10 Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Rumah

Bagi Anda yang saat ini bekerja di rumah atau Work for Home, tidak perlu khawatir dan bingung untuk bisa berkoordinasi dengan rekan-rekan kerja lainnya.

Pasalnya, di zaman yang serba canggih ini terdapat beberapa aplikasi yang sangat menunjang pekerjaan Anda di rumah.

Beberapa ada apa aplikasi yang sering digunakan dan aplikasi baru yang perlu Anda instal di smartphone maupun android.

Lalu, aplikasi apa saja dibutuhkan selama bekerja di rumah? Ini Dia Ulasannya!

1. Microsoft Office 365

Microsoft Office 365

Salah satu aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah sebagai penunjang aktivitas kantor adalah Microsoft Office 365.

Aplikasi tersebut tersdiri dari Microsoft word, excel, power point, outlook online, OneDrive for Business, Share point online, skype for business, Outlook Online, Micrososft Team, dan lain sebagainya.

Diantara banyak aplikasi yang disebutkan di atas yang paling sering digunakan dan sudah tidak asing lagi adalah Microsoft word untuk membuat makalah, naskah, dan lain sebagainya, excel untuk keuangan atau menghitung rumus-rumus yang berkaitan dengan angka, power point untuk presentasi, skype untuk bertatap muka secara online.

Biasanya, para karyawan sudah akrab dengan aplikasi di atas sehingga mudah untuk dioperasikan.

2. Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang populer di era ini. Di awal-awal kehadirannya, fungsinya adalah untuk berkomunikasi dengan siapapun dimana fungsinya hampir sama dengan SMS.

Aplikasi ini bisa didownload gratis lewat aplikasi playstore ataupun iOS android. Sehingga siapapun bisa menggunakannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak fitur yang tersedia dan memudahkan siapapun untuk menggunakan WhatsApp.

Fitur tersebut bisa untuk mengirim foto, video, dokumen, voice note, panggilan telepon , video call, membuat status untuk berjualan yang bisa dihubungkan ke facebook, hingga bisa membuat grup dengan orang yang dikenal ataupun dengan orang lain.

Bahkan saat ini, WhatsApp bisa diakses melalui website sehingga bisa dibuka lewat laptop yang memudahkan Anda berkomunikasi.

Ketika Anda membuka di website, pastikan jaringan internet baik di smartphone maupun jaringan lainna dalam keadaan stabil sehingga mudah untuk dibuka.

Kehadiran aplikasi yang lengkap di whatsapp membuat semua orang terbantu, termasuk para karyawan yang harus bekerja di rumah.

Kekurangan aplikasi ini adalah memiliki volume data yang cukup besar. Kemudian, file, dokumen, voice note, maupun foto yang masuk harus didownload terlebih dahulu dengan menggunakan wifi atau pulsa data.

Baca juga : 10 Cara Membuat Karyawan Betah untuk Lembur

Aplikasi whatsapp pun sangat rentang untuk dibajak data oleh orang lain sehingga tidak cukup aman jika banyak memuat data-data yang penting.

3. Aplikasi Telegram

Aplikasi Telegram

Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah adalah telegram. Aplikasi tersebut baru dirilis tahun 2013 silam yang bisa didownload lewat playstore ataupun iOS.

Pada dasarnya aplikasi ini mirip dengan WhatsApp hanya saja untuk membuat grup, telegram bisa memuat lebih dari 250 orang. Selain itu, bisa mengirimkan hingga berkapasitas 1,5 GB.

Aplikasi tersebut cenderung lebih stabil ketika dibuka lewat pc atau laptop dan tetap bisa diakses walaupun smartphone Anda dalam keadaan non aktif.

Maka dari itu, aplikasi telegram pun sangat mumpuni untuk Anda yang bekerja di rumah. Apalagi untuk Anda yang sering mengirimkan file yang lebih besar.

Adapun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak memiliki fitur video call sehingga memang dikhususkan untuk mengirim file atau gambar dengan kapasitas yang cukup besar.

4. Aplikasi Google App atau G Suite

Aplikasi Google App atau G Suite

Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah adalah aplikasi besutan google atau yang biasa disebut dengan G Suite.

Seperti halnya Microsoft office, didalam Google App tersebut terdapat kumpulan aplikasi buatan google untuk bisa membantu Anda bekerja selama di rumah.

Aplikasi yang ada dalam G Suite tersebut, diantaranya adalah Gmail, Google drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Document, dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis dan juga berbayar dimana fungsinya dan pelayananya pun akan berbeda.

Tentu saja, aplikasi yang ada di google tersebut sangat diperlukan oleh banyak orang terutama para karyawan.

Aplikasi populer yang biasa digunakan pun, diantaranya Gmail untuk membuat email dan mengirimkan file, Google Drive untuk menyimpan data-data yang cukup besar, dan aplikasi google lainnya.

5. Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom

Jika Anda memerlukan aplikasi yang bisa berkomunikasi lewat video dengan jumlah orang yang banyak, maka bisa menggunakan aplikasi zoom.

Aplikasi zoom ini mirip dengan google hangout yang bisa melakukan video conference. Zoom tersebut memiliki kualitas audio dan video yang baik sehingga memudahkan semua orang khususnya para karyawan untuk menyelesaikan setiap tugas-tugasnya.

Selain bisa diinstal di komputer atau laptop, aplikasi zoom pun bisa diinstal melalui smartphone, sehingga ketika Anda berhalangan menggunakan laptop bisa menggunakan smartphone Anda.

Di kondisi seperti ini, aplikasi zoom sangat populer dan banyak digunakan oleh para karyawan. Orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki aplikasi tersebut dengan ‘’terpaksa’’ harus mendownload aplikasi tersebut.

Keunggulan lain yang ditawarkan aplikasi zoom adalah terdapat fitur yang bisa mengirim pesan teks, foto, audio, dan video.

Menariknya, terdapat pula fitur untuk mengubah background saat Anda menggunakan video conference sehingga membuat tampak berbeda dan tidak perlu malu ketika ada berada di tempat yang tidak kondusif.

Walaupun begitu, aplikasi ini tidak bisa didapatkan dengan gratis, karena bisa melakukan teleconference hingga mencapai lebih dari ratusan orang, setiap penggunanya harus membayar minimal Rp 28 ribu per bulan.

6. Aplikasi Slack

Aplikasi Slack

Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah adalah slack. Pada dasarnya aplikasi tersebut manfaat yang sama dengan WhatsApp hanya saja fiturnya lebih beragam dan kompleks.

Jika whatsapp digunakan untuk masyarakat umum, beda halnya dengan slack yang memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi untu perusahaan atau manajemen.

Maka dari itu, selain bisa untuk mengirim pesan, slack pun memiliki fitur lain seperti untuk melihat progress suatu proyek yang dijalankan Anda bersama team.

Kemudian bisa pula untuk berbagi file dan menggunakan fitur lainnya yang dibutuh guna meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Tentunya, fitur-fitur tersebut dirancang agar Anda bisa mudah bekerja dari rumah tanpa harus bertemu dengan klien.

Tetapi, berhati-hatilah menggunakan slack ini lebih baik tidak mengirimkan pesan yang bersifat personal karena pimpinan Anda bisa melihat hal tersebut.

Ada baik memang slack digunakan untuk bekerja dan melihat progress Anda selama mengerjakan proyek.

7. Aplikasi DayWise

Aplikasi DayWise

Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan bekerja di rumah adalah DayWise. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang sering lupa atau belum bisa teratur melakukan aktivitas kantor dari rumah.

Aplikasi tersebut bisa mengingatkan Anda atau memberikan reminder dari mulai jam kerja, jam istirahat, sampai memberikan notifikasi untuk bisa menyelesaikan target pekerjaan.

Tentunya, notif tersebut akan keluar saat Anda sudah mengatur dan menuliskan jadwalnya terlebih dahulu.

Aplikasi daywise tersebut bisa didownload lewat aplikasi playstore dengan gratis.

8. Aplikasi Toggl

Aplikasi Toggl

Aplikasi berikutnya yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah adalah aplikasi toggl. Aplikasi ini mirip dengan daywise yang bisa mengingatkan Anda akan jadwal-jadwal yang dibuat untuk bekerja di rumah.

Jika aplikasi daywise hanya bisa didownload lewat smartphone android, aplikasi toggl tersebut bisa didownload diinstal di laptop atau komputer.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi toggl tersebut adalah merekam aktivitas yang akan Anda kerjakan. Kemudian, bisa mengatur jadwal kerja yang akan dilakukan, mulai dari berapa lama waktu Anda bekerja, berapa lama mengatur waktu istirahat, dan lain sebagainya.

Tentunya dengan aplikasi tersebut, Anda pun akan diingatkan untuk berhenti sejenak dari pekerjaan. Jangan sampai, terlalu sering bekerja sehingga keluarga pun terabaikan.

Anda pun tidak akan lalai dalam pekerjaan, karena ketika beralih untuk bermain media sosial atau beristirahat sejenak bisa diatur dan dijadwalkan waktunya.

Karena itu, jika Anda ingin lebih produktif lagi maka bisa menggunakan aplikasi toggl tersebut.

9. Aplikasi Trello

Aplikasi Trello

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan selama bekerja di rumah adalah aplikasi trello.

Aplikasi trello adalah aplikasi manajemen project yang memiliki design sederhana serta mudah dimengerti.

Bagi Anda yang memiliki banyak project, bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat pembagian pekerjaan yang diterima dalam sebuah proyek.

Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa daftar pekerjaan dan bisa ditandai siapa saja yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Jika pekerjaan sudah selesai, proyek tersebut bisa diberikan tanda pula, sehingga jelas mana proyek yang sudah dan belum dikerjakan.

Tentunya, aplikasi tersebut sangat cocok digunakan ketika Anda bekerja di rumah dan harus ada koordinasi pembagian tim. Aplikasi ini sangat efektif digunakan ketika memang aplikasi teleconference tidak bisa digunakan.

Namun, untuk bisa menikmati aplikasi trello secara keseluruhan dan komplit, Anda harus menyiapkan dana yang tertera di aplikasi tersebut agar bisa menggunakan secara keseluruhan.

Dengan cara berbayar tersebut, ada yang menyukainya ada pula yang tidak. Mereka sangat menyayangkan penjualan aplikasi tersebut.

Walaupun begitu, Anda harus memahami bahwa dana yang masuk untuk kebaikan bersama dan pengembangan dari aplikasi trello tersebut.

10. Aplikasi Spark

Aplikasi Spark

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan selama Anda bekerja di rumah adalah spark. Aplikasi tersebut diklaim sebagai email yang cerdas dengan performa yang baik dimana bisa mengkategorikan dan mengumpulkan dengan otomatis email-email yang masuk dari setiap akun.

Dengan kata lain, Anda bisa membuka terlebih dahulu email penting dan mengakhirkan email iklan atau yang tidak terlalu penting.

Adapun fitur-fitur yang tertera dalam aplikasi ini adalah Smart inbox, Smart notifications, Assign emails, Team email, send emails later, Reminders.

Aplikasi tersebut sangat populer dikalangan orang-orang kantor, sehingga email yang masuk pada mereka mayoritas tentang pekerjaan.

Baca juga : 10 Cara Efektif Bekerja di Rumah Tanpa Harus Ke Kantor

Cara ini juga bisa Anda pakai, guna bisa memisahkan antara pekerjaan dan hal lain yang bersifat hiburan.

Penutup

Nah, itulah dia 10 aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah. Semoga dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda menjadi semakin produktif. Selamat mencoba.

Spark juga mengemas banyak alat kolaborasi, memungkinkan anggota tim untuk bekerja pada email yang sama dari jarak jauh, secara real time. Versi gratis Spark akan lebih dari cukup untuk pekerja jarak jauh individual dan juga untuk tim kecil.