Jadi Karyawan

5 Contoh Cover Letter yang Sukses Dilirik HRD, Wajib di Coba!

Salah satu hal penting yang sering terlupakan atau kurang diperhatikan oleh para pencari kerja adalah tentang cover letter. Masih banyak juga yang malah tidak mengerti apa itu cover letter.

Padahal, di era digital dimana lamaran kerja seringkali di lakukan secara online tanpa harus langsung mengirimkan berkas-berkas ke kantor/perusahaan cover letter menjadi hal penting yang di perhatikan HRD.

Sayangnya, buakn hanya para freshgraduate yang tidak sadar untuk membuat cover letter menarik yang mampu menarik perhatian HRD tapi hal ini juga dilakukan oleh para pencari kerja berpengalaman.

Untuk mereview kembali apa saja yang perlu di perhatikan saat mengirim lamaran kerja ke perusahaan lewat imail, berikut adalah hal-hal penting yang perlu menjadi perhatian para pencari kerja!

# Mengupdate CV dan design dengan menarik

Ketika melamar pekerjaan, biasanya kita menggunakan CV yang sama untuk melamar ke beberapa perusahaan. Hal ini tidak masalah, selama CV yang Anda kirimkan adalah CV dengan kondisi terbaru.

Jangan sampai CV tahun lalu tidak di update. Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja, apalagi jika bidangnya masih berkaitan sebaiknya Anda mencantumkannya di CV.

Pastikan bahwa email dan nomor handphone anda tidak salah, atau bisa di hubungi dengan mudah oleh pihak perusahaan. Selain itu, desain CV juga penting di perhatikan.

Desain yang menarik membuat HRD juga tertarik membacanya. Menarik bukan berarti berlebihan ya! Desain CV dengan elegan, simple namun eye catching. Usahakan ukuran file CV tidak lebih dari 2 MB, untuk memudahkan hRD mendownload file.

# Membuat portofolio serapi mungkin

Jika Anda sudah pernah memiliki karya dalam pekerjaan Anda sebelumnya, buatlah karya Anda dalam sebuah file portofolio agar HRD tertarik untuk mempertimbangkan kemampuan Anda.

Biasanya portofolio memang dilampirkan oleh para pencari kerja, namun seringkali terksan asal-asalan dan tidak rapi. Hal ini bisa mempengaruhi penilaian HRD terhadap Anda Loh Jadi mulai sekarang buatlah portofolio aNda serapi mungkin.

# Isi subject email

Hindari mengosongkan subject email. Karena bisa jadi email Anda di anggap spam dan tidak di hiraukan sama sekali. Sebab email perusahaan biasanya ramai dengan pengirim email dari berbagai pihak.

Dari pada mengosongkan subject email, Anda bisa mengisinya dengan format Nama_Posisi Pekerjaan_Tahun. Dengan begitu, HRD bisa lebih mudah melihat email Anda dan berpotensi untuk di baca menjadi lebih tinggi.

# Isi body email dengan cover letter

Terakhir, jangan lupakan bagian body email. Inilah yang sering kurang di perhatikan oleh para pelamar kerja. Alih-alih mengisi dengan cover letter yang menarik, body email malah di biarkan kososng.

Terlebih lagi subject email juga di kosongkan. Jadi hanya melampirkan fiole CV dan portofolio saja. Padahal cover letter itu penting loh! Itu seperti perkenalan awal HRD dengan Anda. Jadi tentunya harus terlihat sopan dan, jelas dan rapi.

Cover letter bertujuan untuk memperkenalkan diri agar HRD berkenan menindak lanjuti lamaran, CV dan portofolio yang Anda di kirimkan.

Bagian-bagian cover letter yang wajib ada seperti salam, maksud dan tujuan serta sedikit ceritakan karakter dan pengalaman kerja. berbicara mengenai cover letter.

Cover letter bisa menggunakan bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa lainnya yang sesuai dengan konteks perusahaan tujuan. Usahakan tidak terlalu panjang dan tidak mengulang CV.

Baca: Tips Meningkatkan Keahlian Interpersonal dalam Karir

Nah, selanjutnya mari kita bahas lebih dalam mengenai beberapa cover letter yang sukses dilirik HRD dalam beberapa konteks!

1. Contoh Cover Letter Magang

Cover letter sebenarnya bukan hanya di perlukan ketika melamar pekerjaan tetap, tapi juga saat Anda melamar untuk mengajukan magang di sebuah perusahaan.

Jadi cover letternya pun akan berbeda dengan keperluan untuk bekerja ya. Bagaimana contohnya? Di bawah ini adalah contoh cover letter yang cocok untuk keperluan magang!

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya merupakan mahasiswa semester 7 di Universitas [Nama Universitas] dengan prodi [Nama Jurusan]. Berkenaan dengan informasi mengenai di bukanya program magang di website [www.namawebsite.com] saya menulis surat ini untuk mengisi posisi internship [nama bidang internship] di PT [Nama Perusahaan] selama [waktu magang]. Saya yakin bahwa pengalaman dan minat saya terhadap [bidang intership] sesuai dengan kualifikasi kandidat yang idelal

Sebagai mahasiswa, saya telah mempelajari pengetahuan mengenai [subjek yang berkaitan dengan internship dan prodi] dengan sangat baik. Selain itu saya juga pernah menjadi asisten dosen pada mata studi [Nama mata studi yang relevan] selama 2 semester berturut-turut ketika saya menginjak semester 5 dan 6. Program internship ini bisa menyediakan kesempatan terbaik untuk saya bisa membantu perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan juga untuk mengembangkan kemampuan [bidang yang berhubungan dengan internship]. Berdasarkan hal tersebut saya berharap Bapak/Ibu pimpinan berkenan mempertimbangkannya dalam memilih kandidat internship [nama bidang internship].

Saya yakin dapat menyelesaikan program intership [nama bidang internship] yang di selenggarakan oleh PT [Nama Perusahaan] dengan baik dan penuh tanggung jawab. Saya berharap dapat melakukan wawancara dan berbicara langsung dengan Bapak/Ibu PImpinan.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

2. Contoh Cover Letter Part-time

Selanjutnya, ada juga contoh cover letter untuk melamar pekerjaan part-time. Walaupun part-time , tapi cara melamar juga perlu di perhatikan. Apalagi jika Anda melamar di perusahaan yang cukup besar.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak contoh cover letter untuk melamar pekerjaan part-time berikut ini!

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan]/ [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Berdasarkan informasi lowongan kerja [Judul Pekerjaan Part-time] yang saya terima dari [namawebsite.com]/ sosial media, saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan CV dan portofolio yang saya lampirkan. SAya sedang mencari pengalaman praktik dalam [Bidang industri] dan saya merasa posisi part-time [judul perkerjaan part-time] yang tersedia di Perusahaan BApak/iBu sangat cocok dengan saya.

Sebelumnya, saya sudah menempuh pendidikan S1 di bidang [nama jurusan yang relevan] dan berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Saya juga sudah memiliki beberapa pengalaman sebagai [nama pekerjaan] di [nama perusahaan] dimana tanggung jawab saya adalah [deskripsi singkat tanggung jawab pekerjaan].

Saya yakin bahwa kemampuan dan karakter saya bisa membawa dampak positif kepada tim Bapak/Ibu di perusahaan. Saya berharap mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara lebih lanjut.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

[Nama Lengkap]

3. Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Banyak fresh graduate merasa pesimis karena harus bersaing dengan pencari kerja yang memiliki pengalaman kerja. Namun sebenarnya, freshgraduate juga dibutuhkan oleh perusahaan.

Hanya saja untuk menarik perhatian HRS, kita perlu membuat cover letter yang menarik. Di bawah ini adalah contoh cover letter yang bisa di gunakan para freshgraduate untuk menarik perhatian HRD.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pada posisi [Nama Jabatan/Pekerjaan]. Saya yakin bahwa saya adalah kandidat yang kuat untuk psoisi tersebut.

Saya baru saja mendapatkan gelar sarjana [gelar] dari universitas [nama universitas] pada tahun [tahun lulus]. Dengan pembelajaran yang telah saya tempuh selama ini, saya percaya bahwa saya dapat melakukan tanggung jawab sebagai [nama jabatan/pekerjaan] di PT [Nama perusahaan].

Berdasarkan informasi yang saya terima dari [sumber informasi pekerjaan], Bapak/ibu membutuhkan seseorang yang memiliki [kualifikasi inti dari pekerjaan]. Saya memiliki kemampuan tersebut dan juga pengalaman magang yang berkaitan dengannya. Pengalaman ini telah memperkaya wawasan dan kemampuan saya di bidang [pekerjaan] karena saya berhasil meraih beberapa pencapaian selama magang seperti [sebutkan pencapaian dari tanggung jawab selama magang].

Meskipun saya baru saja lulus, dari tempaan studi dan pengalaman magang tersebut saya mendapatkan pelajaran untuk melakukan pekerjaan secara profesional serta belajar untuk terus melakukan perbaikan dalam melaksanakan tanggung jawab. Untuk itu saya telah melampirkan CV terbaru saya. Saya berharap dapat berbincang untuk melakukan wawancara.

Terimaksih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

4. Contoh Cover Letter Untuk Berganti Pekerjaan

Jika posisi Anda masih bekerja namun ingin melamar ke perusahaan lain, dengan pekerjaan yang berbeda tentunya karakteristik cover letternya pun akan berbeda sebab pengalaman Anda di perusahaan sebelumnya akan kurang relevan.

Berikut contoh cover letter yang bisa menarik perhatian HRD untuk mempertimbangkan lamaran pekerjaan Anda jika Anda berniat untuk berganti pekerjaan.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya pada posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Pekerjaan ini di luar dari pengalaman dan prestasi saya yang tercantum dalam CV yang saya lampirkan. namun saya akan sangat senang untuk menjelaskan langsung informasi yang Bapak/Ibu butuhkan.

Sebelumnya saya bekerja di [nama perusahaan] dengan posisi [nama posisi] dimana saya bertanggung jawab untuk [tanggung jawab pekerjaan sebelumnya]. Selama saya bekerja, saya melakukan tanggung jawab dengan baik hingga mendapatkan beberapa pencapaian. Namun tujuan saya mengisi posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] adalah karena saya saat ini adalah merubah arah karir saya sesuai passion saya selama ini yaitu : [bidang passion yang relevan].

Mengapa saya yakin bisa sukses dalam industri ini? Minat dan antusiasme. Selama ini saya banyak belajar dan mengikuti kelas-kelas berkaitan [bidang passion yang relevan]. Saya juga juga termasuk orang yang mampu mendapatkan motivasi dari diri sendiri. Dengan kombinasi kedua hal tersebut saya yakin bahwa bekerja sebagai [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] akan menjadi kesempatan terbaik untuk mengembangkan kemampuan dan memberikan kemajuan bagi perusahaan.

Saya berharap dapat melakukan wawancara dan berbincang secara langsung dengan Bapak/Ibu.

Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

5. Contoh Cover Letter Sedang Tidak Bekerja

Terakhir, adalah contoh cover letter jika Anda sedang tidak bekerja dan ingin melamar sebuah pekerjaan. Artinya Anda sudah punya pengalaman kerja namun karena suatu alasan membuat Anda tidak bekerja saat melamar pekerjaan baru ini.

Berikut adalah contoh cover letter mernarik jika Anda sedang tidak bekerja.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Sebagai seorang [nama profesi] yang memiliki beberapa pengalaman, saya sangat tertarik dengan pembukaan lowongan kerja [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Sebelumnya saya bekerja sebagai [posisi yang relevan] di PT [Nama Perusahaan] selama […tahun]. Saya bertanggung jawab mengatur :

  • [deskripsi poin-poin tanggung jawab pekerjaan sebelumnya yang relevan]

Secara konsisten saya [deskripsi pencapaian dan prestasi kerja]

Pada tahun 2018, perusahaan melakukan restrukturisasi dan akhirnya posisi saya dihapuskan.

Saya yakin dengan pengalaman dan etika kerja saya akan mampu meningkatkan performa perusahaan [sebutkan target sesuai bidang]. JIka Bapak/Ibu setuju atas pengalaman saya akan mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan Bapak/Ibu, maka bisa menghubungi saya di nomor xxxxx atau melalui e-mail saya xxxxxxx.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

Penutup

Sampai di sini, bagaimana persiapan cover letter Anda? Apakah cover letter yang Anda buat sudah menarik? Sebelum mengirimkannya, ada baikya Anda review ulang.

Sebab setiap cover letter bisa berbeda-beda sesuai tujuan penggunaannya seperti yang contohkan di atas. Tentu saja Anda bisa memodifikasi cover letter sesuai kebutuhan.

Sekian contoh cover letter yang bisa di gunakan untuk berbagai konteks mencari kerja. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam membuat cover letter yang menarik untuk melamar di perusahaan impian Anda.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Unik yang Diajukan Bos Perusahaan Besar

Exit mobile version