Umum

5 Drama Korea yang Mengajarkanmu Tentang Lika-Liku Dunia Kerja

Apakah Anda menyukai drama korea? Drama Korea memang identik dengan tema romantis. Tteapi selain itu, ada pula drama-drama yang mengangkat tema tentang dunia kerja. Apa saja judul dramanya? Yuk, cek artikel berikut ini!

Dari tahun ke tahun drama Korea tentang latar belakang pekerjaan banyak diproduksi. Banyak konflik di dunia pekerjaan yang menarik untuk diangkat ke layar televisi. Konflik yang diangkat diharapkan bisa menjadi bekal bagi para penonton untuk bisa beradaptasi di lingkungan pekerjaan.

Tidak hanya konflik di dunia pekerjaan, tetapi sulitnya mencari pekerjaan pun menjadi tema yang banyak dibahas dalam drama Korea. Karena memang sulitnya mencari pekerjaan menjadi masalah di berbagai negara.

Drama Korea juga biasanya dibumbui dengan kisah humor dan romantis. Membuat drama berlatar belakang pekerjaan ini tidak membosankan. Nah, berikut akan kami ulas 5 drama Korea yang mengajarkanmu tentang lika-liku dunia kerja.

1. Drama Korea Misaeng

Misaeng adalah drama Korea yang berlatar belakang lika-liku dunia pekerjaan. Drama ini diadaptasi Webtoon dan juga sudah diadaptasi ke film layar lebar. Drama ini dibintangi oleh aktor papan atas Korea, seperti Kang Ha Neul, Kang So Ra, Im Si Wan, Lee Sung Min, Byung Yo Han dan Kim Dae Myung.

Misaeng ditayangkan di TvN pada tahun 2014 lalu dan berhasil menjadi tontonan yang seru dan berkualitas. Karena tema yang diangkat sangat menarik dengan alur cerita yang juga tidak membosankan.

Drama Misaeng ini hampir tidak ada cerita romansa di dalamnya. Cocok sekali untuk Anda yang kurang suka dengan drama romantis. Sehingga dramanya lebih berbeda dari yang lain, ditambah dengan akting dan plot yang sangat keren dari para pemainnya.

Drama ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Jang Geu Rae, seorang pemain baduk profesional. Ia mendedikasikan masa mudanya untuk menjadi pemain baduk. Tetapi karena kondisi ekonomi, Geu Rae mengubur cita-citanya dan mencoba menjadi karyawan magang di perusahaan perdagangan.

Ia kemudian diterima berkat seorang relasi. Masalah pun timbul karena Geu Rae hanya memiliki ijazah SMA dan tidak menguasai satupun bahasa asing. Sehingga ia merasa kesulitan di perusahaan tersebut.

Bekerja di perusahaan tersebut membuatnya merasa menjadi pegawai paling bodoh dan menjadi bahan ejekan teman kantornya. Bahkan dia dikucilkan oleh sesama karyawan, hingga akhirnya dia sadar bahwa ilmunya sangat kurang dan kualifikasinya menjadi benturan terbesar untuk Geu Rae.

Tetapi, hebatnya Geu Rae tidak pantang menyerah terus belajar dan bekerja keras. Ia juga menjadikan baduk sebagai filosofi dia bekerja.
Drama ini tidak hanya fokus ke kehidupan Jang Geu Rae, tetapi tokoh lainnya juga menarik untuk diikuti. Seperti misalnya Oh Sang Sik, seorang menager penjualan tim 3 yang memiliki masa lalu buruk terkait pegawai magang yang pernah bergabung dengan timnya.

Masa lalunya membuatnya merasa bersalah. Apalagi dia harus patuh kepada atasannya yang bermain politik dalam perusahaan. Totalitas peran yang dimainkan oleh sang manager membuat kita tidak bisa melewatkan satu episode pun dari drama ini.

Drama Korea Misaeng ini sangat mirip dengan kehidupan kantoran nyata. Di dalamnya banyak sekali persaingan ketat dan sengit. Konflik yang dihadapi setiap pemain juga sangat seru dan layak untuk dijadikan pembelajaran hidup.

2. Drama Korea She Was Pretty

Selanjutnya adalah She Was Pretty. Drama ini sangat menarik karena dibintangi oleh dua aktor papan atas Park So Jeon dan Hwang Jung Eum yang sudah malang melintang di dunia drama Korea.

Ditambah cerita dari drama ini yang lucu dan romantis, dengan latar belakang lika-liku dunia kerja yang sering kita temui.

Drama Korea ini memiliki banyak cerita romantisnya dibandingkan dengan Misaeng. Tetapi banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari dunia pekerjaan yang digeluti dalam She Was Pretty ini.

Hye Jin (yang diperankan oleh Hwang Jung Eum) adalah seorang gadis yang merasa dirinya jelek dan tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea. Wajahnya berjerawat dengan rambut yang tidak rapi.

Ini membuatnya merasa tidak percaya diri untuk jujur dan bertemu dengan cinta pertamanya sewaktu kecil. Yang dulu bertubuh gemuk dan lucu, tetapi sekarang sudah berpenampilan berwibawa dan tampan.

Hye Jin tinggal bersama temannya tanpa biaya sewa yang ia keluarkan. Awalnya ia bekerja sebagai pegawai paruh waktu di toko serba ada.
Ia kemudian mencari pekerjaan lain yang lebih jelas, tetapi mencari pekerjaan tidak mudah baginya. Ia berfikir, mungkin ia tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena tidak secantik sahabatnya Min Ha Ri yang tinggal bersamanya.

Hingga akhirnya nasibnya berubah dan ia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan besar bernama JinSung Magazine, sebuah perusahaan tabloid ternama. Dia mendapatkan posisi di divisi penunjang management.

Perjuangan Hye Jin sangat keren di drama ini. Meskipun sering di ejek jelek, dia tidak pernah marah. Hye Jin membalasnya dengan kualitas kerja yang dia emban. Hal ini sepatutunya dicontoh oleh Anda yang sedang menghadapi masalah yang sama seperti Hye Jin.

Hye Jin selalu mengerjakan pekerjaannya dengan sangat baik.yang membuatnya diminta oleh senior Kim Shin Hyuk untuk magang selama 3 bulan di divisi The Most.

Hye Jin diminta untuk memperbaiki penjualan The Most yang menurun. The Most merupakan Tabloid terkenal bagian dari Jinsung Magazine. The Most ini dikabarkan akan tutup jika penjualannya tidak berada di peringkat pertama.

Baca juga, Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Perjuangan Hye Jin saat bekerja di perusahaan Jinsung Magazine memang patut diacungi jempol. Drama ini akan mengajak kita untuk tidak mudah menyerah menghadapi berbagai kesulitan dalam pekerjaan. Ditambah dengan kualitas akting para pemain yang sudah tidak diragukan lagi.

3. Drama Korea Search : WWW

Selanjutnya drama yang sangat menarik perhatian, dan bercerita tentang lika-liku dunia kerja adalah Search WWW. Drama ini bercerita tentang tiga orang perempuan yang menjadi wanita karier dan permasalahan di dunia kerja yang harus mereka hadapi.

Tiga wanita lajang nan cerdas ini berhasil membuktikan karir cemerlang mereka di dunia kerja. Dan seiring berjalannya waktu banyak hal yang mengganggu ketenangan kehidupan pribadi mereka.

Seperti masalah yang dihadapi seorang direktur perusahaan situs web terkemuka Bae Ta Mi, yang karirnya hancur akibat tipu daya mantan mentornya Song Ga Kyung. Ta Mi berniat membalas dendamnya kepada perusahaan pesaingnya dengan bergabung ke dalam perusahaan tersebut.

Ia akhirnya bekerja sama dengan Cha Hyun perempuan ahli judo. Masalah bermunculan saat ia harus bekerjasama dengan Cha Hyun karena bedanya karakter mereka. Tetapi, hal ini tidak menyurutkan ambisi Ta Mi untuk menjadikan perusahaannya sebagai perusahaan web nomor satu di Korea.

Drama ini menggambarkan persaingan di dunia kerja IT. Penggambaran persaingan yang dilakukan oleh tiga orang wanita yang mampu menjadikan drama ini sangat seru dan wajib ditonton. Jika menonton drama ini Anda akan terbawa suasana semangat ketiga wanita hebat ini.

4. Drama Korea Start Up

Selanjutnya drama yang sukses membuat anak muda tergugah untuk terus kreatif adalah drama Korea Start Up. Drama ini bercerita tentang anak-anak muda yang penuh ambisi untuk mewujudkan impian membuat sebuah perusahaan start up.

Dimulai dengan cerita seorang perempuan bernama Dal Mi yang ingin sukses seperti Steve Jobs. Ia memutuskan untuk keluar dari kuliah dan bekerja sambilan agar bisa mendapatkan sejumlah uang untuk membangun perusahaan.

Ada juga Nam Do san, yang mendirikan Samsan Tech yang awalnya bekerja di sebuah ruangan kecil bersama temannya. Ia seringkali mendapatkan penentangan dari keluarganya karena tidak bekerja. Perusahaan Nam Do San sudah berumur 2 tahun tetapi tidak berjalan cukup baik.

Dan ada Han Ji Pyeong seorang pimpinan perusahaan start up yang telah sukses yang terlahir dari keluarga kaya. Han Ji Pyeong kemudian membantu Dal Mi dan Do San untuk membangun perusahaan start up mereka.

Drama Start Up memberikan gambaran berbagai hal yang harus dilewati untuk mencapai kesuksesan. Drama ini juga tidak melewatkan kisah cinta antara ketiga pemeran utama. Membuat penonton Start Up terbai menjadi dua kubu, yaitu tim Do San dan tim Ji Pyeong.

Selain cinta segitiga, banyak pengetahuan mengenai perusahaan start up yang bisa kita temukan di drama ini. seperti pembentukan tim start up, jenis-jenis start up, pembuatan ide, promosi proposal, pembagian saham, modal, hiingga perolehan keuntungan start up.

5. Drama Korea Clean With Passion for Now

Terakhir, drama korea yang mengajarkan tentang lika-liku dunia kerja adalah Clean With Passion for Now. Drama ini keluar tahun 2018 yang bercerita tentang karakter Gil Oh Sol seorang gadis yang sudah mengikuti lebih dari 90 kali wawancara kerja dan tetap saja gagal.

Ia memiliki keluarga yag miskin, yang mengharuskannya bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan di tengah sulitnya mencari kerja di Korea. Gil Oh Sol merasa malu karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Gil Oh Sol merasa tidak ada yang bisa dibanggakan dari hidupnya kecuali fakta bahwa dia dulu adalah calon atlit lari. Tetapi cita-citanya tidak pernah pupus untuk membantu menghindupi biaya hidup keluarganya yang sempat digusur.

Gil Oh Sol memiliki fikiran yang positif dan semangat yang membuatnya tidak pantang menyerah untuk tetap mencari pekerjaan. Hal ini tentu saja patut dicontoh oleh para pencari kerja agar tidak pantang menyerah dan selalu berfikir positif.

Oh Sol yang berkali-kali gagal ini pun mendapatkan pekerjaan di perusahaan Seon Kyul yang merupakan penderita OCD yang gila kebersihan. Awalnya Oh Sol berniat bekerja sementara, tetapi ia merasa pekerjaan tersebut adalah pekerjaan terbaik untuknya.

Oh Sol digambarkan sebagai perempuan dengan karakter menarik yang memiliki prinsip teguh dan keputusan yang dia ambil tidak pernah abu-abu. Dia selalu tahu apa yang dia mau. Ini membuat penonton bisa belajar dari karakter Oh Sol di dunia kerja.

Baca yuk, Inilah 4 Pekerjaan Bidang Keuangan yang Paling Diminati Milenial

Itu dia 5 drama Korea yang mengajarkanmu tentang lika-liku di dunia pekerjaan. Dengan menonton drama korea rekomendasi kami, Anda pasti bisa memetik banyak hal, seperti motivasi untuk tetap semangat di dunia kerja. Selain itu para pemainnya juga sangat memanjakan mata.

Menonton drama Korea tidak hanya sebatas hiburan semata. Banyak pesan moral yang bisa kita petik dari drama Korea dengan tema seperti ini. Semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat menonton drama korea pilihan kami.

Published by
Afifah

Recent Posts

  • Mencari Kerja

Bisakah Melamar Kerja Meski Tidak Ada Lowongan? Berikut Tipsnya

Melamar kerja tanpa ada lowongan?Memang Bisa? Why Not? Anda bisa coba tips berikut ini! Apakah…

17 jam ago
  • Karier

8 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Liburan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi para karyawan. Sayangnya, bila liburan terlalu lama pun…

3 hari ago
  • Sampingan

Cara Membuat Business Plan Sederhana dan Efektif untuk Karyawan

Apakah Anda seorang karyawan dan berencana untuk menjalankan bisnis? Jika iya, maka sebelum menjalankan bisnis…

3 minggu ago
  • Karier

Pengertian dan Tugas General Manager

Menjadi seorang general manager bukanlah perkara yang mudah. Walaupun memiliki gaji yang cukup besar, tanggung…

3 bulan ago
  • Perilaku Kerja

8 Kebiasaan Buruk Saat Duduk yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pekerja Kantoran

Bekerja keras dan cerdas memang sangat diperlukan. Tetapi jangan lupa harus memperhatikan pula kesehatan. Karena…

3 bulan ago
  • Perilaku Kerja

Inilah 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja selama delapan jam setiap harinya tentu akan meberikan efek lelah dan bosan. Jika hal…

3 bulan ago