Umum

7 Aturan Makan dan Minum di Kantor Saat New Normal

Tidak terasa sudah satu tahun masa pandemi Covid-19 kita hadapi. Mau tidak mau kita harus berada dalam kondisi kehidupan yang baru, atau dikenal dengan istilah new normal. Di masa new normal ini, banyak kantor yang sudah kembali beroperasi.

Meskipun sudah tersedia vaksin, tentunya kita harus terus berhati-hati dengan menjaga kesehatan dan kebersihan agar tidak terinveksi virus Corona.

Untuk yang sudah kembali beraktivitas di kantor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindari dari bahaya Covid. Salah satunya aturan untuk makan dan minum saat di kantor.

erikut ini adalah 7 aturan makan dan minum di kantor saat new normal.

1. Rutin Mencuci Tangan dengan Bersih

Untuk menjaga diri agar tetap bersih dan terhindar dari bahaya Covid-19, yaitu harus tetap menjaga kebersihan tangan. Caranya dengan rutin mencuci tangan setiap setelah menyentuh barang yang digunakan secara umum.

Rutin Mencuci Tangan dengan Bersih

Kantor juga hendaknya menyediakan fasilitas dan aturan untuk karyawannya agar selalu mencuci tangan. Dan mempermudah karyawan untuk menggunakan fasilitas tanpa harus menyentuh alat tersebut.

WHO menyarankan untuk mencuci tangan sebagai langkah dasar perlindungan dari Covid-19. Mencuci tangan seseirng mungkin sangat disarankan, karena akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk menjaga diri dari Covid-19. Tetapi cuci tangan juga tidak boleh sembarangan. Ada aturan yang harus diketahui untuk mencuci tangan yang benar. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama, basahi tangan dengan air.
  2. Kemudian tuang sabun secukupnya agar busanya bisa menutupi permukaan tangan.
  3. Gosokan telapak tangan satu ke telapak tangan yang lainnya.
  4. Gosok juga punggung tangan dan sela jari dengan sempurna.
  5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan psosis jari saling bertautan.
  6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
  7. Gosokan bagian ujung jari agar bagian kuku juga terkena sabun.
  8. Gosok tangan yang bersabun dengan air yang mengalir.
  9. Keringkan tangan dengan tissue atau lap sekali pakai. Pastikan tidak menggunakan handuk tangan secara bersamaan.

Agar kegiatan mencuci tangan tidak membosankan, cobalah cara baru misalnya dengan menyanyikan lagu cuci tangan seperti anak sekolahan. Sehingga kesan lucu masih bisa dilakukan ketika sudah bosan mencuci tangan.

Jika memang sedang tidak ada air atau sabun. Atau tidak memungkinkan menggunakan air dan sabun, gunakanlah hand sanitizer yang memiliki setidaknya 60 persen alkohol.

Baca juga : Enaknya Jadi Karyawan, ini 8 Keuntungan yang Dapat Dinikmati

Meskipun memang hand sanitizer tidak bisa menghilangkan kuman, tidak seefektif saat cuci tangan. Hand sanitizer bisa menjadi alat yang mudah digunakan dan mudah dipakai. Cukup mengoleskan gel di tangan, dan gosok permukaan tangan, jari dan sela-sela jari.

2. Membersihkan Semua Permukaan Tempat Makan Umum

Aturan makan dan minum di kantor saat new normal selanjutnya adalah dengan memperhatikan tempat makan umum. Di kantor haruslah tersedia pembersih tangan berbasis alkohol yang bisa membunuh virus di seluruh ruangan kantor.

Penempatannya juga bisa di dekat dapur atau tempat makan. Dan jangan lupa untuk membuat papan pemberitahuan agar karyawan selalu menjaga kebersihan,dan membersihkan permukaan tempat makan, sebelum dan sesudahnya.

Pihak kantor bisa menyediakan tisue anti bakteri dan pembersih tangan sekali pakai di setiap area makan. Untuk memudahkan para karyawan menjaga kebersihan tempat makan umum. Dengan begitu, kesehatan para karyawan bisa terus terjaga.

Pihak kantor juga hendaknya selalu menjaga kebersihan setiap permukaan toilet yang sering disentuh. Seperti keran, gagang pintu, gagang atau pegangan lain dengan menggunakan produk anti bakteri.

Selain itu, pastikan untuk rutin menyemprotkan disinfektan yang memiliki kegunaan untuk membuhun virus. Disinfektan merupakan larutan pembunuh kumah khusus pada permukaan benda mati.

Disinfektan biasanya digunakan untuk membunuh kuman pada alat kesehatan sebelum digunakan agar steril. Virus Corona bisa hidup di udara hingga tiga jam, pada tembaga empat jam, pada kardus 24 jam, dan plastik serta stainless steel 72 jam.

Sehingga pembersihan ruangan umum apalagi ruangan makan yang biasa digunakan secara rutih dengan menggunakan disinfektan wajib dilakukan. Cara mendisinfeksi yang benar adalah alat permukaan harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit agar kuman mati.

3. Hindari Makan di Luar Kantor

Jika sebelumnya terbiasa makan di kantin, sebaiknya hindari terlebih dahulu. Usahakan untuk membawa bekal dari rumah agar tidak harus pergi ke tempat ramai untuk membeli makan.

Membawa bekal sendiri memang solusi yang sangat baik saat harus bekerja di new normal. Aturan makan dan minum di kantor saat new normal ini hendaknya menghindari kerumunan apapun, apalagi diam dalam tempat tertutup bersama banyak orang dalam waktu yang lama.

Seperti misalnya makan diluar. Keluar kantor saja tidak disarankan bagi karyawan yang harus bekerja di new normal, apalagi makan di luar kantor seperti di restaurant atau di cafe.

Selain peralatan yang digunakan secara bersamaan, makan di restoran atau di cafe memungkinkan kontak langsung dengan orang luar . Serta harus berada dalam satu ruangan bersama banyak orang. Bukan tidak mungkin salah satunya adalah penderita Covid-19.

Hindarilah kontak dengan terlalu banyak orang, untuk menekan penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi penyebarannya. Jika terlalu malas membawa bekal, bisa membeli makanan pesan antar.

Dilansir dari AloDokter bahwa meskipun virus Corona bisa hidup di benda mati, penularan infeksi virus Corona melalui makanan pesan antar terbilang lebih kecil. Hingga saat ini, penularan Covid-19 paling banyak terjadi melalui kontak langsung dengan orang.

WHO juga merilis pernyataan bahwa corona tidak bisa berkembang biak dalam makanan. Meskipun begitu, Anda harus tetap waspada juga saat membeli makanan pesan antar.

Caranya, pastikan layanan pesan antar yang digunakan bisa menggunakan cashless, usahakan tidak membayar dengan kartu debit atau uang tunai. Sehingga Anda tidak harus kontak dengan pembawa makanan.

Selain itu, tetap terapkan physical disancing, mintalah kurir untuk meninggalkan makanan diluar atau di depan pintu sebagai salah satu upaya physical distancing. Dan yang tidak kalah penting adalah gunakan masker saat berinteraksi dengan kurir.

Selanjutnya, cuci tangan sebelum dan sesudah mengambil makanan. Jangan lupa juga untuk membuang kemasan makanan dan sebelum disantap makanan harus dipindahkan ke wadah lain.

4. Menghindari Katering Kantor

Agar terhindar dari penggunaan peralatan kantor secara bersamaan, lebih baik membeli makan sendiri atau membawa bekal dari rumah. Dibandingkan dengan mengkonsumsi katering kantor yang dikemas secara prasmanan.

Selain itu, membawa makanan dari rumah akan lebih sehat dan peralatan yang digunakan lebih higienis. Infeksi bakteri dan virus dari orang yang sakit bisa dihindari dengan membawa makanan dan peralatan sendiri dari rumah.

Selain itu, mengkonsumsi makanan secara bersamaan juga merupakan hal yang bisa menularkan virus dengan mudah. Maka, sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang dikonsumsi atau dipakai bersama.

Misalnya menggunakan saus yang ukurannya besar di dapur. Atau minuman kemasan berukuran besar yang bisa diminum bersama-sama sebaiknya dihindari di kantor.

Selain itu, Anda harus menghindari membeli snack dengan ukuran jumbo untuk dimakan bersama. Lebih baik membeli yang ukurannya lebih kecil untuk dibagi-bagikan kepada teman sekantor.

Jikapun akan memesan makanan yang akan dikonsumsi bersama, lebih baik makanan tersebut sudah dipisah-pisah untuk perorang. Sehingga kemungkinan menyentuh tempat makan tersebut secara bersamaan bisa dihindari.

5. Membawa Alat Makan Sendiri

Yang perlu diperhatikan untuk aturan makan dan minum di kantor saat new normal yaitu menghindari penyediaan alat amakan untuk digunakan secara bersamaan. Cara ini merupakan tindakan pencegahan yang sebisa mungkin harus dilakukan.

Sebaiknya karyawan membawa alat makan sendiri. Dan penyediaan penggunaan alat makan yang digunakan secara bersama, seperti sendok, garpu, penjepit makan dan yang lainnya dihentikan terlebih dahulu.

Selain alat makan, wajib juga membawa wadah minum dari rumah. Meski bisa dibersihkan dengan sabun, sebaiknya membawa wadah minum yang terpisah dari rekan kantor. Dengan memisah wadah minum, kemungkinan kontaminasi virus di kantor bisa dicegah.

Pastikan juga selalu mengingatkan karyawan untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh peralatan makan umum. Seperti misalnya gelas untuk minum kopi, serbet untuk mengelap, dan alat lainnya.

Jika tidak memungkinkan untuk membawa peralatan sendiri dari rumah, sebaiknya memesan peralatan makan yang terpisah dari pengiriman katering di kantor. Hal ini dimaksudkan agar peralatan tidak banyak disentuh oleh tangan orang lain.

6. Menjaga Jarak Saat Makan

Selain yang sudah disebutkan di atas, aturan makan dan minum di kantor saat new normal yang kami rekomendasikan adalah dengan menjaga jarak saat makan. Dan hindari makan di ruangan yang sama saat bekerja sehingga harus membuka masker.

Membuka masker di kantor, artinya memaparkan diri ke resiko yang lebih besar untuk terkena Covid-19. Ingat, saat di kantor karyawan menggunakan ruangan yang sama dan menghirup udara yang sama.

Sehingga, sangat tidak disarankan untuk makan di tempat bekerja. Carilah ruangan terbuka di kantor yang lebih sepi dengan ventilasi yang lebih baik dan besar. Karena ventilasi ruangan yang baik adalah langkah tepat untuk mencegah penularan Covid-19.

Saat makan, pastikan untuk membawa masker cadangan. Karena tentunya kita harus membuka masker saat makan. Dan masker yang sudah digunakan tersebut dan dibuka akan terkontaminasi virus atau patogen lain dari leher.

Sehingga jika masker di geser ke bawah, kontaminasi akan pindah dari leher ke masker. Itulah kenapa tidak disarankan untuk menggunakan kembali masker yang telah digunakan dan digantung di leher. Pasalnya masker sudah tidak steril lagi dan akan memaparkan patogen.

7. Tidak Menyentuh Keran Dispenser

Dispenser adalah alat yang sering digunakan di kantor. Karena biasanya karyawan sangat butuh minum untuk menghindari dehidrasi saat bekerja.

Penularan virus corona adalah melalui udara dan air liur orang yang terpapar. Sehingga sebisa mungkin tidak menyentuh keran dispenser yang banyak disentuh oleh orang lain.

Selain itu, gelas atau botol minum orang lain juga bisa saja tidak sengaja menyentuh keran tersebut. Bisa saja bekas bibir mereka bersentuhan dengan keran dispenser Sehingga memudahkan penularan virus.

Itulah aturan makan dan minum di kantor saat new normal yang harus dipatuhi setiap karyawan di kantor. Dan diterapkan oleh perusahaan saat akan mempekerjakan kembali karyawan di kantor.

Baca juga : Ini Dia, Tips Menjadi Karyawan yang Oke di Bulan Pertama Masuk Kerja

Jika Anda sakit, mintalah izin untuk tidak masuk kerja. Atau jikapun memungkinkan, bekerjalah dari rumah terlebih dahulu untuk sementara waktu sampai kondisi memungkinkan untuk bekerja kembali.

Published by
Tohir

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

3 bulan ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

3 bulan ago
  • Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu,…

3 bulan ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

4 bulan ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

5 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

6 bulan ago