Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun tidak baik bagi mereka karena bisa kehilangan semangat untuk bekerja. Lantas, bagaimana cara untuk mengembalikannya? Yuk, cek pembahasannya di sini!

Banyak orang yang kehilangan semangat bekerja setelah liburan panjang. Rutinitas kerja yang membosankan, pekerjaan yang menumpuk, lingkungan kantor yang tidak mendukung, dan banyak hal yang membuat karyawan hilang semangat setelah liburan.

Tentu saja hal tersebut tidak boleh berlarut-larut dan harus bisa mengembalikan semangat bekerja dengan cepat. Hal tersebut harus segera di atasi, jika tidak, produktivitas kerja akan menurun dan membuat atasan yang awalnya terkesan dengan cara kerja Anda bisa sangat kecewa.

Untuk itu, semangat kerja harus bisa cepat dikembalikan setelah liburan. Agar prestasi Anda dalam berkarir tidak menurun. Ini bisa diatasi dengan 8 tips mengembalikan semangat kerja setelah liburan. Yuk simak artikelnya hingga tuntas.

1. Siapkan Perlengkapan untuk Bekerja di Malam Hari

Pada malam hari sebelum berangkat bekerja, siapkanlah segala hal yang dibutuhkan untuk bekerja. Seperti misalnya jadwal yang akan dilakukan seminggu ke depan. Dengan begitu, Anda sudah punya rencana untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga semangat bekerja bisa kembali meningkat.

Siapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan pada malam hari. Selain jadwal, Anda juga harus siapkan pakaian yang akan digunakan untuk bekerja, sepatu, mengecek ulang buku agenda, dan lain sebagainya.

Banyak hal yang akan terlewat jika tidak menyiapkannya sejak semalam. Dan akan menjadi masalah bagi mood Anda jika ternyata sepatu untuk bekerja masih kotor, atau baju kerja belum disetrika, dan masalah lainnya.

Baca yuk, Pengertian dan Tugas General Manager

Ditambah jika Anda bangun kesiangan, hal-hal seperti ini akan membuat mood Anda semakin berantakan. Sehingga berangkat kerja pun menjadi malas ditambah hari tersebut adalah hari pertama Anda bekerja setelah liburan.

2. Berangkatlah Lebih Pagi Setelah Liburan Usai

Jadikan hari pertama Anda bekerja setelah liburan sebagai hari baru yang menyenangkan. Tanamkan dalam fikiran bahwa Anda harus kembali bekerja dengan senang dan semangat. Sehingga harus bangun pagi dan berangkat bekerja lebih pagi.

Sebelum berangkat kerja di pagi hari, tenangkan terlebih dahulu fikiran Anda dan lupakan semua prasangka-prasangka yang mungkin akan ditemui di kantor.

Udara pagi yang segar, akan membuat mood menjadi lebih baik dan memberikan semangat produktif di tempat kerja. Ini bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk kembali bersemangat setelah liburan panjang.

Berangkat lebih pagi untuk bekerja akan membuat Anda datang di tempat kerja dengan perasaan yang tenang, dan tidak akan ada perasaan takut terlambat menghantui. Perasaan relax ini akan membuat mood Anda baik sepanjang hari.

Sebaliknya, jika datang dengan terburu-buru karena kesiangan. Akan membuat Anda terlambat dan perasaan panik karena terburu-buru akan membuat mood berantakan. Sehingga saat bekerja bisa menjadi kurang berkonsentrasi.

Ketepatan waktu juga merupakan ciri profesionalisme dalam bekerja. Meskipun setelah liburan panjang dan Anda datang lebih awal ke tempat kerja, akan membuat rekan kerja bahkan pimpinan menilai Anda sebagai karyawan yang disiplin.

Reputasi seperti ini akan menjadi nilai plus yang akan melengkapi sederet prestasi yang telah Anda capai selama ini.

3. Kembali Bekerja Secara Perlahan

Jangan terburu-buru melakukan pekerjaan karena merasa banyak hal yang tertinggal setelah liburan panjang. Mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru juga akan membuat pekerjaan lebih lama selesai. Mood dan fikiran masih belum kembali fokus untuk bekerja.

Ini bisa membuat banyak hal yang terlupakan, bahkan hasilnya tidak akan maksimal. Bekerjalah secara perlahan saat pertama kali masuk setelah liburan, ini bisa membuat Anda lebih fokus dan teratur. Nikmatilah prosesnya dengan bekerja secara perlahan.

Sebelum bekerja, jangan lupa untuk menyapa rekan kerja di kantor. sapalah mereka dengan wajah ceria Anda. Cara ini akan menunjukan sikap Anda yang ramah, duduk sebentar dan bercakap-cakaplah dengan mereka.

Ini akan membuat Anda bisa lebih cepat menerima informasi dari mereka. Selain itu, semangat yang rekan kerja Anda miliki juga bisa menular pada Anda.

Kemudian, ceklah terlebih dahulu email yang masuk saat Anda tidak masuk. Jangan coba untuk menanggapi semuanya sekaligus, karena akan membuat Anda kewalahan.

Hapuslah email masuk yang tidak perlu, tandai yang penting untuk memudahkan. Dan segeralah balas email yang sifatnya penting dan membutuhkan tanggapan segera.

Jangan menempatkan terlalu banyak tugas di meja pada hari pertama kerja. Lakukanlah tugas pekerjaan sehari-hari dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah terlewat terlebih dahulu. Tahanlah diri untuk tidak mengambil proyek baru dan tugas baru di hari pertama masuk.

Selanjutnya mengambil waktu istirahat sejenak di siang hari adalah hal yang lebih baik ketimbang harus menyelesaikan pekerjaan yang tertinggal sebelum jam kerja selesai. Ini bisa membantu tubuh Anda menyesuaikan dari mode liburan ke rutinitas pekerjaan.

Cara ini juga bisa menghindarkan diri dari stres dan kelelahan bekerja setelah liburan. Jangan memaksakan tubuh untuk bekerja seharian penuh, karena akan membuat pekerjaan menjadi tidak efektif.

4. Buat To Do List Agar Lebih Fokus Bekerja

Jika semangat bekerja berkurang setelah liburan, ada baiknya Anda membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan atau to do list, sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar dan teratur. Semangat yang menurun akan membuat Anda tidak fokus bahkan malas untuk bekerja.

To-do-list juga bisa berguna untuk menghindari beberapa pekerjaan yang tidak penting dan mengganggu produktivitas. Buatlah to-do-list yang mencakup hal-hal yang harus diprioritaskan. Ini bisa membantu Anda mengingat kebiasaan awal yang harus dilakukan di tempat kerja.

Karena setelah liburan tentu saja banyak hal yang terbengkalai, maka membuat ulang jadwal kegiatan dari mulai bangun hingga tidur kembali tentu saja sangat membantu Anda menjadi kembali produktif di tempat kerja.

5. Review Proyek yang Tertinggal Setelah Liburan

Setelah libur panjang, pasti banyak sekali hal pekerjaan yang terlewatkan, sehingga menumpuk. Atau bahkan ada proyek yang sedang dilakukan, tetapi belum selesai. Itulah kenapa Anda harus review beberapa proyek yang tertinggal selama liburan.

Meskipun Anda tidak hadir, kantor akan menuntut Anda. Maka dari itu, periksalah proyek yang sedang dikerjakan jika mungkin ada perkembangan terbaru.

Jika seseorang sudah melakukannya saat Anda pergi liburan, maka lakukan review apa saja yang sudah dilakukan. Buat sebuah catatan terimakasih untuk umpan balik.

6. Segera Sesuaikan Diri dan Kembali Aktif

Datang ke kantor, lupakanlah nyamannya suasana saat liburan. Ini bisa membuat Anda malas untuk bekerja dan badan bisa menjadi lebih lesu. Untuk itu langsunglah fokus ke masalah pekerjaan agar bisa kembali bekerja dengan baik.

Setelah liburan panjang, kembali ke rutinitas kerja memang tidak mudah. Rasa malas pasti datang sehingga kebiasaan saat liburan harus segera diubah. Lakukan penyesuaian untuk kembali aktif kembali. Jangan terlalu lama, karena akan membuang banyak waktu.

Baca juga, 8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Lakukanlah pekerjaan yang sudah menanti semaksimal mungkin pada waktu yang sudah ditentukan. Ini bisa membuat banyak pekerjaan terselesaikan dengan maksimal. Sehingga tidak ada kata malas untuk kembali bekerja setelah liburan.

7. Buat Kesenangan dalam Bekerja

Mengembalikan semangat kerja setelah liburan bisa dilakukan dengan cara melakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Misalnya bisa bekerja sambil mendengarkan musik, mendengarkan podcast favorit yang seru, minum kopi, atau makan makanan ringan kesukaan.

Bisa juga dengan bertemu orang-orang yang selalu memotivasi Anda dalam bekerja. Jangan malah bertemu dengan rekan kerja yang malas. Karena jika bertemu dengan orang yang malas, cenderung akan membuat Anda ikut merasa malas.

Kesenangan atau kebahagiaan di tempat kerja bisa dibangun dengan terciptanya rasa nyaman dan bahagia di sebuah ruangan yang menurut kita cocok. Sehingga sangat penting untuk menciptakan suasasna yang nyaman di ruang kerja, misalnya dengan memaksimalkan meja kerja.

Caranya bisa dengan menyimpan pengharum kecil di ats meja kerja, meletakan vas bunga kesukaan, menaruh foto pasangan atau keluarga saat liburan di bingkai cantik, atau bahkan menyimpan camilan kesukaan dalam laci.

Dengan menciptakan ruangan kerja atau meja kerja yang nyaman, akan membuat Anda bahagia dan kembali bersemangat bekerja setelah liburan panjang.

Meja kerja juga mencerminkan kepribadian seseorang. Jika meja kerja berantakan, fokus bisa cepat hilang sehingga bisa mudah stres dan pekerjaan akan menjadi banyak yang tertunda. Apalagi setelah liburan panjang, melihat meja kerja yang berantakan pasti akan membuat rasa ingin bekerja jadi hilang.

8. Kembali Menabung untuk Liburan

Ingatlah, betapa menyenangkannya libur panjang sebelum kembali bekerja. Anda bisa menikmati banyak hal, seperti pergi ke suatu tempat yang sudah lama ingin dikunjungi, membeli makanan dan minuman yang menjadi ciri khas daerah tersebut adalah hal yang paling menyenangkan saat liburan.

Dan juga harus diingat bahwa liburan adalah hal yang sangat penting dinikmati para karyawan. Liburan bisa meningkatkan kinerja produktivitas karyawan.

Saat melakukan perjalanan, Anda akan menemukan pengalaman baru yang kemudian menjadikan pribadi yang lebih kreatif. Liburan juga bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi saat bekerja.

Perlu diingat bahwa setiap atasan pasti suka memiliki bawahan yang produktif. Pekerja yang produktif bisa membuat waktu bekerja menjadi lebih hemat, memberikan nilai lebih pada produk dan jasa yang ditawarkan, membuka peluang pengembangan diri yang lebih besar dan juga meningkatkan keuntungan.

Selain itu, liburan juga bisa meningkatkan performa psikis dan menciptakan kebahagiaan karyawan. Liburan bisa meningkatkan jalinanan kekeluargaan seorang karyawan, membuat kenangan indah dan merasakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Untuk itu, jadikan hal ini motivasi Anda untuk kembali bersemangat saat bekerja. Jika Anda tidak terlahir sebagai anak Sultan, liburan ke suatu tempat yang diinginkan bukanlah hal yang mudah. Haruslah mengumpulkan pundi-pundi rupiah terlebih dahulu agar bisa liburan.

Kembalilah bekerja dengan produktif, dan jadikan liburan sebagai waktu untuk re-charge tubuhmu yang lelah bekerja. Dengan begitu akan banyak hal positif yang bisa didapatkan.

Buatlah atasanmu bangga dengan hasil kinerjamu setelah liburan. Siapa tahu jika cara kerjamu bisa lebih baik setelah liburan, atasan bisa menaikan pangkat Anda, bahkan menghadiahi tiket liburan.

Demikianlah 8 tips mengembalikan semangat kerja setelah liburan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Kembali bekerja setelah liburan panjang memang membuat malas. Tetapi hal tersebut tentu saja tidak boleh berlarut-larut dan harus segera diatasi.

Untuk itu, Anda yang kembali bekerja setelah liburan harus kembali bersemangat. Agar bisa kembali menabung untuk liburan lagi. Semoga tips yang kami bagikan bermanfaat, dan bisa Anda terapkan dengan mudah. Selamat mencoba.

Published by
Tohir

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

4 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

5 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

5 bulan ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

7 bulan ago
  • Perilaku Kerja

Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal…

8 bulan ago