik obat pun perlu Analisa yang dalam agar bisa menemukan racikan obatan atau bahan kimia yang tepat, oleh karena itu yang pas ‘’memerankan’’ bidang ini adalah seseorang yang memiliki kepribadian introvert.

Tetapi, bukan berarti seseorang yang ekstrovert tidak boleh menekuni bidang ini, hanya saja akan lebih sesuai dan cocok untuk mereka yang introvert. Terlepas dari passion yang dimiliki oleh seseorang.

3. Akuntan

Sekarang, coba cek para akuntan yang ada di perusahaan Anda atau di tempat lain. Bagaimanakah rata-rata kepribadian mereka?

Ya, betul sekali, Rata-rata para akuntan ini memiliki kepribadian introvert yang memang asyik dengan dunia sendiri ataupun tidak terlalu senang berbaur atau berada di tengah keramaian.

Sifat yang dimilikinya tersebut akan mereka manfaatkan dengan maksimal untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Tak ayal dari hasil ‘’semedinya’’ tersebut laporan keuangan mereka kerap kali mendekati sempurna bahkan ada pula yang berhasil membuat kagum atasannya.

Seorang akuntan memang tidak akan banyak menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka akan dihadapkan dengan perhitungan keuangan, laporan keuangan, Analisa keuangan, dan lain sebagainya.

Seorang akuntan pun dituntut untuk teliti ketika menganalisa atau membuat laporan keuangan sehingga tidak memerlukan campur tangan banyak orang.

Untuk Anda yang ingin menjadi seorang akuntan, tentunya bisa memilih jurusan akuntansi atau ekonomi agar bisa termanfaatkan dikemudian hari saat lulus kuliah.

4. Penulis

Pekerjaan berikutnya yang cocok untuk introvert adalah menjadi seorang penulis. Walaupun saat ini, ada pula penulis yang memiliki kerpibadian ekstrovert.

Seseorang yang introvert, bisa dipastikan akan memiliki banyak imajinasi yang ada dalam dirinya.

Daripada hanya dipendam saja, lebih baik dituangkan dalam sebuah karya berupa novel, cerpen, puisi, ataupun buku non-fiksi.

Selain karya di atas, bisa pula memilih untuk menjadi penulis artiken atau konten disebuah website. Dimana pada zaman, profesi tersebut sangat cukup menjanjikan.

Dengan menulis, tentunya tidak perlu banyak orang yang mengetahui identitas Anda. Sebagai seorang penulis pun bisa menggunakan nama pena untuk mencantumkan dalam buku atau karya-karya lainnya.

Jika karya tersebut laku dipasaran, konsekuensinya pembaca Anda ingin mengenal lebih dekat. Tetapi, biasanya para penulis lebih ingin dikenal karyanya daripada dirinya sendiri.

Untuk menuliskan karya pun bisa dilakukan dimanapun, asalkan tempatnya tidak terlau bingar atau banyak orang.

5. Sosial Media Manager

Pekerjaan yang sesuai berikutnya untuk seseorang yang introvert adalah menjadi sosial media manager.

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, tak dipungkiri sangat banyak mempengaruhi karir para introvert.

mereka yang introvert, pastinya lebih memilih untuk dibelakang layar, menjelajah dunia maya lewat perangkat pc, laptop, ataupun smartphone.

Mereka akan menjadi orang yang ‘’ekstrovert’’ dimana bisa sangat eksis di dunia maya khususnya sosial media.

Seseorang yang introvert akan mudah melakukan percakapan di sosial media tanpa lelah, risih, malu, dan perasaan lainnya.

Karena hal itulah, pekerjaan menjadi sosial media manager sangat cocok dilakoni oleh para introvert.

Selain melakukan percakapan, mereka pun akan mudah menganalisa hal-hal apa saja yang sedang trend di sosial media, sehingga Analisa yang tepat tersebut bisa dijadikan alat marketing terbaik untuk perusahaan Anda.

6. Designer Grafis

Sama halnya dengan penulis, tidak semua designer grafis memiliki kepribadian introvert. Namun begitu, profesi sebagai seorang designer grafis ini sangat cocok dilakoni oleh para introvert.

Pasalnya, membuat designer grafis diperlukan rasa yang tenang dan teliti untuk bisa menghasilkan gambar yang indah.

Selama bekerja pun mereka tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain, bahkan para designer grafis ini cenderung akan memilih tempat yang tidak banyak dilalui orang-orang.

7. Web Programmer

Pekerjaan berikutnya yang cocok dilakoni seseorang yang introvert adalah menjadi web programmer.

Di zaman yang serba canggih ini, menjadi seorang web programmer adalah pekerjaan yang menjanjikan.

Banyak perusahaan yang memerlukan para web programmer demi branding perusahaan atau keperluan marketing perusahaan.

Tuntutan pekerjaan yang harus dilakukan para web programmer pun cukup banyak, sehingga mereka lebih sering berada di depan pc/laptop tanpa harus berbasa-basi dengan orang lain.

Maka tidak heran, banyak yang menyangka para web programmer ini anti sosial, sombong, dan lain sebagainya.

Padahal pada dasarnya mereka hanya ingin menampilkan yang terbaik untuk pekerjaannya. Sehingga konsentrasi mereka lebih terpusatkan pada layar komputer.

8. Penerjemah

Pekerjaan berikutnya yang sesuai untuk para introvert adalah sebagai penerjemah. Hal ini begitu menjanjikan ketika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing.

Jika Anda belum terlalu percaya diri menjadi penerjemah di sebuah event atau acara, ada baiknya untuk menjadi penerjemah buku fiksi ataupun non fiksi.

Sama halnya seperti penulis, untuk menjadi penerjemah pun tidak banyak memerlukan campur tangan banyak orang.

Pekerjaan ini bisa dilakoni di rumah atau tempat kerja. Dimana Anda tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang.

Karya-karya Anda nantilah yang nantinya bisa menegnalkan pada public ataupun lingkungan yang lebih luas.

9. Fotografer

Pekerjaan berikutnya yang cocok untuk introvert adalah menjadi seorang fotografer. Seperti diketahui bersama, menjadi seorang fotografer tidak memerlukan banyak interaksi atau bicara dengan orang lain.

Tugas seorang fotografer tentunya memotret objek-objek yang ada disekitar Anda, seperti manusia, binatang, pemandangan alam, dan juga benda-benda mati lainnya.

Bila ditekuni dengan serius, profesi menjadi fotografer ini bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan. Apalagi jika karya Anda tersebut disukai banyak orang.

Tugas fotografer pun tidak harus full time, bisa dilakukan saat event atau momen-momen berharga lainnya.

10. Editor

Pekerjaan berikutnya yang cocok atau sesuai dengan introvert adalah menjadi editor. Menjadi editor tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain.

Pekerjaan ini dilakukan di belakang layar, dimana Anda akan mengoreksi tulisan-tulisan para penulis ataupun mengedit video.

Seseorang yang introvert sangatlah cocok mengerjakan pekerjaan ini karena benar-benar akan ada di belakang layar.

Baca juga : 10 kriteria memilih pekerjaan untuk pertama kalinya

Walaupun begitu, tugas seorang editor pun benar-benar sangat mempengaruhi hasil tulisan para penulis sehingga mereka memiliki karya yang luar biasa.

Demikianlah informasi mengenai, ciri intovert dan 10 pekerjaan yang sesuai untuk introvert. Apapun kepribadian Anda, gerbang kesuksesan sangatlah terbuka lebar. Asalkan ada kemauan untuk menggapai kesuksesan tersebut. Semoga bermanfaat.

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Karier
  • Kepemimpinan

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

1 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

2 bulan ago
  • Perilaku Kerja

Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal…

2 bulan ago
  • Karier

Inilah 4 Pekerjaan Bidang Keuangan yang Paling Diminati Milenial

Bukan hanya bidang kreatif atau wirausaha saja yang diminati para milenial. Bidang keuangan pun cukup…

2 bulan ago
  • Karier

6 Hal yang Bisa Membuatmu Kena Blacklist Perusahaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Karena itu, pastikan kamu untuk memperhatikan hal berikut agar…

2 bulan ago
  • Peralatan Kerja

Inilah 7 Benda yang Wajib Ada di Meja Kerjamu !

Selain laptop atau komputer, ada benda-benda lain yang wajib ada di atas meja kerjamu.Pastinya memiliki…

2 bulan ago