Asuransi

Daftar 7 Perusahaan Asuransi Kesehatan Karyawan di Indonesia

Seperti yang diketahui bersama, kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Tanpa kesehatan yang prima, seseorang tidak bisa beraktivitas dengan baik dan tentu saja sangat mempengaruhi cita-cita yang ingin dicapai.

Karena itu, setiap orang wajib untuk menjaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan pun beragam, bisa dengan mengatur pola makan, gaya, hidup, dan juga berolahraga. Namun rupanya cara tersebut tidaklah cukup. Walaupun sudah menjaga kesehatan dengan sedemikian rupa, tetap saja tak pernah mengetahui kapan hal-hal buruk menimpa Anda.

Terlebih jika Anda seorang pekerja dan juga tulang punggung keluarga. Anda harus mempersiapkan sesuatu yang bisa digunakan untuk diri sendiri maupun keluarga. Pastinya, sudah mengerti bukan arah dari pembahasan ini?

Ya, setiap orang terutama karyawan memerlukan asuransi kesehatan terbaik yang bisa melindungi dirinya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya jika sudah berbicara tentang asuransi, hal ini menyangkut tentang penanggungan keuangan yang akan dikeluarkan untuk kesehatan.

Semua orang memang tidak menginginkan hal terburuk menimpa dirinya. Namun, tak ada yang bisa menjamin bagaimana masa depan kelak yang akan dibangunnya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Diperlukan sebuah persiapan sejak awal mengenai kesehatan yang terkoneksi dengan asuransi kesehatan.

Di Indonesia sendiri asuransi kesehatan terbaik tersebut sudah mulai banyak dan berkualitas. Oleh karena itu, berikut akan kami paparkan mengenai 7 asuransi kesehatan terbaik bagi karyawan di Indonesia. Dan berikut ulasannya!

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Sebelum membahas mengenai 7 asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia, alangkah lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis asuransi kesehatan tersebut.

Baca juga : 5 jenis asuransi karyawan yang harus Anda miliki

Hal tersebut sangat penting untuk diketahui, sebelum Anda benar-benar mendaftarkan diri untuk membuka produk asuransi kesehatan. Adapun jenis-jenis asuransi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Asuransi kesehatan Rawat Jalan

Asuransi ini diperuntukkan untuk pasien yang dirutinkan untuk pengobatan, rehabilitasi, control, membeli obat, tanpa harus menginap di rumah sakit. Pihak asuransi pun biasanya akan membayar setengah atau sepenuhnya biaya tergantung dari kesepakatan dan produk asuransi tersebut.

2. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi ini diperuntukkan bagi pasien yang memang akan melakukan rawat inap di sebuah rumah sakit.

3. Asuransi Kesehatan Wajib Diikuti

Jenis asuransi biasanya diadakan oleh pihak perusahaan. Semua karyawan dijamin biaya kesehatannya dari perusahaan yang bekerja sama dengan asuransi. Biaya produk asuransi tersbeut biasanya dipotong dari gaji karyawan sesuai kesepakatan.

4. Asuransi Kesehatan Sukarela

Jenis asuransi ini bersifat sukarela dan tidak mengikat. Karena itu seseorang yang akan membayarkan asuransi tidak terikat waktu dan bisa dilakukan kapan pun.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Asuransi Kesehatan

Sebelum Anda benar-benar ingin menggunakan produk asuransi kesehatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Cek Masa Aktif Asuransi Kesehatan Anda

Rata-rata para perusahaan asuransi menentukan masa aktif polis asuransi setelah 1 bulan atau 30 hari. Jika belum tiba masa aktifnya, maka Anda tidak bisa melakukan pengobatan atau mengklaim kepada pihak rumah sakit dengan menggunakan polis tersebut.

Oleh karena itu, jangan membuat polis asuransi ketika Anda memang harus berhubungan dengan rumah sakit. Ada baiknya jauh-jauh hari sebagai “investasi” untuk masa depan.

2. Bayar Premi Sesuai dengan Waktu yang Ditentukan

Jika Anda ingin atau sudah membuat premi asuransi kesehatan, pastikan untuk membayarnya premi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Karena pihak perusahaan asuransi akan melihat keaktifan Anda sebagai “nasabahnya”. Jika sudah begitu, proses untuk mengklaim akan sangat mudah.

3. Pahami dan Kenali Peraturan yang ada di Perusahaan Asuransi

Asuransi kesehatan memang diepruntukkan untuk menanggung biaya kesehatan seseorang. Namun, tidak semua pengobatan atau perawatan bisa untuk diklaim.

Baca juga : 10 tips memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan Anda

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aturan yang ada di perusahaan tersebut agar dikemudian hari tidak terjadi miss komunikasi. Adapun peraturan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan asuransi adalah sebagai berikut :

  • Polis Asuransi tidak bisa digunakan untuk penyakit yang sudah ada sejak lahir. Karena itu pihak perusahaan asuransi tidak bisa menanggunnya.
  • Bagi yang menderita penyakit serius atau kronis seprti jantung koroner dan penyakit lainnya. Maka untuk bisa mengklaim biaya pengobatan dilakukan minimal 6 bulan setelah pengobatan. Ada pula perusahaan yang menetapkan waktu 1 tahun untuk bisa mengklaimnya.
  • Anda wajib mengecek plafon asuransi. Tujuannya untuk mengetahui berapa jatah biaya maksimal yang bisa dikeluarkan oleh pihak asuransi. Jika melebihi dari jatah tersebut, maka Anda wajib untuk membayar kekurangannya.

Daftar 7 Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Karyawan di Indonesia

1. Asuransi Kesehatan Terbaik Prudential

Keberadaan asuransi ini sudah lama di Indonesia. Sehingga para masyarakat Indonesia sudah tidak perlu lagi meragukan kredibilitas dari asuransi kesehatan terbaik tersebut.

Keberadaannya di Indonesia dimulai pada tahun 1995 dengan mengantongi izin dari Menteri Keuangan Indonesia Nomor : 241/KMK.017/1995 tanggal 1 Juni 1995 Juncto.

Selain asuransi konvensional, prudential pun sudah mendirikan perusahaan asuransi berbasis syariah. Dengan mengantongi izin dari menteri keuangan Nomor KEP 167/KM.10/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 20 Agustus 2007.

Dengan izin yang direstui pemerintah tersebut, pihak prudential pun selalu memberikan produk-produk terbaik bagi nasabahnya.

Asuransi kesehatan prudential dikenal dengan membuat program perlindungan kesehtan rekening 3 in 3. Artinya asuransi tersebut dibuat dari program manfaat kesehatan rawat inap dengan 34 macam penyakit kritis dengan sebuah program investasi unit link.

Tentunya untuk bisa mengklaim pengobatan tersebut cukup dengan membawa dan menunjukkan kartu PHS (Pru Hospital and Surgical). PHS sendiri bisa menanggung biaya rawat jalan, ICU, Biaya rawat inap, operasi, bedah dan lain sebagainya.

Kartu PHS ini berlaku selama beberapa tahun, tetapi ada 19 macam penyakit tang tidak bisa diajukan dalam waktu setahun. Penyakit tersebut seperti Hernia, TBC, ginjal, dan lain sebagainya.

Prudential tentunya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik. Sehingga para penduduk Indonesia khususnya karyawan bisa merasakan manfaat dari asuransi kesehatan terbaik tersebut. Untuk info lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi situs resminya.

2. Asuransi Kesehatan Terbaik Allianz

Perusahaan asuransi Allianz ini sudah ada sejak tahun 1890 dimana mereka berdiri pertama kali di negara Jerman. Di Indonesia sendiri, Allianz tersebut sudah beroperasi pada tahun 1981 dimana kantor pertama mereka bertempat di Jakarta.

Pada saat itu Allianz berada dalam naungan Perusahaan PT Asuransi Allianz Life dimana produk asuransi yang diusungnya meliputi asuransi kesehatan, jiwa, dan dana pensiun.

Seiring dengan berjalannya waktu dan diterimanya oleh masyarakat Indonesia secara luas. Pada tahun 2006, perusahaan tersebut mulai merambah ke bisnis asuransi syariah.

Perusahaan asuransi kesehatan allianz ini memiliki keunggulan daripada asuransi lain yang ada di Indonesia. Salah satu keunggulan tersebut adalah :

  • Memberikan perlindungan 100 % untuk seseorang yang meninggal
  • Bisa menanggung asuransi untuk yang berusia hingga 100 tahun
  • Memberikan perlindungan asuransi untuk 49 macam penyakit yang kritis maupun cacara.
  • Klaim Rawat Inap minimal 1 x 24 jam.

Adapun produk-produk asuransi kesehatan yang dimiliki oleh Allianz adalah sebagai berikut :

• Produk Smarthealth Maxi Violet

Merupakan sebuah program asuransi kesehatan yang bisa digunakan oleh keluarga atau perorangan.

Produk asuransi ini bisa menggantikan biaya perawatan nasabahnya ketika mengalami kecelakaan atau penyakit tertentu.

Produk ini pun bisa digunakan untuk biaya rawat gigi, persalinan, dan juga biaya rawat jalan.

• SmartMed Premier

Produk ini bisa juga digunakan oleh perorangan dan keluarga. Jenis pun beragam bisa untuk mengganti biaya kemoterapi, HIV/AIDS, hemodialisis, biaya pemakaman, memulangkan jenazahn, dan juga evakuasi yang bersifat darurat.

Selain produk di atas, allianz pn memiliki produk lain seperti SmartMed Cancer, Critical Illnes, Allisya Hospital and Surgial care, dan lain sebagainya.

Beragamnya produk asuransi kesehatan dari allianz membuat perusahaan ini dapat berkembang pesat di Indonesia. Dan menjadi salah satu asuransi kesehatan terbaik yang bisa Anda gunakan. Untuk info lengkap tentang produk Allianz anda bisa mengunjungi websitenya.

3. Asuransi Kesehatan Terbaik Manulife

Manulife Indonesia berdiri pada tahun 1985 di bawah naungan PT. Asuransi Jiwa Manulife yang merupakan bagian dari Manual Financial Corporation.

Perusahaan tersebut pada mulanya adalah sebuah perusahaan yang memang bergerak dalam bidang keuangan yang berasal dari Kanada.

Sambutannya yang luar biasa di tengah masyarakat Indonesia, membuat perusahaan ini terus melebarkanya sayapnya dengan membuat produk asuransi. Produk tersebut meliputi asuransi jiwa, kecelakaan, kesehatan, dana pensiun, dan juga layanan investasi.

Sampai saat ini kantor manulife pun sudah tersebar di seluruh Indonesia hingga mencapai 24 kantor. Nasabah yang sudah loyal pun cukup banyak lebih dari 2,3 juta jiwa.

Dan yang lebih penting, PT. Asuransi Jiwa Manulife ini diawasi dan terdaftar di OJK atau otoritas jasa keuangan. Sehingga dana yang Anda berikan untuk membayar premi asuransi pun aman hingga waktu yang telah ditetapkan.

Karena banyak memberikan pelayanan dan produk terbaik. Manulife pun memiliki produk asuranis kesehatan unggulan yang disebut dengan ProHealth.

Produk tersebut adalah asuransi kesehatan terbaik bagi perorangan, keluarga dan juga karyawan yang bersifat komprehensif. Artinya, Biaya medis daat digunakan hingga usia seseorang mencapai 99 tahun.

Asuransi tersebut juga menyediakan biaya perawatan lain yang meliputi biaya tes laboratrium, biaya rawat inap, biaya dokter ahli, pengobatan rutinan, dan lain sebagainya.

Untuk membayar premi pun bisa dilakukan dengan 4 pilihan, yaitu tahunan, semesteran, triwulan, atau bulanan. Silahkan kunjungi websitenya di sini untuk info lebih lengkap.

4. Asuransi Kesehatan Terbaik AIA Financial

Sebelum berubah nama menjadi PT AIA Financial, perusahaan ini telah berganti nama dimulai dari tahun 1998 yang lebih dikenal dengan PT. Asuransi Jiwa Lippo Utama. Kemudian pada tahun 2009, perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT AIG Life.

Perubahan tersebut rupanya belum berakhir karena pada tahun yang sama pula, perusahaan asuransi tersebut berubah menjadi PT AIA Finansial. Perubahan nama tersebut pada akhirnya disetujui oleh menteri hukum dan hak asasi manusia berdasarkan surat nomor 042/LG-AIGL/Srt/V/2009.

Dengan berubah namanya tersebut, perusahaan asuransi AIA Financial mulai mengembangkan perusahaannya. Tentu saja pengembangan tersebut dimulai dari produk-produk yang dikeluarkan seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, program pesangon, program kesejahteraan karyawan, dana pensiun, dan juga asuransi kesehatan yang dinilai cukup baik dalam pengelolaannya.

Karena banyaknya produk yang mengutamakan karyawan, maka setiap perusahaan di Indonesia pun melirik AIA ini untuk menjadi partnernya dalam memproteksi kesehatan karyawan.

Oleh karena itu, produk yang dimilikinya pun cukup beragam seperti :

• AIA All In One

Asuransi ini bisa digunakan hingga mencapai umur 99 tahun walaupun pembayarannya hanya mencapai 10 tahun. produk ini pun bisa digunakan untuk mengklaim pengobatan, terjadinya kecelakaan kemudian cacat, dan juga meninggal dunia.

• Premier Hospital Surgical Plus

Produk ini bisa menanggulangi biaya pengobatan dengan standar nasional maupun internasional. Tentunya Anda tak perlu khawatir lagi bila akan berpergian karena AIA siap melakukan perlindungan hingga ke seluruh dunia.

Dua produk di atas bisa dikaetgorikan sebagai produk favorit dari para nasabah AIA. Selain kedua produk tersebut, masih ada produk lain yang bisa Anda pilih yaitu, Hospital & Surgical Protection, AIA Infinite Plus Assurance, Hospital & Surgical Plus, dan AIA Prority Plus Assurance.

Untuk mendapatkan produk AIA ini biasanya bisa didapatkan di bank-bank terkemuka di indonesia, seperti BCA, BJB, ANZ, BRI, CITIBANK, CIMB Niaga, Bukopin, Bank Woori saudara, beserta agensi lainnya yang ada di Indonesia. Dengan begitu, para nasabah bisa lebih mudah transaksi tak perlu datang ke kantor AIA.

5. Asuransi Kesehatan Terbaik AXA

AXA Insurance ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1988. Perusahaan yang berasal dari Perancis ini pada mulanya memiliki nama Asuransi Permata Selat Sunda.

Seiring dengan berkembangnya perusahaan tersebut dan diterima oleh masyarakat Indonesia, maka pada tahun 1996 perusahaan tersebut berubah nama menjadi Asuransi AXA Indonesia. Perubahan tersebut tentunya atas usulan para pengakuisisi perusahaan AXA seperti Arya mitra dan juga AXA SA.

Keberadaannya yang cukup lama di Indonesia dan juga dunia membuat perusahaan ini masuk dalam kategori Asuransi kesehatan terbaik di dunia maupun di Indonesia.

Oleh karena itulah, ada beberapa program AXA yang harus Anda ketahui seperti berikut ini:

• Asuransi kesehatan untuk yang nasabah yang terkena kanker
• Asuransi kesehatan yang bisa digunakan di dalam maupun luar negeri
• Asuransi untuk biaya rawat inap dengan nominal Rp 1.000.000/hari.

6. Asuransi Kesehatan Terbaik Cigna

Perusahaan Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) didirikan pada tahun 1990 di Indonesia. Perusahaan yang berasal dari Amerika serikat, Bloomfield, Connecticut ini konsisten melayani kesehatan terhadap masyarakat dunia yang membutuhkan.

Oleh karena itulah, Cigna pun hadir di 30 negara yang tersebar di wilayah Eropa, Amerika, Afrika, dan juga Asia. Nasabah yang sudah tergabung dalam Cigna pun mencapai 95 juta jiwa yang tersebari di seluruh dunia.

Banyaknya jumlah nasabah tersebut membuat mitra tak ragu untuk berinvestasi dan terus mengembangkan produk asuransi kesehatan yang terbaik. Adapun produk-produk asuransi kesehatan yang dimiliki Cigna adalah sebagai berikut:

• Cigna Proteksi Sehat

Sebuah produk asuransi kesehatan yang dapa digunakan ketika rawat inap, operasi, dan juga layanan penggunaan ambulan. Selain itu, biaya premi pun bisa dikembalikan setiap tiga tahun dengan sebanyak 50 % dari total premi yang akan dibayarkan.

Produk ini pun menyediakan pilihan 9 pilihan santunan inap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dimulai dari Rp 300,000 hingga Rp 1,500,000 per hari.

Selain produk unggulan di atas ada pula program kesehatan lain yang bisa Anda ketahui seperti:

• Cigna Family Care Optima
• Cigna Senyum Sehat
• Cigna Health Protection
• Cigna Premium Health Protection
• Cigna Care and Save

Baca juga : Cara dan Prosedur Pencairan Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Benar

7. Asuransi Kesehatan Terbaik Sinarmas

Asuransi sinar mas ini merupakan bagian dari PT Sinarmas Multiartha Tbk. Perusahaan tersebut didirkan pertama kalinya pada tanggal 27 Mei 1985, dimana pada saat itu memiliki nama PT. Asuransi Kerugian Sinarmas Dipta.

Perusahaan tersebut berkembang cukup baik dan memiliki produk-produk asuransi yang berkualitas. Salah satu porduk tersebut adalah asuransi kesehatan terbaik sinar mas yang dikenal dengan nama Simas ehat Executive.

Dengan menggunakan produk tersebut, Anda bisa mendapatkan sebuah fasilitas rawat jalan dan juga rawat inap. Tentunya produk ini sangat tepat pula untuk para karyawan karena dikenakan premi yang terjangkau namun fasilitas yang diberikan adalah yang terbaik.

Penutup

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia merupakan suatu pertanda bahwa setiap manusia membutuhkan asuransi. Hal ini diperuntukkan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan terutama dalam hal kesehatan.

Baca juga : 11 jenis investasi terbaik saat Anda menjadi karyawan

Dengan adanya perusahaan yang membuat produk asuransi kesehatan terbaik, maka tak ada alasan bagia Anda untuk menundanya. Daripada uang yang dimiliki hilang begitu saja tanpa jejak lebih baik berinvestasi untuk masa depan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

16 jam ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

3 hari ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

1 minggu ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

3 minggu ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

3 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

3 bulan ago