Jadi Karyawan

10 Pertanyaan Interview Unik yang Diajukan Bos Perusahaan Besar

Bekerja di perusahaan besar mungkin menjadi impian banyak orang dalam karirnya. Bukan hanya soal fasilitas materi yang bisa di dapatkan, tapi perusahaan-perusahaan besar biasanya bisa memberikan benefit lain seperti ilmu dan pengalaman yang bisa membuat seseorang melesat potensinya.

Tapi untuk bisa bekerjaan di perusahaan besar, tentunya bukan hal yang mudah. Seperti perusahaan pada umumnya, ada yang namanya mekanisme wawancara kerja.

Jika kita memperhatikan lebih seksama, sebuah perusahaan tidak mungkin tiba-tiba besar dengan sendirinya. Pasti ada sumber daya manusia yang bekerja keras dan juga kreatiif di dalamnya.

Hal inilah yang perlu di perhatikan oleh para bos perusahaan besar. Sehingga persoalan merekrut karyawan baru menjadi hal yang tidak bisa di pandang enteng.

Pasalnya, SDM adalah roda penggerak perusahaan. Jika karyawan yang di rekrut sulit atau bahkan memiliki karakter dan mental yang berlawanan dengan nilai-nilai perusahaan, maka hal ini bisa mempengaruhi pencapaian perusahaan bukan?

Untuk itulah beberapa bos perusahaan besar biasanya sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan unik yang harus di jawab calon karyawan. Pertanyaan yang di ajukan mungkin terdengar tidak biasa, membingungkan bahkan yterkesan aneh.

Namun, hal tersebut bukan tanpa alasan. Justru itu adlaah instrumen untuk menggali informasi dan memastikan bahwa calon karyawan yang di wawancarai sesuai dengan kriteria yang di inginkan.

Apa saja sih yang ditanyakan? Ini dia 10 pertanyaan interview yang unik yang di ajukan para bos perusahaan besar?!

1. Peter Phiel dari PayPal

“Beritahu saya tentang suatu kebenaran yang sulit di percaya orang lain”

Peter Phiel (Founder & Managing Partner PayPal)

Siapa sih tidak tahu PayPal saat ini? PayPal adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan sistem jaringan transfer uang untuk memudahkan transaksi e-commerce dan bisnis lainnya. Kira-kira kenapa pertanyaan di atas di ajukan oleh sala satu pendiri PayPal yakni Peter Phiel?

Seperti yang kita tahu, PayPal bisa disebut sebagai salah satu perusahaan revolusioner dalam bidang transfer/pembayaran yang dulunya masih menggunakan cara-cara tradisional seperti penggunaan wesel dan cek.

Tentunya karyawan yang di rekrut juga memiliki karakter yang orisinal dan tidak takut berkreasi. Untuk itulah pertanyaan ini di ajukan

Melalui pertanyaan ini, Peter Phiel mengharapkan karyawan baru yang di rekrut adalah orang-orang yang orisinal, independen dan berani mengemukakan pendapatnya. Karena jawaban dari pertanyaan di atas bisa mengidentifikasi apakah seseorang merupakan pribadi yang independen ataukah tidak.

2. David Gilboa dari Quartz

Apa kostum terakhir yang kamu pakai?”

David GIlboa (Founder Quartz)

Pertanyaan di atas mungkin terdengar agak sedikit aneh untuk konteks interview ya? Tapi nyatanya, pertanyaan ini di ajukan oleh salah satu pendiri perusahaan Quartz.

Hal ini di lakukan untuk mengidentifikasi orang-orang yang bisa memberikan suasana menyenangkan dalam bekerja. Karena secara umum, suasana kerja juga berpengaruh pada produktivitas dan kinerja karyawan.

Jadi, lewat pertanyaan interview di atas, David Gilboa ingin mengetahui pendapat calon karyawan terhadap pemilihan kostumnya. Jika jawabannya cukup bisa menunjukan jiwa kreatif karyawan dan positif vibe karyawan tersebut kemungkinan bisa lolos interview.

3. Stormy Simon dari Overstock

“Bila kamu seekor hewan, kamu ingin menjadi hewan apa?”

Stormy Simon (Overstock)

Pertanyaan interview selanjutnya datang dari Stormy Simon dari Overstock yakni perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat yang berdiri tahun 1997. Stormy akan meminta calon karyawan yang sedang di interview untuk memilih seekor hewan yang bisa mewakili dirinya.

Pertanyaan di atas adalah cara Stormy untuk mengidentifikasi karakter calon karywan yang sedang di interview. Menurut Stormy, hewan yang di pilih calon karyawan biasanya mirip atau menggambarkan karakter dirinya.

Bagaimana menurut Anda? Sudah mulai memikirkan hewan apa yang Anda pilih untuk mewakili diri Anda untuk menghadapi interview ke depan?

Baca: Bagaimana Tips Merekrut Karyawan Untuk Usaha Anda? Bagini Caranya

4. Apple Recruiter

“Deskripsikan suatu masalah yang menarik dan bagaimana Anda menyelesaikannya”

Apple Recruiter

Apple adalah brand yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat ini, produk-produk ap[ple sudah seperti menjadi trend di kalangan anak muda yangmelek teknologi.

Bukan hanya karena brand imagenya yang mewah dan exclusive tapi nyatanya apple memang memiliki teknologi yang berkualitas tinggi dan mampu menjawab masalah banyak orang. Apple sendiri lahir dari sejarah pendirinya yang cukup panjang.

Pertanyaan interview diatas memang terlihat seperti pertanyaan yang cukup enteng sampai Anda memikirkan lebih dalam apa yang di sebut dengan “masalah yang menarik”.

Ternyata dari sinilah salah satu cara rekruter dari apple menilai calon karyawannya. Khususnya dalam wawancara kerja pada posisi software engineering.

Apple bukan hanya merekrut karyawan yang memiliki kemampuan problem solving tapi juga punya kreativitas tinggi yang bisa menciptakaan inovasi sekelas brand apple. Tertarik bekerja di perusahaan Apple?

Sebenarnya pertanyaan semacam ini sangat mungkin di tanyakan oleh para rekruiter di perusahaan besar lain yang membutuhkan kreatifitas tinggi.

Jadi jika Anda berniat atau bahkan sedang mempersiapkan interview di perusahaan semacam itu mungkin Anda perlu menyiapkan jawaban terbaik Anda mulai saat ini.

5. Elon Musk dari Tesla

“Anda sedang beridi di permukaan bumi, Anda berjalan 1 mile ke selatan, satu mile ke barat, satu mile ke utara. Anda berhenti tepat dimana kamu memulainya. Dimanakah kamu sekarang?”

Elon Musk (Tesla)

Pertanyaan interview unik selanjutnya datang dari Elon Musk yakni salah satu pendiri Tesla yang merupakan brand otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat. Kira-kira kenapa Elon Musk menanyakan pertanyaan interview seperti diatas?

Pertanyaan tersebut ternyata di ajukan Elon Musk untuk menguji kecerdasan kandidat yang ia interview. Jadi jika Anda melamar pekerjaan dan di panggil interview oleh perusahaan semacam Tesla, maka Anda perlu menyiapkan jawaban kreatif.

Selain pertanyaan tersebut ternyata di Tesla, Elon juga menanyakan peratanyaan unik dan juga cukup dalam yang lain seperti “Deskripsikan bagaimana Anda akan merubah kultur perusahaan”. Hal ini juga untuk menguji softskill calon karyawan. Jadi bukan hanya skill teknikal saja yang di nilai tapi juga softskill kandidat.

6. Microsoft Recruiter

“Apa yang kamu pikirkan tentang Microsoft yang me-launching produk Office di iPhone?”

Microsoft Recruiter

Pertanyaan di atas datang dari tim recruiter Microsoft untuk menginterview kandidat pada posisi Senior Business Planner di perusahaan mereka. Padahal seperti yang kita tahu bahwa iPhone yang berasal dari brand Apple adalah kompetitor mereka.

Hal ini untuk mencari tahu bagaimana sikap kandidat yang di interview dalam hal pengembangan bisnis untuk domain kompetitor. Jadi jika Anda berencana untuk bekerja di Microsoft, mungkin Anda perlu menyiapkan jawaban untuk pertanyaan semacam itu.

Walau bagaimanapun, pertanyaan tersebut juga bisa membantu kita memahami bagaimana ketentuan perusahaan hubungannya dengan ekspansi bisnis dengan kompetitor. Jadi tidak ada salahnya mempelajari seluk beluk perusahaan, budaya dan juga ketentuan terkait hal tersebut.

7. Karen Davis dari Global Philanthropy

“Apa kutipan favorit Anda?”

Karen Davis (Global Philanthropy and Social Impact)

Kemudian, ada pertanyaan interview unik lainnya dari Karen Davis. Pertanyaan diatas di ajukan untuk melihat hal-hal prioritas dan tujuan hidup dari kandidat. Mungkin Karen mencari relevansi callon karyawan dengan vbisi misi dan budaya perusahaan.

8. Amazon Recruiter

“Bagaimana Anda akan memecahkan sebuah masalah jika Anda berasal dari mars?”

Amazon Recruiter

Recruiter Amazon dikabarkan pernah mengemukakan pertanyaan interview unik seperti diatas. Pertanyaan tersebut di ajukan sebagai salah satu cara untuk melihat sikap dan juga kemampuan pemecahan kandidat.

Seperti yang kita tahu, amazon tumbuh menjadi e-commerce besar dan pastinya butuh orang-orang yang memiliki kemampuan problem solving yang kuat bukan?

9. Larry Elisson dari Oracle

“Apakah kamu orang yang paling cerdas?”

Larry Elisson (Oracle)

Oracle adalah perusahaan IT besar yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1977 hingga kini.

Larry Elison yang merupakan salah satu pendiri Oracle pernah mengajukan pertanyaan interview yang unik, yakni “Apakah kamu orang yang paling cerdas?”, kira-kira kenapa LArry mengajukan pertanyaan tersebut?

Kabarnya, pertanyaan ini adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa karyawan Oracle adlah orang-prang pilihan yang memiliki kecerdasan dan kreativitas saja.

Namun jika di perhatikan dari segi psikologi, pertanyaan tersebut juga bisa melihat kandidat dari segi konsep dirinya. Jika ia merasa bukan orang kurang cerdas, sudah pasti tidak akan menjawab nya dengan jawaban “ya”.

Konsep diri ini sebagai orang yang cerdas pada batas tertentu akan meningkatkan keleluasaan untuk berkreativitas.

Hal itu mungkin hal yang sangat di perlukan oleh perusahaan semacam Oracle. Jadi bagaimana dengan konsep diri ANda, sudah siap jika pertanyaan semacam ini di tanyakan oleh HRD saat interview?

10. Twitter Recruiter

“Kenapa kami tidak seharusnya merukrut Anda?”

Twitter Recruiter

Siapa yang tidak tahu twitter? Popularitas media sosial yang satu ini sempat meredup terkalahkan oleh facebook dan instagram, namun ebberapa tahun belakangan ini namanya melejit lagi. Twitter bisa di bilang salah satu revoluioner media sosial di dunia.

Jika kebanyakan perekrut mempertanyakan tentang alasan perusahaan perlu merekrut kandidat sebagai karyawan, lain halnya dengan pertanyaan interview dari Twitter. Di twitter tercatat bahwa salah satu pertanyaan interview unik yang pernah ditanyakan kepad akandidat adalah “Kenapa kami tidak seharusnya merukrut Anda?”

Terbayang alasannya?

Jika pertanyaan semacam “mengapa kami harus memilih Anda” adalah untuk melihat apa yang bisa di lakukan kandidat untuk perusahaan, pertanyaan kebalikannya yakni Kenapa kami tidak seharusnya merukrut Anda?” mungkin hendak melihat sejauh apa calon karyawan bisa merugikan perusahaan. Ini mirip seperti langkah antisipasif.

Penutup

Interview kerja merupakan hal yang cukup membuat para pencari kerja gelisah, apalagi jika melamar di perusahaan-perusahaan besar. Namun jika Anda memang sudah punya mental bekerja yang baik, sekalipun Anda masih fresh graduate kesempatan bekerja di perusahaan besar.

Mungkin saja salah satu atau beberapa peratanyaan di atas akan Anda hadapi saat wawancara kerja nanti. Kalaupun tidak, mungkin Anda juga bisa mempelajari apa poin yang ingin para rekruiter tahu saat wawancara kerja.

Oleh karena itu coba persiapkan secukupnya dan berusaha untuk jujur serta profesional dalam menjawab pertanyaan recruiter mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi rekruiter perusahaan merekrut Anda.

Baca juga: Tips Menghadapi Toxic Atasan di Tempat Kerja

Exit mobile version