Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal itu, dibiarkan terus menerus bisa jadi membuat Anda akan stres. Karena itu, perlu aktivitas lain agar Anda tidak stres. Inilah dia cara untuk menghilangkan stres setelah bekerja.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menghilangkan stres sepulang kerja. Seperti misalnya karokean bersama sahabat, minum kopi kesukaan sambil mendengarkan musik yang menenangkan, atau bahkan makan-makanan kesukaan.

Jika Anda adalah seorang pekerja, stres di tempat kerja menjadi hal yang biasa terjadi. Untuk itu cobalah 10 cara hilangkan stres setelah kerja seharian yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

1. Mematikan Ponsel Setelah Sampai Rumah

Jika setelah pulang kerja Anda terbiasa membuka ponsel dan mengotak atik sosial media, sebaiknya sekarang Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Karena justru dengan membuka ponsel, mata akan semakin lelah dan menyebabkan sakit kepala.

Tulisan kecil yang ada di ponsel serta pancaran sinarnya yang terkadang terlalu terang, bisa merusak mata. Karena kedua hal tersebut membuat mata kita bekerja lebih berat dari yang seharusnya. Apalagi jika di kantor Anda sering menggunakan komputer untuk bekerja.

Smartphone juga bisa mengganggu siklus tidur, karena pancaran sinar biru atau blue light dari layaranya. Saat menggunakan ponsel sebelum tidur, pancaran sinar ini akan menghambat produksi melatonin. Melatonin sendiri adalah horman yang memicu rasa kantuk.

Hal tersebut bisa mengganggu siklus tidur, padahal tidur sangat penting untuk menghilangkan stres setelah pulang bekerja. Tidur cukup bisa membuat badan kembali segar dan badan siap untuk bekerja kembali pada esok hari.

Menggunakan ponsel juga bisa memicu sakit leher, karena posisi leher yang harus terus menunduk. Kebiasaan tersebut bisa membuat leher menjadi kaku dan kram.

Selain itu, penelitian juga menunjukan bahwa orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain di sosial media, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan merasa sendiri dibandingkan teman-temannya. Tentu saja ini bisa membuat stres Anda tidak reda setelah pulang bekerja.

Baca juga, 10 Gejala dan Tanda Anda Mengalami Stres Pekerjaan

Email yang diterima saat di luar jam kerja juga bisa membuat fikiran Anda tidak bisa istirahat. Untuk itu, mematikan ponsel setelah pulang kerja adalah cara yang baik agar bisa mengistirahatkan diri dengan lebih baik.

2. Makan Malam di Luar

Sesekali tidak masalah untuk memanjakan diri dengan makan di luar setelah penat seharian dengan pekerjaan kantor. Makan malam di luar bisa menjadi cara hilangkan stres setelah kerja seharian paling jitu.

Cobalah untuk meluangkan makan malam bersama orang tersayang atau teman-teman yang membuat Anda bisa lebih tenang. Dijamin lelah beban pikiran dan beban kerja bisa hilang.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama teman sepulang kerja bisa meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Setidaknya lakukanlah cara ini dua kali seminggu, untuk memastikan stabilitas mental dan fisik yang lebih baik.

Menurut Mayo Clinic, mereka yang memiliki teman baik dan menghabiskan waktu bersama tidak begitu kesepian, sehingga bisa menikmati beberapa manfaat kesehatan. Seperti mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

Setiap kali Anda menghabiskan waktu dengan teman, hormon oksitosin atau hormon cinta akan dilepaskan oleh tubuh. Sehingga stres setelah bekerja bisa hilang dengan cepat.

Berkumpul dan mengobrol dengan orang terdekat bisa memperbaiki mood setelah seharian pusing dengan pekerjaan di kantor. Dengan begitu emosi bisa menjadi lebih baik dan stres hilang seketika.

3. Berenang atau Olahraga Ringan Lain

Saking lelahnya banyak orang yang malas untuk berolahraga sepulang kerja, karena hal ini dianggap membuatnya semakin kelelahan. Padahal olahraga adalah cara ampuh untuk menghilangkan stres. Jika Anda rajin berolahraga, Anda bisa lebih bugar dan tentu saja tingkat stres setelah bekerja bisa berkurang bahkan hilang.

Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan sepulang bekerja seperti berenang, berlari, bersepeda, zumba dan yang lainnya. Jika ingin sekaligus meditas, mengikuti kelas yoga bisa menjadi pilihan yang patut dicoba.

Tidak usah lakukan olahraga berat, yang penting teratur dilakukan. Karena semakin Anda rutin berolahraga, kemungkinan untuk stres semakin kecil.

4. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan akan memberikan energi positif yang akan membuat Anda menjadi tenang dan bahagia. Mereka memiliki ketulusan yang bisa menghibur diri Anda dari kelelahan. Tingkah lucu dan menggemaskan mereka juga bisa membuat kita merasa nyaman dan menghilangkan beban fikiran.

Saat bersama hewan kesayangan ada peningkatan hormon dopamin dan serotonin di otak yang membuat Anda merasa bahagia. Sehingga stres karena pekerjaan juga bisa reda.

Binatang peliharaan memang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental saat Anda merawatnya. Binatang yang populer bisa menghilangkan penat diantaranya adalah anjing, kucing, ikan, atau yang lainnya. Mereka bisa menjadi sumber kenyamanan dan motivasi bagi pemiliknya.

Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga bisa menghilangkan rasa kesepian apalagi anjing yang dikenal sebagai hewan penyayang dan setia. Jika memiliki anjing di rumah, Anda tidak usah khawatir merasa kesepian dan stres, karena Anda akan merasa memiliki dukukungan meskipun mereka tidak bisa bicara.

5. Berkebun

Jika Anda memiliki waktu cukup setelah pulang kerja, untuk hilangkan stres setelah pulang kerja Anda bisa coba berkebun. Berkebun sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain bisa mengisi waktu luang juga bisa menghilangkan stres.

Saat berkebun Anda harus berkonsentrasi, sehingga fikiran stres bisa teralihkan. Selama melakukan aktivitas ini, Anda akan lebih mengamati proses pertumbuhan tanaman yang sedang dirawat. Mulai dari tunas kecil, tumbuh besar, berbunga, bahkan menghasilkan buah.

Itu semua akan memunculkan rasa puas dalam hati. Apalagi melihat keindahan warna-warni bunga dan tanaman yang tumbuh subur. Hal itu akan membuat fikiran Anda kembali segar dan menjadi lebih jernih.

Berkebun tidak harus dilakukan setiap hari. Berkebun bisa dilakukan di hari libur Anda, sehingga keesokan harinya Anda bisa bekerja dengan lebih ceria dan bekerja lebih produkfit di kantor.

6. Menonton Film

Cara hilangkan stres setelah kerja seharian yang paling banyak dilakukan adalah nonton film. Anda bisa pergi ke bioskop untuk melihat-lihat film baru yang menarik untuk ditonton. Dengan nonton film yang sesuai dengan selera stres Anda bisa hilang.

Tetapi, jika ingin nonton film sambil malas-malasan, Anda bisa menonton film di rumah. Sekarang banyak sekali pilihan layanan video on demand yang menyajikan streaming film dan acara televisi melalui internet. Anda akan menemukan stasiun tv bagus yang menyediakan film seru.

Atau Anda bisa melanjutkan menonton drama Korea yang belum selesai. Dengan begitu penat Anda bisa langsung hilang.

7. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga merupakan salah satu cara hilangkan stres setelah kerja seharian. Selain menyegarkan, mandi air hangat juga bisa menghilangkan stres karena bisa memberikan efek yang menenangkan.

Air hangat memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah, sehingga otot-oto bisa menjadi lebih rileks setelah tegang saat bekerja.
Para pekerja kantoran di Jepang biasanya mengunjungi pemandian air hangat (sento) sepulang kerja. Sento biasanya digunakan untuk membersihkan badan dan menenangkan fikiran dengan manfaat mandi air hangatnya.

Memang di Indonesia tidak banyak pemandian air hangat yang dapat dikunjungi. Tetapi setelah pulang kerja Anda bisa melakukannya di rumah. Karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mandi air hangat setelah kerja seharian.

Seperti misalnya memberikan efek terapeutik dan menyegarkan, karena aliran darah ke kulit jadi meningkat. Selain itu juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru serta asupan oksigen dalam tubuh.

Mandi air hangat juga mendukung untuk bisa menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula darah, dan menurunkan tekanan darah.

Baca yuk, 15 Tips Membuat Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

Jika mandi dengan air hangat sepulang kerja, kualitas tidur Anda juga cenderung bisa lebih baik. Karena tubuh akan memiliki temperatur yang baik untuk tidur. Sehingga cocok sekali hilangkan stres setelah bekerja seharian.

8. Meminum Teh atau Coklat Hangat

Setelah mandi air hangat, sebaiknya nikmati juga secangkir teh hangat yang bisa juga membantu menghilangkan stres. Menurut penelitian, teh bisa menurunkan level hormon stres. Meminumnya selagi hangat sambil bersantai nonton film kesukaan bisa membuat stres Anda cepat hilang.

Jika tidak suka teh, Anda bisa juga coba minum coklat atau minuman hangat kesukaan lainnya. Coklat adalah minuman yang terkenal bisa meniakan mood, sehingga suasana hati Anda bisa kembali positif.

Tetapi, lebih baik tidak minum kopi karena memiliki kadar kafein yang membuat Anda bisa terjaga. Alih-alih rileks, yang ada Anda tidak bisa tidur semalaman karena tidak mengantuk.

9. Tidur yang Cukup

Selanjutnya, setelah berbagai cara menghilangkan stres setelah bekerja seharian dilakukan, Anda harus tidur. Cara-cara yang sudah disebutkan di atas, adalah pendukung agar kualitas tidur Anda bisa lebih maksimal. Sehingga energi bisa kembali pulih setelah seharian bekerja.

Pastikan untuk menjauhkan gadget sebelum tidur. Hal ini agar membuat fikiran Anda lebih jernih dan bisa tidur dengan lebih nyenyak sehingga siap untuk kembali bekerja esok harinya.

Porsi tidur Anda juga harus tetap dijaga, karena jika kekurangan tidur juga bisa menyebabkan stres. Kurang tidur bisa menyebabkan Anda lelah karena kurang istirahat.

Baca yuk ulasan, 10 Cara jitu mengatasi masalah di tempat kerja

Agar tidur Anda lebih baik, sebaiknya jangan merasa lapar saat tidur. Karena jika lapar tidur Anda akan kurang nyaman. Dan bisa terbangun tengah malam karena lapar. Sebaiknya makanlah 4 jam sebelum tidur. Agar kondisi perut tenang saat tidur.

10. Gunakan Lilin Aromaterapi

Kualitas tidur yang baik sangat dibutuhkan untuk bisa menghilangkan stres setelah kerja seharian. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda butuh ruangan yang nyaman dan suasana yang menenangkan.

Untuk itu Anda bisa gunakan lilin aroma terapi atau diffuser di kamar. Cahaya lilin dan minyak aromaterapi memiliki efek menenangkan otak. Sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Aromaterapi bekerja dengan merangsang saraf hidung dan otak. Ketika kita hirup minyak tersebut, aromanya akan masuk ke rongga hidung dan merangsang sistem saraf yang berperan dalam pengaturan emosi.

Aromaterapi memiliki banyak manfaat seperti membuat tubuh dan fikiran menjadi lebih santai, meningkatkan kualitas tidur dan membantu meringankan insomnia, meringankan rasa sakit, membantu mengurangi stres, hingga meredakan sakit kepala dan migrain.

Baca juga, 10 Cara efektif menjalani profesi yang tidak disukai

Itu dia 10 cara hilangkan stres setelah kerja seharian yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga cara yang kami bagikan bisa bantu Anda mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba.

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Karier
  • Kepemimpinan

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

1 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

2 bulan ago
  • Karier

Inilah 4 Pekerjaan Bidang Keuangan yang Paling Diminati Milenial

Bukan hanya bidang kreatif atau wirausaha saja yang diminati para milenial. Bidang keuangan pun cukup…

2 bulan ago
  • Karier

6 Hal yang Bisa Membuatmu Kena Blacklist Perusahaan

Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Karena itu, pastikan kamu untuk memperhatikan hal berikut agar…

2 bulan ago
  • Peralatan Kerja

Inilah 7 Benda yang Wajib Ada di Meja Kerjamu !

Selain laptop atau komputer, ada benda-benda lain yang wajib ada di atas meja kerjamu.Pastinya memiliki…

3 bulan ago
  • Karier

Resign dari Kantor? Inilah 5 Hak yang Bisa Didapatkan Karyawan

Karyawan yang resign dari kantor ternyata memiliki hak lain untuk didapatkan selain uang pesangon. Apa…

3 bulan ago